Forum Diskusi dan Komunitas Online
Apakah Brand Kecil Mampu Kalahkan Dominasi Brand Besar? - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Area Bebas (https://ziuma.com/Forum-Area-Bebas)
+--- Forum: Artikel Bebas (https://ziuma.com/Forum-Artikel-Bebas)
+--- Thread: Apakah Brand Kecil Mampu Kalahkan Dominasi Brand Besar? (/Thread-Apakah-Brand-Kecil-Mampu-Kalahkan-Dominasi-Brand-Besar)



Apakah Brand Kecil Mampu Kalahkan Dominasi Brand Besar? - danyputra - 12 April 2020

Dominasi Brand merupakan hal yang wajar dalam hal bisnis. Brand atau merk merupakan sebuah poin yang menentukan apakah sebuah produk dapat dikenal secara luas ataupun menjadi tidak banyak dikethaui oleh masyarakat luas. Karena apabila sebuah produk berjalan tanpa brand, maka produk tidak memiliki keunikan di pasaran.
[Image: unnamed-1.jpg]
sumber gambar: jurnas.com
Ketika memulai sebuah bisnis, membangun brand merupakan hal yang juga perlu dipertimbangkan. Membangun sebuah brand dapat dilakukan oleh pebisnis dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Apabila Anda sudah memulai membuat sebuah brand yang masih kecil, maka Anda tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan, apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh usaha Anda yang memiliki brand kecil akan dapat mengalahkan brand besar.
Saat ini, dominasi brand besar dapat ditemui dalam berbagai sektor usaha. Sehingga apabila Anda saat ini memiliki brand kecil, maka berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan brand Anda:
Membuat terget pemasaran
Target untuk pemasaran merupakan salah satu hal yang penting dalam memulai membuat sebuah brand. Anda harus menentukan besaran dari pasar dan pelanggan seperti apa yang diinginkan. Target pemasaran juga dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam menilai apakah Brand yang Anda miliki telah berhasil dikenal oleh banyak orang.
Mendalami keunikan dari produk
[Image: sebelum-melakukan-diferensiasi-produk2.jpg]
sumber gambar: thidiweb.com
Untuk mengenalkan brand kepada pelanggan, maka Anda membutuhkan daftar kelebihan dan keunikan dari produk dan jasa yang ditawarkan. Keunikan produk akan membantu brand bisa bersaing dengan brand besar lainnya. Karena pelanggan akan lebih tertarik pada brand yang menarik dan susah untuk dilupakan.
Memberi label dari produk
Label dari produk merupakan tampilan yang menjadi penilaian pertama dari pelanggan. Label yang unik dan berbeda dengan yang lainnya akan membuat banyak pelanggan memilih brand yang Anda miliki.
Membuat logo yang menarik
Logo merupakan lambang dari sebuah brand. Logo ini akan diletakkan pada produk, pada media sosial dari produk dan juga digunakan pada lokasi perusahaan. Sehingga dalam membuat logo, pebisnis perlu memikirkan ide yang unik, baru dan mudah diingat. Anda dapat menggunakan jasa desain grafis untuk membuat logo brand. Yang Anda perlukan adalah konsep dari logo, sisanya akan dibuat oleh designer sesuai dengan permintaan. Saat ini telah banyak ditemukan desain logo yang simpel dan elegan. Sehingga desain jenis ini juga dapat menjadi pilihan Anda.
Melakukan promosi di media sosial
[Image: sosial-media-620x330-5e5fc419097f36245f235022.jpg]
sumber gambar: kompasiana.com
Pengguna media sosial di Indonesia selalu meningkat beberapa waktu belakangan ini. Hal ini membuat banyak brand menggunakan media sosial sebagai media untuk promosi. Anda dapat menggunakan facebook, instagram dan youtube untuk mempromosikan brand kepada pelanggan. Promosi dapat dilakukan dengan menjelaskan keunikan dan kelebihan dari brand serta manfaat yang dapat diterima masyarakat apabila menggunakan brand yang Anda miliki.
Menggunakan jasa influencer
Jasa influencer dalam membuat branding merupakan hal yang wajar pada saat ini. Karena sekarang banyak masyarakat umum yang menyukai konten atau informasi yang dismapaikan oleh para influencer. Sehingga dengan influencer, brand yang Anda miliki akan dikenal lebih luas dan akan meningkatkan permintaan terhadap produk yang Anda miliki. Oleh sebab itu saat ini Anda dapat mencoba membuat daftar influencer yang dinilai cocok untuk melakukan branding terhadap produk Anda.
Sehingga dengan menerapkan berbagai langkah diatas, Anda dapat memulai brand sendiri. Meskipun masih dalam lingkup yang kecil, apabila dilakukan dengan maksimal maka akan dapat mengalahkan dominasi brand yang besar.