Forum Diskusi dan Komunitas Online
Dominasi Pasar di Sektormu Dengan Cara Berikut - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Area Bebas (https://ziuma.com/Forum-Area-Bebas)
+--- Forum: Artikel Bebas (https://ziuma.com/Forum-Artikel-Bebas)
+--- Thread: Dominasi Pasar di Sektormu Dengan Cara Berikut (/Thread-Dominasi-Pasar-di-Sektormu-Dengan-Cara-Berikut)



Dominasi Pasar di Sektormu Dengan Cara Berikut - deanmarcia - 31 March 2020

[Image: large-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-d3a4...2d6ee1.jpg]

Pasar merupakan tempat yang sangat dinamis. Jika kamu sebagai wirausaha membidik pasar yang lebih luas maka akan semakin besar potensi keuntungan yang diraih dan kamu akan lebih cepat men dominasi pasar.

Namun sebagai wirausaha, jika kamu tidak menghabiskan waktu untuk memasarkan produk, bisnismu tidak akan tumbuh. Begitu juga sebaliknya, jika waktu anda banyak dihabiskan untuk pemasaran, kamu tidak memiliki waktu untuk meningkatkan produkmu. Kamu harus memiliki pemahaman soal laju pasar. Sebab tingginya dan turunkan pasar dipengaruhi berbagai tren. Namun kamu tak usah risau, sebab artikel ini akan membahas degan sangat simpel dan mudah dipahami. 

Lantas apa yang hal harus dilakukan agar bisnis yang tengah kamu jalankan men dominasi pasar. Simak Lima cara mudah buat diterapkan di bisnismu, sebagai berikut:

1.      Mempetakan Target Pasar
Sebelum menjalan bisnis, kamu perlu melihat pasar. Buatlah peta persaingan pasar berdasarkan produk yang akan dijual. Tak cukup sampai di sana, lakukan juga pemetaan lebih rinci target pasar yang kamu tuju. Sebagai entrepreuner kamu harus memiliki cukup waktu untuk mengenali sasaran penjualan produkmu. Kenali lebih dalam calon pelanggan sebab itu bisa memberikan dampak positif pada usaha yang tengah kamu geluti.
 
2.      Tentukan Saluran Pemasaran
Kamu membutuhkan rencana matang untuk menyalurkan produkmu ke market. Pastikan strategi itu tepat dan sesuai dengan produkmu. Sebagai contoh, produkmu adalah produk fashion yang menyasar kaum milineal. Maka dari itu pemasaran harus lebih berfokus pada kanal-kanal yang dekat dengan kaum milineal, seperti instagram, tiktok, youtube. Pastikan juga konten atau iklanmu relevan dengan kondisi sekarang.
Dengan begitu kamu bisa lebih mempush saluran pemasaran ke kanal-kanal tersebut. Daripada ke segala saluran yang mungkin saja sudah ditinggalkan oleh generasi milineal.
 
3.      Jalin Kemitraan
Kamu memiliki ambisi untuk men dominasi pasar, tapi kamu tak pernah mau untuk menjalin kemitraan. Maka dapat dipastikan kamu sulit menggapainya. Jika kamu memiliki kelemahan atau memerlukan bantuan, jangan sungkan untuk bermitra dengan perusahaan lain.
Kemitraan dapat membantu sebuah perusaahn untuk melakukan penetrasi pasar yang lebih luas.  
Kiwari kita memasuki era industri yang penuh dengan kemitraan atau saling kolaborasi antar perusaahaan. Cara ini percaya merupakan tahapan tercepat untuk memperkenalkan satu prodk ke pasar.
 
4.      Perhatikan Analitik
Jika pemasaran produk kamu secara digital kamu perlu memperhatikan analitik yang diberikan saluran media dan web. Analitik berguna untuk memberi tahu kamu saluran mana saja yang berfungsi secara optimal dan tidak. Dengan begitu bisa menjadi bahan evaluasi untuk pemasaran berikutnya seperti apa.
 
5.      Influenzer
Tak dapat dipungkiri, kiwari peran influenzer untuk meningkatkan brand satu produk bisa melesit tinggi. Bahkan sekarang beberapa perusahaan ternama sudah menggaet sejumlah influenzer untuk memasarkan produk mereka. Dan hasilnya malah lebih signifikan dibanding pemasaran oleh sendiri. Jika ingin produkmu cepat merajalela di pasaran, salah satu cara bisa menggunakan strategi pemasaran melalui kerjasama dengan para influenzer. Dan perlu diingat kamu tidak bisa sembarang pilih influenzer, sebab kamu harus memastikan apalah si influezer itu sesuai dengan target pasar dan produkmu.  

Sekian lima cara agar produkmu bisa menjadi pemuncak klasemem di pasar. Sehingga omset produkmu meningkat tajam dengan begitu untung di tangan. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Referensi: www.halojasa.com