Forum Diskusi dan Komunitas Online
Negara Kecil Ini Saingi Amerika Serikat dalam Hal Dunia Start Up! - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Area Bebas (https://ziuma.com/Forum-Area-Bebas)
+--- Forum: Review Produk, Jasa dan Website (https://ziuma.com/Forum-Review-Produk-Jasa-dan-Website)
+--- Thread: Negara Kecil Ini Saingi Amerika Serikat dalam Hal Dunia Start Up! (/Thread-Negara-Kecil-Ini-Saingi-Amerika-Serikat-dalam-Hal-Dunia-Start-Up)



Negara Kecil Ini Saingi Amerika Serikat dalam Hal Dunia Start Up! - xxcodes01 - 15 January 2020

Dunia digital terlalu terpusat di Amerika Serikat, tepatnya di Silicon Valley dimana perusahaan start up raksasa berkumpul. Mulai dari Facebook, Snapchat hingga Microsoft, hampir seluruh perusahaan rintisan unicorn berada di wilayah tersebut. Tak ayal, Amerika Serikat memang kerap kali dikatakan sebagai surga startup dunia padahal ada beberapa negara lain yang berpotensi bisa menyalip dominasi Negeri Paman Sam.

Fukuoka, sebuah wilayah di Jepang, mengalami perkembangan signifikan dalam hal perusahaan startup. Setiap tahunnya, selalu ada peningkatan lebih dari  7% dan diperkirakan akan terus bertambah seiring terus majunya teknologi digital. Menurut the economist, Fukuoka menjadi kota yang paling maju dibandingkan 21 wilayah lainnya yang berada di Jepang, mengalahkan Osaka dan Tokyo.

Bukan hanya di Jepang, beberapa negara lain yang dijuluki sebagai surga startup dunia adalah India, China, Inggris dan juga Indonesia. Di tanah air sendiri, perusahaan start up mengalir seperti air yang deras. Tak terhenti, selalu ada saja yang berdiri di setiap bulannya. Iming-iming mendapatkan dana valuasi tidak terbatas dari pihak pengembang menjadi salah satu motivasinya.

Akan tetapi, perkembangan beberapa negara di atas ternyata masih kalah dengan Estonia. Negara yang berada di dekat Rusia dan Latvia tersebut mencatatkan sebuah rekor yang mengagumkan. Bahkan, karena evolusi perusahaan rintisan yang semakin 'menggila', Estonia dijuluki sebagai Silicon Valley dari Baltik (negara pecahan Uni Soviet yang berada di sekitaran Laut Baltik).

Mau tahu kecanggihan apa saja yang dimiliki oleh Estonia sehingga bisa dikatakan sebagai pesaing dari Amerika Serikat? Baca beritanya lebih lengkap di sumber artikel di bawah ini ya gan!

Sumber Artikel Klik Disini.