Forum Diskusi dan Komunitas Online
Tips Diet bagi Penderita Asam Urat Agar Tidak Terserang Rematik Sendi nyeri - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Kesehatan, Kuliner dan Hobby (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan-Kuliner-dan-Hobby)
+--- Forum: Kesehatan (https://ziuma.com/Forum-Kesehatan)
+--- Thread: Tips Diet bagi Penderita Asam Urat Agar Tidak Terserang Rematik Sendi nyeri (/Thread-Tips-Diet-bagi-Penderita-Asam-Urat-Agar-Tidak-Terserang-Rematik-Sendi-nyeri)



Tips Diet bagi Penderita Asam Urat Agar Tidak Terserang Rematik Sendi nyeri - info.sehat - 14 January 2020

[Image: diet-asam-urat.jpg]
Sendi nyeri dan bengkak biasanya adalah tanda-tanda seseorang terserang rematik dan asam urat. Dua penyakit ini sering dirasakan oleh orang yang sudah berumur 50 tahunan ke atas. Kedua penyakit ini adalah radang sendi yang kebanyakan dianggap sama, nyatanya rematik dan asam urat adalah dua peradangan yang rasa sakitnya berbeda.
Asam urat biasanya akan terasa nyeri bagian di persendian kaki atau jempol kaki. Rasa nyeri ini keluar diakibatkan karena menumpuknya kadar asam urat yang berlebihan di tulang, sendi dan beberapa jaringan tubuh. Rematik sendiri juga merupakan penyakit dengan rasa nyeri di sendi namun disertakan dengan pembengkakan dan demam.
Hal-hal ini biasa disebabkan karena berbagai hal seperti faktor genetik, virus, dan pola makan yang buruk. Untuk menghindari dan menyembuhkan serangan rematik sebaiknya mengatur pola makan dan hindari beberapa makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi. Purin sendiri adalah unsur yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah kita. Berikut ini adalah tips diet bagi para penderita asam urat agar tidak terserang rematik.
1.    Batasi Konsumsi Purin
Membatasi dan menghindari makanan yang mengandung purin adalah hal yang tepat karena purin lah yang menyebabkan rasa nyeri pada sendi. Makanan yang mengandung purin dan harus dibatasi adalah
-         Seafood seperti kerang, udang, kepiting, lobster, sarden, ikan asin dan tiram
-         Jeroan seperti hati dan otak
-         Daging merah seperti daging kambing, daging bebek dan daging sapi
-         Alkohol
-         Makanan cepat saji dan tinggi glukosa
2.    Perbanyak Karbohidrat
Kamu bisa mengganti makanan yang kaya purin dengan karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat seperti nasi merah dan roti gandum. Hindari roti dan kue yang sudah diolah dengan pemanis.
3.    Perbanyak Sayur dan Buah
Selanjutnya kamu bisa menambah asupan sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat untuk membantu mengeluarkan asam urat. Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi juga akan membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk sayuran kamu bisa pilih sayuran hijau kecuali bayam, kembang kol dan kacang-kacangan yang memiliki kandungan purin yang tinggi. untuk buah pilihlah buah yang tinggi dengan kandungan air seperti melon, semangak, pir, nanas dll.
4.    Olahraga
Selain pantan dengan beberapa makanan yang dapat menyebabkan asam urat, olahraga juga hal yang penting dan sangat disarankan untuk menghindari rematik dan menjalanan hidup sehat. Asam urat sering terjadi pada beberapa orang yang kelebihan berat badan, dengan berolahraga kamu bisa membantu menjaga berat badan agar tetap normal.
Itulah tips diet asam urat yang perlu diketahui. Dengan melakukan diet tersebut, penderita asam urat itu bisa terhindar dari rematik.

5.    Konsumsi Air Putih
Pengidap penyakit asam urat juga sangat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya. Kamu perlu mengonsumsi dua sampai tiga liter air putih per hari. Air putih yang masuk ke dalam tubuh kita akan membantu mengeluarkan asam urat melalui saluran pencernaan.
 
Itulah tips diet bagi para penderita asam urat. Mengatur pola makan dan menghindari makanan tinggi purin menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mengobati rasa nyeri sendi. Selain itu, menjalani gaya hidup yang sehat juga menjadi faktor penting untuk menghindari penyakit rematik dan asam urat. Ketika asam urat tak kunjung sembuh, sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan medis.