Forum Diskusi dan Komunitas Online
Pergeseran tren pembayaran ke digital - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Area Bebas (https://ziuma.com/Forum-Area-Bebas)
+--- Forum: Artikel Bebas (https://ziuma.com/Forum-Artikel-Bebas)
+--- Thread: Pergeseran tren pembayaran ke digital (/Thread-Pergeseran-tren-pembayaran-ke-digital)



Pergeseran tren pembayaran ke digital - Madiekusse - 18 October 2019

Sumber: Pergeseran tren pembayaran ke digital

Untuk menunjang kemajuan bisnis UMKM, alat pembayaran online bisa menjadi salah satu medium yang harus dipenuhi. Mengapa demikian? Karena, hal ini menjawab kebutuhan orang akan fasilitas pembayaran yang memudahkan serta memangkas waktu mereka.

Di negara berkembang seperti Indonesia, penggunaan alat pembayaran online masih sedikit. Hal ini dibuktikan melalui data yang dirilis oleh KOMINFO mengenai jumlah UMKM yang sudah go-online. Dari 59,2 juta UMKM yang terdata pada tahun 2018, hanya 8% saja yang sudah go online.

Dengan meningkatnya pengguna smartphone, penggunaan digital payment online di Indonesia diprediksi akan meningkat tajam. Pada tahun 2018, jumlah pengguna di Indonesia meningkat tajam jika dibandingkan tahun 2017 menurut Katadata. Berdasarkan data tersebut, hal ini bisa dimanfaatkan untuk mendorong para pelaku UMKM untuk menggunakan digital payment sebagai medium pembayarannya. Berikut alasan yang harus Anda ketahui mengenai pentingnya menggunakan alat pembayaran online untuk usaha Anda.

Meningkatkan efisiensi dan pendapatan
Manfaat digital payment dapat dirasakan oleh berbagai macam bentuk usaha mulai dari skala kecil hingga perusahaan besar. Medium pembayaran online membantu pengusaha dalam memantau pembayarannya. Dengan begitu, ia bisa melihat data pembayaran dari pelanggan serta barang apa saja yang paling banyak dicari. Berdasarkan data tersebut, para pelaku usaha bisa membuat strategi dalam memaksimalkan 
pendapatan.
Selain itu, medium pembayaran online minim biaya karena dilakukan secara digital dan hemat waktu. Pembayaran diterima dengan cepat dan mengurangi masalah kriminalitas yang bisa terjadi jika masih menggunakan metode konvensional.
Alat pembayaran dapat memudahkan pengecekan Credit History
Berdasarkan data penelitian Deloitte, salah satu kebutuhan utama UMKM untuk berkembang adalah akses dana eksternal dari Lembaga keuangan. Saat ini, sudah banyak tekfin yang menyediakan pinjaman modal usaha bagi UMKM untuk mengembangkan diri. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah credit history dari perusahaan.

Untuk memudahkan Lembaga keuangan dalam memberikan pinjaman, mereka membutuhkan histori data yang lengkap dan terukur. Keberadaan digital payment dapat membantu Lembaga Keuangan dalam melihat credit history yang ada. Data yang didapat akan lebih mudah dan dapat meningkatkan kredibilitas Anda dari data tersebut.

Meningkatkan kredibilitas dimata pelanggan
Usaha Anda akan dinilai memiliki kredibilitas yang tinggi karena menyediakan alat pembayaran digital. Karena itu, hal ini bisa menarik orang-orang untuk berbelanja di toko Anda karena mudah diakses dan memberikan kesan bahwa toko Anda terpercaya.

Gunakan media pembayaran digital untuk membantu usaha Anda menjadi lebih baik sehingga, metode pembayarannya menjadi lebih mudah. Tentunya, hal ini penting untuk Anda lakukan mengingat, hal ini bisa membawa efek positif terhadap usaha Anda.

Sumber: Pergeseran tren pembayaran ke digital