Forum Diskusi dan Komunitas Online
Kenali Lentigo, Bintik Cokelat Kehitaman akibat Sinar Matahari - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Area Bebas (https://ziuma.com/Forum-Area-Bebas)
+--- Forum: Artikel Bebas (https://ziuma.com/Forum-Artikel-Bebas)
+--- Thread: Kenali Lentigo, Bintik Cokelat Kehitaman akibat Sinar Matahari (/Thread-Kenali-Lentigo-Bintik-Cokelat-Kehitaman-akibat-Sinar-Matahari)



Kenali Lentigo, Bintik Cokelat Kehitaman akibat Sinar Matahari - sehatq - 31 July 2019

Pernahkah kamu melihat orang yang berkulit terang memiliki bintik-bintik berwarna cokelat atau hitam pada area kulit yang terpapar matahari? Bintik-bintik berwarna cokelat atau hitam tersebut bisa jadi adalah lentigo.

Lentigo merupakan bintik berwarna cokelat atau hitam pada kulit akibat seringnya terpapar oleh sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Bintik-bintik ini muncul secara perlahan atau mendadak seiring bertambahnya usia dan sering muncul di daerah wajah, tangan, dan bahu. Lentigo dapat muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.

Ini penyebab dan gejala lentigo

Bintik-bintik lentigo terjadi akibat paparan dari radiasi sinar ultraviolet (UV). Beberapa faktor dapat meningkatkan kemunculan dari lentigo pada kulit, antara lain:
• Menggunakan lampu tanning dan tanning bed.
• Pernah menjalani fototerapi atau terapi radiasi.
• Orang yang berkulit terang atau putih.
• Sering terpapar sinar matahari atau pernah mengalami sunburn.
• Memiliki anggota keluarga dengan riwayat lentigo.

Meskipun lebih sering terjadi pada orang berkulit putih atau terang, lentigo dapat timbul pada semua jenis kulit. Berikut beberapa gejala-gejala lentigo yang dapat digunakan sebagai patokan untuk membedakan dengan kondisi kelainan kulit lainnya:
• Bintik yang berwarna cokelat atau hitam.
• Timbul pada bagian kulit yang sering terkena paparan sinar matahari.
• Bintik berbentuk oval dan memiliki permukaan datar dengan peningkatan pigmentasi.
• Ukuran bintik kurang lebih 13 mm, bergerombol, dan mudah terlihat.

Bagaimana cara mengatasi lentigo?

Meskipun lentigo bukan kondisi yang berbahaya, tetapi diagnosis lentigo harus ditegakkan untuk menyingkirkan kemungkinan kondisi kelainan kulit yang berbahaya seperti kanker kulit. Lentigo pada umumnya tidak memerlukan pengobatan spesifik. Namun, beberapa cara seperti terapi sinar laser, cryotheraphy, pengelupasan kulit, dermabrasi, dan penggunaan krim yang mengandung retinoid dan hidrokuinon dapat mengurangi bintik-bintik cokelat atau kehitaman akibat lentigo.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya lentigo, antara lain menggunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 30. Meskipun tabir surya dapat mencegah timbulnya lentigo, pencegahan terbaik untuk menghindari lentigo adalah dengan menghindari paparan sinar matahari atau menutupi kulit dari pajanan sinar matahari.

Sumber: SehatQ