Forum Diskusi dan Komunitas Online
Memudahkan Konsumen Dengan Situs Belanja Online - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Area Bebas (https://ziuma.com/Forum-Area-Bebas)
+--- Forum: Review Produk, Jasa dan Website (https://ziuma.com/Forum-Review-Produk-Jasa-dan-Website)
+--- Thread: Memudahkan Konsumen Dengan Situs Belanja Online (/Thread-Memudahkan-Konsumen-Dengan-Situs-Belanja-Online)



Memudahkan Konsumen Dengan Situs Belanja Online - Shelvi - 6 December 2018

Sekarang ini ternayata masih banyak orang yang belum menyukai belanja online, salah satu alasannya adalah masalah kepercayaan. Umumny dari mereka tidak yakin dengan barang yang akan mereka beli. Mereka berpikir barang yang mereka beli tidak sesuai dengan foto yang terpampang di website tersebut. Bisa jadi barang itu tidak akan diterima padahal uang sudah keluar. Alasan lain, konsumen tidak suka berbelanja online adalah jenis transaksi yang merepotkan. Kalau hanya mempunyai satu akun bank sementara situs belanja online tersebut mengharuskan membayar dengan menggunakan akun bank lain, konsumen tidak akan bisa melakukan transaksi. Selain itu, repotnya proses transaksi juga menjadi masalah bagi mereka yang belum tahu bagaimana melakukan pembelian di sebuah situs belanja online. Dua alasan tersebut akan dapat diatasi bila toko online yang menjual barang lebih memahami beragam jenis konsumen seperti itu. 

[Image: Memudahkan-Konsumen-Dengan-Situs-Belanja-Online.jpg]

Situs belanja online harus memberikan informasi yang jelas kepada calon konsumennya. Salah satu caranya adalah penjelasan dengan cara singkat dan rinci dari barang yang dijualnya, harga yang transparan, dan stok barang yang update. Jika semua hal itu sudah diperhatikan secara baik-baik, konsumen tidak ragu lagi untuk belanja barang dari toko online tersebut. Hal penting lainnya adalah proses transaksi yang mudah bagi pengguna. Toko online harus memberikan pilihan metode pembayaran yang banyak agar konsumen bisa memilih jenis pembayaran sesuai dengan yang mereka punya. Selain itu, dengan berbagai langkah pembelian yang mudah dipahami dan tidak repot, konsumen akan membeli barang tanpa khawatir. 

Tips Menghindari Ongkir Mahal Saat Belanja Online

Belanja online memang jauh lebih simple sebab Anda tidak perlu repot pergi ke supermarket atau mall. Dengan belanja online, Anda juga dapat membeli barang dari berbagai penjuru Indonesia, bahkan luar negeri. Tetapi, konsekuensinya Anda harus membayar ongkos kirim alias ongkir yang kadang tidak murah. Meskipun begitu, jangan sampai masalah ongkir mahal membuat Anda tidak jadi berbelanja online. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengakali biaya ongkir.

- Cermat Pilih Online Shop

Pilihan online shop yang tersedia sudah sangat banyak jumlahnya. Terkadang, Anda dapat menemukan suatu barang yang sama di beberapa online shop. Maka dari itu, untuk terhindar dari ongkir yang mahal, Anda bisa memilih online shop yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Paling tidak, cari situs belanja online yang satu kota dengan tempat tinggal Anda. Sementara itu, biaya pengiriman ke luar kota berbeda tergantung kota tujuan, namun umumnya mencapai puluhan ribu rupiah. Bahkan, jika dari luar negeri biayanya bisa ratusan ribu rupiah.

- Pilih Jasa Kurir Termurah

Biasanya, online shop menyediakan banyak pilihan jasa kurir. Sebelum bertransaksi, Anda akan diminta untuk memilih jasa kurir yang diinginkan. Setiap jasa kurir ini memiliki tarif berbeda, tergantung lama waktu pengiriman barang. Bila Anda tidak buru-buru membutuhkan barang yang dibeli untuk sampai, maka Anda dapat memilih jasa kurir dengan biaya termurah. Umumnya paling lama barang akan sampai dalam waktu tiga hari.

- Pilih Jasa Pengiriman Spesialis Rute Pilihan Anda

Tidak seluruh perusahaan ekspedisi pengiriman barang mempunyai keterampilan dalam pengiriman barang sesuai dengan rute yang telah kita pilih. Mereka mempunyai batasan pengiriman, antar kota, antar pulau, antar provinsi, dalam kota atau hanya ke luar negeri. Umumnya perusahaan ekspedisi yang sudah populer mempunyai banyak rute yang dapat dipilih. Perusahaan seperti inilah yang seharusnya Anda pakai.

- Perhatikan Waktu Estimasi Pengiriman

Biasanya perusahaan ekspedisi pengiriman barang akan menampilkan estimasi pengiriman barang sampai berapa hari. Tapi, tidak semuanya akan menepati janji tersebut. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh kita sebagai pengirim barang. Salah satunya adalah kapan Anda memesan jasa pengiriman tersebut. Jangan gunakan jasa pengiriman barang pada waktu yang kurang tepat, seperti hari libur, hari besar, hari nasional dan hari-hari besar lainnya. Sebab waktu-waktu yang seperti itulah ekspedisi pengiriman akan mengalami overload shipment atau pengiriman barang berjumlah sangat banyak. Setelahnya, jika sebuah ekspedisi sudah mengalami overload shipment, maka mereka akan meningkatkan kecepatan pengiriman tanpa melihat kualitas layanan.

Nah, jika hari H telah tiba saat festival hari belanja online nasional, inilah saat membuktikan bahwa belanja online adalah cara cepat dengan proses yang mudah tanpa harus diambil ribet.


RE: Memudahkan Konsumen Dengan Situs Belanja Online - rimbakita - 6 December 2018

Belanja Online memang memudahan dan hemat waktu. Tp kebanyakan barang yg dikirim gak sesuai ekspektasi. Kalau saya lebih suka belanja online via marketplace. knp? karena di sana ada fitur komplain, jadi kalau si seller ngirimnya asal-asalan gak sesuai dengan yang dijanjikan kita bisa komplain. Dan selama komplain belum selesai, transaksi belum dianggap fix.  Big Grin


RE: Memudahkan Konsumen Dengan Situs Belanja Online - Asep - 10 December 2018

Quote:Sebab waktu-waktu yang seperti itulah ekspedisi pengiriman akan mengalami overload shipment atau pengiriman barang berjumlah sangat banyak. Setelahnya, jika sebuah ekspedisi sudah mengalami overload shipment, maka mereka akan meningkatkan kecepatan pengiriman tanpa melihat kualitas layanan.
terima kasih informasinya kak, saya malah baru tau yang ini karena emang belom pernah make jasa ekspedisi pas waktu tersebut