Forum Diskusi dan Komunitas Online
kenapa harus pilih tinta uv - Printable Version

+- Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Area Bebas (https://ziuma.com/Forum-Area-Bebas)
+--- Forum: Artikel Bebas (https://ziuma.com/Forum-Artikel-Bebas)
+--- Thread: kenapa harus pilih tinta uv (/Thread-kenapa-harus-pilih-tinta-uv)



kenapa harus pilih tinta uv - Anggapermana - 27 July 2018

[Image: uv-ink-tinta-asia-ink-untuk-mesin-digital-printing.jpg]

Tinta UV adalah tinta yang proses pengeringanya menggunakan lampu UV, untuk itu diperlukan printer khusus atau printer yang sudah dilengkapi lampu UV saja yang mampu mencetak dengan tinta uv ini.

Tinta UV merupakan tinta yang lebih mahal dibandingkan eco solvent dan solvent, untuk itu harus ada alasan yang tepat ketika anda ingin menggunakannya. Jangan sampai terjadi over biaya produksi padahal kebutuhan spesifikasi cetakan anda hanya perlu tinta eco solvent saja. Oleh karena itu kami mencoba mengurai kapan saat yang tepat menggunakan tinta uv, berikut ini hal-hal yang harus anda perhatikan:

1. Saat anda membutuhkan hasil cetak yang lebih kuat
Lebih kuat dalam arti ketahanan warna dan anti goresnya, tinta uv memiliki ketahanan warna dan anti gores yang jauh di atas tinta eco solvent dan solvent walaupun tidak di laminasi. Untuk itu sangatlah tepat jika anda memakai tinta uv untuk cetakan seperti ini, contohnya sticker banner yang dipasang di atap gedung atau bangunan, sticker sign di lokasi pabrik atau bengkel, sticker label yang mau dipakai dalam jangka waktu lama, sticker truck atau bus dan sebagainya.

alasan itu juga yang membuat banyak konsumen kami mencetak sticker menggunakan tinta uv walaupun sticker tersebut bisa dicetak menggunakan eco solvent ataupun toner laser.

2. Saat anda akan mencetak di media uncoated
Media uncoated itu media yang tidak dicoating secara khusus agar bisa dicetak di mesin digital printing. Jadi jika anda ingin mencetak di media yang tidak di coating maka memilih tinta uv adalah tepat. Tinta uv merupakan tinta yang sistemnya menempel di permukaan bahan bukan menyerap ke pori-pori karena itulah hampir semua jenis media bisa dicetak menggunakan tinta uv. Contoh media uncoated yang biasa dicetak di tinta uv adalah acrylic, kayu, sticker chrome, sticker hologram, sticker reflective, kain, kaca, plastik dan sebagainya.

Untuk sticker atau media cetak non sticker banyak juga yang masuk dalam kategori uncoated semisal sticker 3M. Sticker Kiwalite, Sticker Cutting, Sticker Poliester, Sticker Yupo atau Sticker Sintesis, Sticker Chrome, Sticker Hologram dan sebagainya. Semua media sticker tersebut umumnya susah sekali dicetak di printer eco solvent maupun toner dan solusinya adalah mencetak di printer UV.

3. Saat anda membutuhkan hasil cetak dengan density / kerapatan tinta yang tinggi
Dalam proses cetak ecosolvent atau toner umumnya diperlukan beberapa kali sapuan untuk menghasilkan cetakan yang tajam warnanya. Proses beberapa kali sapuan ini membutuhkan tinta yang banyak dan waktu yang relatif lama. Masalah seperti ini bisa diatasi jika kita mencetak menggunakan tinta uv karena tinta uv memiliki density yang jauh lebih rapat dibandingkan tinta solvent, eco solvent maupun toner.

Kasus yang sering adalah cetakan untuk neon box seperti bahan durathan film ataupun backlite frontlite, banyak konsumen yang mengalami hasil cetakan neon box-nya puyeh atau turun intensitas warnanya ketika terkena lampu saat mereka menggunakan hasil cetak eco solvent atau solvent. untuk itu pakailah tinta uv jika anda ingin mendapatkan hasil cetak yang tetap solid dan tajam ketika disinari lampu seperti aplikasi neon box maupun sign-sign lain yang sifatnya menggunakan lampu dari belakang.

Selain kasus neon box bisa juga terjadi pada sticker one way vision yang dipasang dikaca belakang mobil. Kasusnya sticker one way vision yang dipasang di kaca belakang mobil cepat luntur karena kena gesekan wiper, nah solusi yang tepat adalah dengan mencetak menggunakan tinta uv karena densitynya tinggi dan tahan gores sehingga  tidak cepat pudar seperti hasil cetakan ecosolvent.

4. Saat anda membutuhkan efek cetak yang berhubungan dengan tekstur
Efek cetakan itu banyak sekali mulai dari foil sampai laminasi dan salah satu efek cetakan yang paling sering dipakai adalah efek tekstur. Untuk menghasilkan cetakan dengan efek tekstur selain di embos atau hot print maka kita bisa mendapatkan efek tekstur dan efek glossy sekaligus. Jadi jika anda menginginkan hasil cetakan dengan efek tekstur maka tinta uv bisa jadi pilihan yang tepat.

5. Saat anda membutuhkan cetakan dengan spesifikasi ramah lingkungan atau go green
Karena tinta uv tidak mengeluarkan voc (volatile organic compound) yang berbahaya dalam proses pengeringannya maka tinta ini diklaim jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan tinta solvent atau eco solvent. Di beberapa negara maju sudah mensyaratkan untuk hasil cetakan yang dipakai di tempat umum seperti bandara, stasiun, terminal bis dan kantor pemerintahan harus menggunakan cetakan tinta uv. Di Indonesia sendiri sepertinya juga sudah mulai seperti itu, seperti hasil cetakan di bandara-bandara besar indonesia sudah menggunakan tinta uv semua.  Tentu kita harus memilih tinta uv jika cetakan kita akan dipakai pihak yang membutuhkan spesifikasi ramah lingkungan.

sumber : RonitaDP


RE: kenapa harus pilih tinta uv - WIldan F123 - 8 August 2018

Terimaksih gan infonya ...


RE: kenapa harus pilih tinta uv - Anggapermana - 10 August 2018

(8 August 2018, 08:44 PM)WIldan F123 Wrote: Terimaksih gan infonya ...
iya kak sama-sama Smile