Situs Forum Diskusi dan Komunitas Online
Menilik Berbagai Sebab yang Bisa Membuat Kaca Mobil Anda Mudah Pecah - Printable Version

+- Situs Forum Diskusi dan Komunitas Online (https://ziuma.com)
+-- Forum: Area Bebas (https://ziuma.com/Forum-Area-Bebas)
+--- Forum: Artikel Bebas (https://ziuma.com/Forum-Artikel-Bebas)
+--- Thread: Menilik Berbagai Sebab yang Bisa Membuat Kaca Mobil Anda Mudah Pecah (/Thread-Menilik-Berbagai-Sebab-yang-Bisa-Membuat-Kaca-Mobil-Anda-Mudah-Pecah)



Menilik Berbagai Sebab yang Bisa Membuat Kaca Mobil Anda Mudah Pecah - tania - 11 January 2018

Selain harus dibersihkan dan di service secara rutin, mobil juga memiliki point-point penting yang harus diperhatikan oleh pemiliknya agar tidak menyebabkan mobil tersebut mudah mengalami kerusakan. Salah satu contohnya adalah pada bagian kaca mobil. Dibersihkan secara rutin saja ternyata tidak cukup untuk mencegah kaca mobil menjadi lebih rapuh sehingga mudah pecah. Ada beberapa sebab yang harus dihindari karena bisa mempengaruhi kekuatan kaca mobil. Meski sangat jarang ditemui kaca yang tiba-tiba pecah, namun ada beberapa kasus dimana kaca mobil yang sudah memiliki crack di satu sisi bisa menyebabkan ia pecah di semua bagiannya.

Bagi Anda yang ingin menjaga kekuatan kaca mobil agar bukan hanya bersih namun juga kuat dan awet, sebaiknya selalu waspadai kondisinya terutama saat setelah terjadi benturan. Misalnya Anda mengalami kecelakaan atau menabrak benda mati sehingga menyebabkan mobil terbentur. Meski kaca mobil pada saat itu terlihat baik-baik saja atau tidak terkena benturan secara langsung, namun ada baiknya melakukan pengecekan lebih teliti ada atau tidaknya bagian kaca mobil yang terlihat retak. Retak sedikit saja pada kaca mobil, sangat bisa mengakibatkan retakan tersebut meluas karena hal yang sepele.

Jika Anda menemukan crack atau retakan pada kaca mobil setelah terjadi kecelakaan, sebaiknya melakukan pencegahan agar retakan tersebut tidak semakin parah dan mengakibatkan kaca menjadi hancur berkeping-keping. Mengganti kaca yang hancur memang tak seberapa namun jika pecahan kaca tersebut mengenai penumpang maka akan menjadi sebuah malapetaka yang seharusnya bisa dihindari. Untuk menghindarinya, Anda beberapa point yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan mobil dengan kaca yang sudah memiliki retakan yaitu:

Baca juga: Mengulas Tentang Keuntungan dan Kekurangan dari Membeli Mobil Tua

1. Ketika melewati jalanan yang tidak rata.
Jalanan yang kurang rata menjadi hal yang biasa bagi mobil pada umumnya. Namun bagi mobil dengan kaca yang sudah retak, perlu dilakukan pengurangan kecepatan agar goncangan yang terjadi menjadi minimum dan tidak memperparah kondisi kaca.

2. Panas atau dingin yang ekstrem.
Kondisi cuaca yang ekstrem juga bisa mempengaruhi kekuatan kaca. Hindari berkendara di suhu ekstrim apalagi bagi Anda yang kaca mobilnya sudah memiliki retakan yang mudah dilihat.

3. Tempat parkir.
Hal yang paling penting adalah selalu memperhatikan tempat parkir. Jika Anda memarkir mobil Anda di bawah pohon yang memiliki buah atau ranting, bisa jadi buah tersebut akan jatuh dan mengena body mobil. Begitu juga dengan resiko terkena benda jatuh lainnya misalnya memarkir mobil di tepi lapangan olahraga.

Point-point di atas bisa menjadi hal yang perlu Anda perhatikan dengan lebih seksama untuk menjaga kondisi kaca mobil terutama jika sudah mengalami kerusakan atau retak akibat kecelakaan. Ada baiknya jika retakan sudah meluas, dan terlihat jelas, Anda segera mengganti kaca tersebut untuk alasan keamanan.

Sumber: http://modifmoto.com


RE: Menilik Berbagai Sebab yang Bisa Membuat Kaca Mobil Anda Mudah Pecah - gladismanja - 17 January 2018

terimakasih gan artikel yang penting banget