Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Apakah UMKM Cocok Menggunakan Virtual Office
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: About-sub.jpg]

Saat ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sedang digalakkan oleh pemerintah. Tentunya, karena UMKM telah menghasilkan atau menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) dalam jumlah yang cukup besar. Hal itu menjadi keuntungan tersendiri bagi negara.

Banyak pengusaha UMKM yang ingin mengembangkan usahanya, rata-rata tidak punya kantor. Kalaupun ada kantor, letaknya tidak berada di wilayah perkantoran. Biasanya, rumah pemilik UMKM itu sendiri yang menjadi kantor. Namun, ketika akan mengurus perizinan untuk menjadi PT, atau mungkin CV, maka kantor menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan manapun.

Salah satu solusinya ialah menggunakan virtual office. Namun, pertanyaannya adalah apakah virtual office akan cocok digunakan oleh UMKM?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, virtual office akan sangat cocok untuk perusahaan yang sedang membutuhkan alamat bisnis yang prestisius. Alamat bisnis yang prestisius tentunya akan menjadikan citra perusahaan Anda menjadi lebih baik di mata klien. Tidak hanya itu, virtual office juga akan menjadikan Anda lebih hemat biaya operasional, khususnya untuk sewa dan operasional kantor.

Virtual office juga akan sangat tepat bila UMKM Anda memiliki tidak begitu banyak staff serta kebanyakan pekerjaannya dilakukan secara remote. Terpenting, Anda memiliki kantor di alamat terbaik yang menjadikan bisnis Anda terlihat lebih profesional.

Apa virtual office terbaik untuk UMKM? Pertama, pastikan terlebih dulu bahwa virtual office tersebut juga menawarkan fasilitas lain yang dibutuhkan. Jadi, penyedia layanan tersebut akan membantu usaha Anda, dan Anda bisa tetap bekerja di mana saja.

Dengan kata lain, Anda membutuhkan layanan email, resepsionis, call centre, penerima paket, dan sebagainya. Maka, Anda harus mencari virtual office di Jakarta yang menawarkan semua hal tersebut. Jadi, tidak hanya alamat kantor, tapi Anda juga mesti melihat tawaran dan layanan yang disediakan oleh virtual office yang akan Anda pilih. Terakhir, pastikan juga virtual office Jakarta tersebut juga menawarkan tempat untuk meeting yang bisa disewa dalam waktu yang dibutuhkan.

Dengan layanan resepsionis, penjawab telepon, kotak suara, call centre, serta punya akses ke meeting room hingga video conference, menjadikan virtual office murah Jakarta sebagai solusi untuk mengembangkan UMKM ke tingkat selanjutnya. Apalagi, biaya yang dibayarkan juga sangat fleksibel. Anda bisa menentukan bayaran yang pas untuk Anda disesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri.

Kesimpulannya, UKM dan UMKM adalah salah satu sektor yang sangat berpotensi di Indonesia. Selain didukung pemerintah dengan berbagai bantuan dan program tertentu, juga bisa menjangkau pasar besar Indonesia. Apalagi, penduduk Indonesia hingga 270 juta jiwa merupakan pasar yang sangat besar bagi UMKM. Hanya saja, untuk menjangkau pasar yang besar itu, diperlukan perizinan, legalitas, dan berbagai strategi lainnya. Karena itu, Virtual office muncul sebagai salah satu solusi untuk perizinan dengan lebih mudah, serta mengembangkan usaha meski dengan modal yang terbatas.