Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Pesona Indahnya Liburan Kepulauan Derawan
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Kepulauan Derawan merupakan gugusan pulau yang terletak di Selat Makassar dan masuk wilayah administrasi Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kaltim.

Sejumlah pulau yang terdapat di Kepulauan Derawan antara lain Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Samama dan Pulau Panjang. Perairan di sekitar Kepulauan Derawan kaya akan karang dan biota laut yang menjadi objek wisata selam. Sedikitnya terdapat 18 titik lokasi penyelaman di sana. Di sekitar Pulau Derawan sendiri, keindahan karang dan ikan sudah bisa dinikmati dengan pola penyelaman slope dangkal 5-25 meter.

[Image: 800px-Derawan_Island_East_Kalimantan.jpg]
images: wikipedia 
Selain Pulau Derawan, terdapat Kawasan Pulau Kakaban yang terdiri dari karang atol dan membentuk danau di tengah laut. Di dalam danau itu tinggal ribuan ubur-ubur yang tidak memiliki sengat. Danau Kakaban adalah salah satu dari dua habitat ubur-ubur tanpa sengat yang telah ditemukan di dunia. Habitat yang sama dapat ditemukan di Kepulauan Palau, Micronesia di Samudera Pasifik.

Pesona Kepulauan Derawan lainnya terdapat di sekitar Pulau Sangakali yang merupakan kawasan konservasi penyu yang dikelola Kementrian Kehutanan. Dari seluruh Kepulauan Derawan, Pulau Sangalaki yang memiliki luas daratan 12 hektar menjadi tempat bertelur penyu terbesar.  Ada dua spesies penyu yang biasa bertelur di Pulau Sangalaki yakni penyu hijau dan penyu sisik. Penyu hijau paling banyak ditemui bertelur di Pulau Sangalaki pada malam hari.

Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai “Blue Trigger Wall”Sumber: Paket Derawan Murah - backpackseru