Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Bagaimana Bercak Putih Di Wajah Bisa Muncul?
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: penyebab-munculnya-bercak-putih-di-wajah...179654.jpg]


Munculnya bercak – bercak di kulit wajah tentunya akan mengganggu penampilan Anda yang berakhir dengan tingkat kepercayaan diri yang menurun. Salah satunya adalah bercak putih di wajah yang dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk masalah pada kulit seperti panu. Meski begitu, munculnya bercak putih di wajah dapat disebabkan oleh beberapa hal.
Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena bercak putih di wajah ini dapat diatasi baik dengan tindakan medis maupun secara alami. Pengobatan untuk menghilangkan atau setidaknya memudarkan bercak putih ini disesuaikan dengan penyebabnya.
Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab dari munculnya bercak putih di wajah yang bisa mengganggu penampilan Anda.

Vitiligo
Kelainan kulit yang disebabkan karena kurangnya produksi melanin inilah yang disebut dengan vitiligo. Kondisi ini bisa menjadi pemicu dari timbulnya bercak – bercak putih di kulit termasuk wajah Anda. Vitiligo bisa muncul di seluruh area kulit, tidak hanya di wajah saja. Bercak putih ini bisa menyerang leher, tangan bahkan lipatan – lipatan pada kulit. Anda memerlukan perlindungan ekstra dengan rutin menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi karena kulit yang mengalami bercak putih akan lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Milia
Milia biasanya muncul di wajah pada bagian area mata, pipi dan hidung yang terlihat sedikit menonjol, berukuran kecil dan lebih putih dari kulit di sekitarnya. Milia ini dapat dialami oleh siapa saja termasuk laku – laki dan perempuan, hanya saja bayi lebih sering mengalaminya sehingga sering disebut dengan milk spots. Salah satu pemicu munculnya milia adalah penggunaan krim muka yang tidak cocok dengan jenis kulit. Tidak hanya itu, milia juga bisa muncul akibat sinar matahari yang berlebih dan juga reaksi alergi yang menyerang kulit terhadap produk keras.

Eksim
Pityriasis alba adalah salah satu jenis eksim yang bisa menjadi penyebab munculnya bercak putih di wajah. Kulit wajah Anda akan terlihat kering, bersisik, mengelupas bahkan kulit menjadi lebih berwarna putih dibandingkan pada area di sekelilingnya. Penyebab dari kondisi ini memang belum diketahui secara jelas dan pasti, tetapi kebanyakan kasus ini disebabkan karena adanya infeksi jamur atau pun paparan sinar matahari yang berlebihan. Eksim pun juga sering berkaitan dengan dermatitis atopik.

Bercak Akibat Matahari
Penyebab paling umum dan sering terjadi yang menyebabkan bercak putih di wajah adalah akibat sinar matahari dalam jangka waktu panjang. Kondisi ini sering disebut dengan idiopathic guttadei. Kondisi ini terlihat menyerupai dengan panu dengan jumlah serta ukuran yang beragam. Bercak ini biasanya berbentuk bulat dengan diameter sekitar 2 sampai 5 millimeter. Bercak putih ini juga muncul pada tangan, kaki, dan punggung.

Tinea versicolor
Kondisi ini mungkin lebih Anda kenal dengan sebutan panu. Tinea versicolor atau panu ini merupakan kondisi kulit akibat adanya pertumbuhan jamur. Adanya bintik dengan warna merah mudah dan putih serta terlihat kering sampai bersisik menjadi tanda awal dari munculnya panu.

Cedera pada kulit
Cedera pada kulit disebabkan adanya kerusakan jaringan yang diperoleh dari luka gores, luka bakar atau iritasi pada kulit. Kondisi ini bisa menyebabkan hilangnya pigmentasi sehingga dapat memunculkan bercak putih selama masa penyembuhannya. Tetapi Anda tenang saja karena kondisi ini hanya sementara, hanya saja butuh waktu lama untuk mengembalikan warna kulit seperti kondisi awal. Hipopigmentasi pasca inflamasi menjadi sebutan yang dikenal dalam dunia medis terhadap kondisi ini.

Itulah beberapa penyebab yang dapat memunculkan bercak putih di wajah. Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa kondisi yang bersifat sementara dan tidak membahayakan. Tetapi jika dirasa sudah sangat mengganggu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menemukan solusinya.