Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Nipple Cream dan Senjata Lain untuk Menyusui Lebih Mudah
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: ingin-payudara-tetap-kencang-coba-lakuka...512877.jpg]


Mendapatkan air susu ibu (ASI) adalah hak setiap bayi. Namun harus diakui, proses menyusui tidaklah semudah yang dibayangkan. Sering kali ibu yang baru melahirkan kesulitan mengeluarkan ASI-nya. Ada pula banyak cerita di mana proses menyusui menjadi sangat sulit karena terasa sangat menyusui. Sebagai seorang ibu yang sedang menyusui, apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam menyusui tersebut?
Jika iya, sebaiknya Anda segera mempersiapkan senjata-senjata yang ampuh untuk membuat proses menyusui menjadi lebih mudah. Nyatanya sekarang banyak pilihan perlengkapan menyusui yang bisa Anda beli untuk menunjang kemudahan dalam memberikan ASI untuk si kecil
Berikut ini adalah senjata-senjata yang dapat Anda andalkan agar bisa menyusui dengan lebih nyaman sehingga produksi ASI yang keluarnya pun lebih berlimpah dan berkualitas. Dengan demikian, bayi pun menjadi kenyang dan tenang.
Bantal Menyusui
Memangku bayi sambil menyusui bukanlah sesuatu yang mudah. Anda mungkin saja sulit memposisikan kepala bayi dengan tepat sehingga proses pengisapan putting menjadi tidak lekat. Ujung-ujungnya, puting akan menjadi lebih mudah lecet dan asupan ASI ke bayi pun kurang. Supaya posisi menyusui bayi lebih tepat dan tidak menyulitkan Anda, gunakanlah bantal menyusui. Bantal ini bisa mengangkat bayi ke posisi ergonomis saat mennyusui. Menggunakan bantal menyusui juga akan meringankan beban untuk lengan dan punggung sehingga Anda tidak terlalu lelah menopang bayi selama proses menyusui berlangsung.
Pelindung Puting
Pelindung dapat menjadi solusi jangka pendek bagi ibu yang baru melahirkan yang kesulitan menyusui bayinya. Di mana dengan memakai pelindung puting, gesekan lidah si kecil yang dapat melukai puting Anda dapat diminimalkan. Namun, tertap saja Anda harus berkonsultasi ke konsultan laktasi. Pasalnya, luka akibat gesekan lidah si kecil terjadi hanya karena proses pelekatan yang tidak sempurna sehingga harus ditangani untuk kepentingan anak Anda memperoleh ASI secara maksimal.
Nipple Cream
Sakit akibat lecet saat menyusui bisa sangat menyiksa dan dapat membuat Anda menyerah untuk menyusui si kecil. Namun, jangan sampai Anda berpikir demikian karena sama artinya usaha Anda di hari-hari sebelumnya menjadi sia-sia. Cobalah memberikan puting Anda nipple cream guna meringankan rasa sakit yang Anda alami. Pemberian nipple cream juga dapat membantu melembutkan dan melembapkan puting payudara Anda sehingga lecet cepat teratasi.
Suplemen ASI
Kendala menyusui si kecil yang paling sulit sebenarnya adalah saat ASI yang keluar tidak mampu memenuhi kebutuhan si kecil karena masih terlalu sedikit. Anda bisa merangsang produksi ASI dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Menggunakan suplemen ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dapat menggenjot produksi ASI pun bisa menjadi solusi.
Bra dan Baju Menyusui
Anda tentu ingin bisa menyusui si kecil di mana saja, bukan? Namun, harapan tersebut akan sulit terwujud apabila tidak memiliki bra dan baju menyusui. Perlengkapan menyusui yang satu ini dapat membuat Anda lebih mudah mengeluarkan payudara dan menempelkan puting kepada sang buah hati. Anda pun tidak perlu malu menyusui di luar ruangan karena dengan perlengkapan ini, proses menyusui dapat dilakukan tanpa Anda harus mengangkat baju dan membiarkan perut Anda terlihat ke mana-mana.
Selimut Muslin
Selain bra dan baju menyusui, siapkan pula selimut muslin untuk mendukung proses menyusui yang Anda lakukan. Secara garis besar, perlengkapan menyusui yang satu ini berfungsi sama untuk mempermudah proses menyusui dapat dilakukan di mana saja. Dengan menyelempangkan selimut muslin saat menyusui, Anda bisa menutupi bagian tubuh yang terbuka sekaligus menyelimuti bayi agar tetap hangat.
Pompa ASI
Memberikan ASI pada si kecil memang sebaiknya dilakukan secara langsung, namun jika Anda termasuk ibu pekerja, Anda dapat memberikanya dengan metode perah. Tentunya agar pemerahan lebih mudah, Anda dapat menggunakan pompa ASI, baik manual maupun elektrik. Memompa payudara lebih sering juga dapat meningkatkan produksi ASI, loh!


Jadi, kini saatnya Anda memberi segala perlengkapan untuk membuat proses menyusui menjadi lebih nyaman. Anda bisa membeli nipple cream dan senjata lainnya di berbagai toko atau supermarket.