Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Beberapa Kemungkinan Seputar Benjolan di Jari Tangan
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: jenis-cedera-jari-dan-penyebabnya-yang-h...340123.jpg]
Ada banyak kemungkinan yang bisa mengganggu kinerja tangan sebagai salah satu “perangkat” untuk menjalani kehidupan. Patah pergelangan tangan, semisal, atau penyakit yang berkaitan dengan kulit, mungkin sudah begitu populer. Lantas, bagaimana dengan benjolan di jari tangan?
Kondisi yang akan kita bahas kali ini umumnya bukanlah satu kondisi kesehatan yang berbahaya. Kendati demikian, beberapa di antara penyebabnya cukup mengkhawatirkan juga. Tak hanya itu, benjolan di jari tangan juga bisa berdampak terhadap masalah esetika atau kecantikan. Sebab, benjolan di jari tangan itu terkadang tak sedap dipandang dan membuat penderitanya tak percaya diri.

Perlu diketahui dalam istilah medis, benjolan atau tonjolan disebut nodul. Nodul bisa tumbuh atau muncul di mana saja, termasuk jari tangan. Nodul merupakan tumbuhnya jaringan yang tidak biasa. Nodul tak bisa disamakan dengan kondisi lain yang sekilas tampak mirip, semisal bisul, abses, atau bahkan jerawat.

Meski tak selalu, tetapi umumnya pertumbuhan nodul atau benjolan ini akan disertai dengan berbagai gejala. Nodul biasanya akan terasa sakit, baik ketika disentuh atau ditekan, ataupun tidak disentuh atau ditekan sama sekali. Sama seperti bagian tubuh yang membengkak, area di sekitar pertumbuhan nodul juga ikut terasa nyeri. Kamu perlu waspada jika nodul atau area di sekitarnya tidak nyeri, konon, yang seperti ini justru bersifat ganas.

Perawatan atau penyembuhan nodul biasanya disesuaikan dengan penyebab terjadinya. Dokter atau petugas medis akan melakukan pemeriksaan dan pemantauan secara seksama untuk dapat menentukan tindakan lanjutan.
Ada beberapa nodul yang bisa disembuhkan dengan pemberian obat, ada pula jenis benjolan yang harus ditangani lebih serius, semisal operasi atau pembedahan; dengan radiasi; atau bahkan kemoterapi untuk menghilangkannya. Namun, tak sedikit pula benjolan di jari tangan yang bisa hilang dengan sendirinya.
Nah, di antara beberapa kemungkinan itu, kiranya berikut ini kondisi-kondisi yang umum sekali menyebabkan benjolan di jari tangan:

Kutil
Kutil bukanlah sesuatu yang asing. Ia sudah begitu tenar, karena pertama, banyak yang mengalaminya, kedua itu terjadi di sekitar kita. Kutil disebabkan oleh virus yang menular lewat sentuhan. Meski termasuk ke dalam kategori tumor, kutil umumnya tak berbahaya. Jadi, tak perlu khawatir berlebih jika benjolan di tangan kamu adalah kutil.
Ada banyak cara mengatasi lantaran kutil ini. Semisal kamu bisa mengoleskan asam salisilat atau menyemprotkannya dengan nitrogen cair. Ada cara ampuh dan mudah, meski terdengar ekstrem dan tidak disarankan, yakni memotongnya secara langsung.

Kista Myxoid
Kondisi kesehatan penyebab benjolan di jari tangan lainnya adalah kista myxoid. Benjolan yang disebabkan penyakit ini bersifat non-kanker. Kelompok orang yang rentan sekali mengalami masalah kesehatan ini adalah penderita osteoarthritis.
Masalah ini bisa hilang dengan sendirinya, meski tanpa pengobatan sekalipun. Namun, kamu yang khawatir atau tak sabaran, bisa kok melakukan cryotherapy, memanfaatkan steroid, atau melakukan operasi.

Ganglion
Masalah kesehatan ini dapat dijelaskan sebagai pembengkakan nonkanker yang terjadi pada sendi  atau selubung penutup tendon. Ganglion termasuk kista, sehingga teksturnya terasa halus ketika disentuh, layaknya memegang balon berisi air. Benjolan di jari tangan yang disebabkan ganglion nyatanya memang berisi air, lebih tepatnya cairan jernih menyerupai gel lengket.
Ganglion membuat benjolan di jari tangan kamu terasa amat menyakitkan, terlebih jika pertumbuhannya sampai menekan saraf. Namun, yang perlu diketahui adalah bahwa ganglion tidak ganas dan ia bisa hilang sendiri tanpa perawatan.
Itulah kiranya beberapa kemungkinan seputar benjolan di jari tangan. Kendati hampir dipastikan tak serius atau berbahaya, jangan sekali-kali meremehkan jika suatu saat mengalaminya. Tetap lakukan upaya terbaik untuk menghindari beberapa kemungkinan buruk.