Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Cara Alami Meredakan Memar Selain Menggunakan Counterpain Cool
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: counterpain-cool.jpg]



Memar atau luka lebam biasanya terjadi apabila bagian tubuh Anda terbentur benda keras seperti kursi atau meja. Tetapi, Anda juga bisa mengalami memar bila melakukan aktivitas fisik yang berat, keseleo atau pun terjatuh. Memar ini bisa dialami oleh siapa saja termasuk anak – anak. Salah satu cara untuk meredakan rasa nyeri dari memar yang dialami, Anda dapat mengoleskan counterpain cool gel.
Counterpain cool gel adalah obat yang dijual secara bebas dan dapat ditemukan dengan mudah di apotek terdekat yang berbentuk gel. Manfaat dari penggunaan obat ini dapat meredakan rasa nyeri yang terjadi di otot dan sendi. Obat gosok ini juga aman dan dapat Anda gunakan bila merasakan pegal – pegal di sekitar leher dan bahu akibat terlalu lama duduk beraktivitas di depan laptop atau komputer.
Umumnya memar bisa hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu sekitar 2 hingga 3 minggu. Tetapi ada beberapa memar yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menghilang dan cukup lama dalam proses penyembuhannya. Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi memar selain menggunakan counterpain cool gel.
1. Kompres Es
Jika mengalami memar, maka mengompres dengan es merupakan cara yang paling sering digunakan karena ampuh untuk mendinginkan pembuluh darah sehingga dapat mencegah jumlah darah yang bocor ke jaringan yang berada di sekitar daerah yang memar. Anda bisa gunakan es batu yang sudah dibalut oleh kain atau handuk dan letakkan selama 10 menit. Lakukan berulang dengan jeda 20 menit sampai kondisi memar terasa lebih membaik.

2. Tinggikan posisi area tubuh yang mengalami memar
Pastikan bagian tubuh yang mengalami memar dalam posisi yang lebih tinggi dari dada Anda. Contohnya Anda mengalami memar di bagian kaki, maka ketika ingin duduk atau tidur gunakan penyanggah. Cara ini dapat membantu mengeluarkan cairan dari area memar dan membantu meredakan rasa sakit sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

3. Kompres dengan air hangat
Selain mengompres dengan es, ketika mengalami memar juga dapat diatasi dengan kompres air hangat. Meningkatkan sirkulasi dan aliran darah sehingga membantu darah yang terperangkap dalam memar adalah manfaat yang didapatkan dari kompres air hangat. Tidak hanya melancarkan sirkulasi tetapi air hangat ini dapat membuat otot – otot yang tegang menjadi lebih rileks dan meredakan rasa sakit.

4. Menggunakan perban
Perban elastis yang digunakan ini dapat mengurangi keparahan dari memar yang terjadi, mengurangi pembengkakan hingga membantu mengurangi rasa sakit. Perban elastis ini biasanya digunakan oleh pemain sepak bola atau pun atlet yang mengalami cedera. Anda bisa mendapatkan perban elastis ini di apotek terdekat.

5. Mengoleskan arnica tropical
Arnica tropical adalah obat herbal yang sering digunakan untuk mengatasi memar dan nyeri. Obat ini memiliki sifat antiperadangan yang didapat oleh senyawa yang terkandung di dalamnya sehingga sangat ampuh untuk mengatasi memar. Tidak hanya memar saja, saat Anda mengoleskan arnica tropical dapat juga mempercepat proses penyembuhan luka.

6. Menggunakan bromelain
Bromelain merupakan zat yang terkandung dalam buah nanas. Zat ini memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu mengurangi bengkak dan memar. Suplemen yang mengandung bromelain sangat membantu meminimalkan memar setelah operasi. Namun jika Anda memiliki alergi terhadap nanas, sebaiknya hindari penggunaan obat ini.

7. Gel lidah buaya
Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya jika ingin memar yang dialami memudar dan mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Jika ingin menggunakan gel lidah buaya yang sudah terbentuk dalam kemasan, pastikan jika gel tersebut asli dan murni agar tidak tertipu. Tetapi Anda juga bisa menggunakannya secara langsung dari tanaman lidah buaya.

Itulah 7 cara alami yang bisa mengatasi memar selain menggunakan counterpain cool gel sebagai pereda. Jika ingin membeli counterpain cool, Anda bisa membelinya melalui SehatQ. Begitu juga jika ingin berdiskusi dengan dokter untuk penyembuhan memar yang dialami, Anda bisa melakukannya secara daring di SehatQ.