Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Nizoral Cream, Ketoconazole untuk Menyembuhkan Infeksi Jamur
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: ba6384f0102151700abf2815e51f931b.jpg]


Nizoral Cream adalah obat cream yang digunakan untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit. Obat ini mengandung zat aktif bernama ketoconazole dan termasuk pada golongan antijamur azole. Cara kerja obat ini adalah dengan menghentikan pertumbuhan jamur yang ada di kulit, rambut, kuku tangan, hingga daerah kemaluan.

Ketoconazole merupakan zat yang sering digunakan pada obat untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit. Cara kerjanya adalah dengan membunuh jamur tersebut dan mencegah pertumbuhan jamur. Nizoral cream yang mengandung ketoconazole digunakan dengan cara mengoleskannya pada area yang terinfeksi jamur. Nizoral cream sendiri bisa ditemui di apotek terdekat dan dibeli tanpa menggunakan resep dokter.

Mengenal ketoconazole pada nizoral cream
Ketoconazole merupakan obat yang bekerja untuk menghilangkan infeksi pada kulit seperti kutu air, gatal di selangkangan, kurap, dan jenis ketombe tertentu. Obat ini juga digunakan untuk mengobati kondisi kulit yang dikenal sebagai pityriasis (tinea versikolor), infeksi jamur yang menyebabkan keringanan atau penggelapan kulit leher, dada, lengan, atau kaki.

Obat yang mengandung ketoconazole seperti nizoral cream hanya dapat digunakan pada kulit. Caranya dengan bersihkan dan keringkan secara menyeluruh area yang akan dirawat terlebih dahulu. Anda perlu mengoleskan obat ini ke kulit yang terinfeksi. Biasanya dosis yang dianjurkan dalam penggunaan cream obat ketoconazole seperti nizoral cream adalah sekali atau dua kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Jenis infeksi akan mempengaruhi dosis dan lama pengobatan. Jangan menggunakan obat ini lebih sering dari yang dianjurkan. Kondisi Anda tidak akan sembuh lebih cepat, tetapi efek sampingnya mungkin akan lebih parah.
Oleskan obat yang cukup untuk menutupi kulit yang terkena dan area kulit di sekitar yang terinfeksi. Setelah menerapkan obat ini, cuci tangan Anda. Jangan menutupi area yang terinfeksi jamur kecuali dianjurkan oleh dokter.

Jangan mengoleskan obat ini ke bagian mata, hidung, mulut, atau vagina. Jika obat ini masuk ke mata (misalnya, ketika digunakan untuk mengobati ketombe), bilas sampai bersih dengan air. Anda perlu menggunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Selain itu, teruslah gunakan obat ini setiap hari pada waktu yang sama sampai infeksi sembuh.
Terus lanjutkan menggunakan obat ini sampai waktu yang ditentukan selesai. Sebab, meski infeksi terlihat sudah, jamur bisa tumbuh kembali jika pengobatan dihentikan terlalu cepat dan membuat jamur terus tumbuh, yang dapat menyebabkan infeksi yang terus kambuh. Beri tahu dokter Anda jika kondisi Anda berlanjut setelah jumlah perawatan yang ditentukan atau memburuk setiap saat.

Efek samping obat nizoral cream
Rasa seperti menyengat, bengkak, iritasi, atau kemerahan pada kulit yang dirawat dapat terjadi ketika menggunakan obat yang mengandung ketoconazole pada nizoral cream. Jika salah satu dari efek ini terjadi dalam jangka waktu yang lama dan memburuk, segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Perlu diingat bahwa dokter telah meresepkan obat ini sesuai dengan yang diperlukan dan manfaatnya lebih besar daripada risiko efek samping yang ditimbulkan. Selain itu, banyak orang yang menggunakan obat ini tanpa memiliki efek samping yang serius.
Beri tahu dokter Anda segera jika salah satu dari efek samping yang tidak biasa tetapi serius ini terjadi: melepuh, luka terbuka, gatal, dan kulit kemerahan atau eritema pada tempat tertentu.

Reaksi alergi yang sangat serius tidak mungkin terjadi dalam penggunaan obat nizoral cream, tetapi segera cari pertolongan medis jika terjadi reaksi alergi. Gejala reaksi alergi yang serius yang dapat terjadi ketika menggunakan nizoral cream adalah termasuk ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.