Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Tips Atasi Sakit Telinga dengan Obat Ear Drops Otopain
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Ketika Anda mengalami sakit telinga yang disebabkan berbagai hal seperti infeksi obat tetes telinga Otopain, banyak digunakan. Obat ini juga digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran telinga.
 
Untuk diketahui, ada beberapa obat tetes telinga bisa Anda temui, yaitu:
Kandungan antibiotik untuk menangani infeksi akibat bakteri
Kandungan steroid untuk meredakan pembengkakan dan rasa nyeri
Kandungan antijamur untuk menangani infeksi jamur dalam telinga

Beberapa obat sakit telinga memang mengandung satu kandungan utama untuk membasmi bakteri, akan tetapi tidak semua obat seperti itu.

Lalu, bagaimana dengan Otopain Ear Drops?

Otopain adalah obat keras yang mengandung polymyxin B sulfate, neomycin sulfate, fludrocortisone acetate, dan lidocaine HCl.
Khasiat utama obat ini adalah untuk mengatasi infeksi pada bagian luar telinga (otitis eksterna), baik akut maupun kronis, yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap polymyxin dan neomycin sulfate.
Nah, setelah memakai Otopain, Anda bisa membantu menyembuhkan sakit telinga dengan cara lain, seperti: 
Kompres dingin atau hangat
Menggunakan kompres dingin atau hangat pada telinga yang bermasalah dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Bila menggunakan cara ini, cobalah untuk menggunakannya secara bergantian antara kompres dingin dan hangat setiap 10 menit atau lebih.
Namun, hanya menggunakan satu kompres pun bisa memberikan dampak pada masalah telinga tersebut.
Ubah Posisi Tidur
Beberapa infeksi telinga diperparah dengan cara tidur yang mengiritasi telinga yang terkena masalah. Tidurlah dengan posisi telinga yang terinfeksi menghadap ke atas dan bukan ke bawah. Ini dapat membantu meredakan tekanan dan memungkinkannya mengalir lebih mudah atau mencegah penumpukan cairan.
Pijat Otot di Sekitar Telinga
Ketika sakit telinga muncul disebabkan karena rasa sakit akibat sakit kepala karena tegang, maka Anda bisa memijat otot-otot di sekitar area yang terasa sakit. Misalnya, jika Anda merasakan sakit telinga bagian belakang cobalah untuk memijat otot rahang dan juga leher. Pemijatan juga dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat infeksi telinga.
Mulailah memijat dari belakang telinga hingga bawah leher, dengan gerakan dari atas ke bawah. Setelah itu, cobalah untuk memijat ke bagian depan telinga. Hal ini dilakukan untuk mengalirkan cairan berlebih dari telinga yang menyebabkan rasa sakit yang semakin menjadi-jadi.
Membersihkan Telinga
Kebanyakan orang membersihkan telinga dengan cotton bud. Sebenarnya, ini tidak perlu, karena telinga sudah memiliki kemampuan untuk mengeluarkan kotorannya sendiri.
Anda cukup membersihkan bagian luar telinga saja menggunakan waslap atau tisu bersih. Membersihkan telinga menggunakan cotton bud bisa mendorong kotoran masuk lebih dalam atau malah melukai gendang telinga.
Jagalah Telinga agar Tetap Kering
Jika telinga Anda lembap atau basah, bakteri menjadi mudah masuk dan berkembang biak. Oleh karena itu, setelah mandi atau berenang, pastikan telinga Anda sudah dalam keadaan kering. Jika Anda merasa ada air yang masuk ke dalam telinga, segera miringkan kepala Anda dan tarik cuping telinga ke belakang agar air keluar.
Obat infeksi telinga bisa mengobati dan mengatasi keluhan akibat perkembangan bakteri, virus, atau jamur di telinga. Namun, obatnya harus disesuaikan dengan penyebab infeksi. Sembarangan menggunakan obat bukan hanya membuat infeksi telinga tidak sembuh, tapi juga bisa membuat kondisinya lebih parah.
Konsultasikan ke Dokter
Jika sakit telinga tak kunjung reda sekalipun telah menggunakan obat tetes telinga Otopain dan pengobatannya lainnya, tak perlu ragu untuk berkonsultasi kepada dokter.
Ada berapa tanda-tanda infeksi telinga yang harus diobati:
Demam tinggi
Telinga sangat nyeri atau terasa penuh
Bengkak di sekitar telinga atau pembengkakan kelenjar getah bening di leher
Telinga keluar cairan
Pendengaran menurun