Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Resep Dimsum Ayam dan Pilihan Makanan Kukus Lainnya
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: 1620041214.jpg]

Metode kukus menjadi salah satu cara membuat makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang masih terjaga. Dari sekian banyak jenis makanan kukus, resep dimsum ayam termasuk yang paling populer dan banyak dicari. Tidak hanya memiliki cita rasa enak, dimsum ayam juga kaya protein dan nutrisi yang bisa menjaga kesehatan tubuh Anda.
Resep dimsum ayam mungkin saja sudah tersimpan rapi dalam catatan Anda. Namun, banyak orang akhirnya malas mengaplikasikannya karena menganggapnya sulit untuk dibuat.
Jangan putus asa dahulu. Selain dimsum ayam, masih banyak resep makanan kukus lainnya yang tidak kalah sehat dan lezat. Berikut ini adalah beberapa menu makanan kukus lainnya yang dapat menjadi alternatif dari resep dimsum ayam.

Udang Kukus Bawang Putih
Di rumah hanya tersisa protein hewani berupa udang? Tentu Anda berpikir tidak cukup untuk membuat resep dimsum ayam. Namun, Anda bisa membuat resep udang kukus bawang putih. Membuat menu ini bahkan tidak sampai 30 menit! Anda hanya memerlukan udang segar yang telah dibersihkan, kemudian kukus dengan campuran bawang putih dan jahe untuk menghasilkan wangi aromatic yang memikat. Setelah matang, jangan lupa menambahkan hiasan daun bawang agar rasanya makin renyah.

Ikan Kakap Kuah Saus
Ikan mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Anda bisa menjadikannya sebagai sajian kukusan yang memiliki rasa lezat. Anda hanya perlu mengukus ikan dengan campuran kecap ikan sebagai sausnya. Sajikan dengan semangkuk nasi panas, dijamin Anda akan tergila-gila dan menambah porsi!

Silky Steamed Eggs
Terburu-buru dan kehabisan bahan untuk membuat makan malam keluarga Anda? Silky steamed eggs yang sederhana dapat menjadi alternatif makanan kukusan yang penuh gizi dan enak. Rasanya pun tidak kalah dibandingkan resep dimsum ayam yang selama ini Anda gemari. Anda hanya perlu mengocok telur ditambah dengan bumbu lada dan garam. Tambahkan daun bawang dan sedikit bubuk bawang putih agar cita rasanya semakin kaya.

Chwee Kueh
Chwee kueh merupakan menu sarapan yang populer di Singapura dan Malaysia. Biasanya, menu ini disajikan hangat dengan topping chai po  atau lobak China dan cabai. Resep chwee kueh sangat mudah jika dibandingkan resep dimsum ayam. Anda hanya perlu mengadon tepung beras dengan campuran garam, kemudian menambahkan lobak China dan cabai yang dicincang di atasnya. Lalu, tinggal kukus hingga matang sebelum siap dinikmati!

Steamed Cabbage Parcels
Menu kukusan yang satu ini sangat sehat. Anda bisa mengonsumsi protein hewani dan sayuran segar sekaligus dalam satu gigitan! Anda hanya perlu mencincang ayam, kemudian membungkusnya dengan kubis yang sudah dikukus hingga lentur terlebih dahulu. Setelah itu, kukus kembali parcel kubis berisi cincangan ayam tersebut sekitar 15 menit sampai benar-benar matang.

Ayam Kukus Bumbu Herbal
Saat cuaca di luar dingin atau Anda merasa tidak enak badan, ayam kukus bumbu herbal adalah jawaban yang tepat. Beberapa herbal yang diperlukan untuk membuat menu kukusan ini, antara lain yu zhu (solomon's seal rhizome) dan dang gui (angelica root). Ini untuk menambahkan sedikit rasa pahit dan aromatik yang menyengat. Kedua herbal tersebut juga ampuh mencegah peradangan pada tubuh Anda. Membuat ayam kukus bumbu herbal memang mudah karena tinggal nyemplung, namun memang proses pengemasannya perlu waktu berjam-jam.

Soon Kueh
Ini merupakan kantong berisi isi yang lezat ini yang cocok untuk sarapan atau teman minum teh. Isi dari kantong Soon Kueh adalah irisan lobak yang menyegarkan, rebung, juga wortel. Nikmati kue kukus tradisional ini dengan bawang merah renyah dan saus manis. Dijamin, Anda bisa tambah terus!

Resep dimsum ayam memang enak. Namun, berbagai menu kukusan lainnya yang mudah dibuat juga layak dicoba.