Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Waktunya Konsultasi dengan Dokter saat Telinga Gatal
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: telinga-gatal-1614172343.jpg]
Telinga gatal bukan suatu kondisi yang boleh diremehkan. Hal ini karena dalam mengatasi rasa gatal itu, kita juga perlu pertolongan dari dokter terkait. Saran itu dikemukanan jika tingkat kegatalan dan telinga berada di fase tertentu. Berkenaan dengan itu, pembaca dianjurkan lekas ke pelayanan kesehatan jika telinga sudah mengeluarkan banyak cairan.
Cairan yang keluar dari telinga ini mengindikasikan kalau anda sedang mengalami infeksi atau luka di telinga bagian dalam. Jika rasa gatal pada telinga disertai dengan keluarnya cairan, maka sudah seharusnya anda menemui dokter terkait agar bisa segera mendapatkan tindakan medis. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa membahayakan anda.
Selanjutnya, anda dianjurkan lekas berkonsultasi dengan dokter apabila telinga gatal disertai dengan adanya pendarahan hebat. Darah yang keluar dari telinga ini disebabkan pecahnya pembuluh darah pada bagian itu. Adapun beberapa penyebab yang mengakibatkan telinga berdarah, yaitu infeksi. Selain itu, bisa disebabkan pula karena cedera kepala, kanker, dan lainnya. 
Berikutnya, imbas dari gatal di bagian telinga adalah terjadinya gangguan pendengaran secara tiba-tiba. Oleh sebab itu, apabila pembaca sudah mengalami gangguan pendengaran karena telinga gatal, segera hubungi dokter untuk konsultasi atau langsung mengambil tindakan medis.
Selain hal tersebut, seperti diketahui bersama, telinga gatal bisa disebabkan karena alergi. Dalam mengatasi alergi, pembaca memang bisa melakukannya sendiri dari rumah. Hanya saja, jika gejala yang ditimbulkan alergi pada telinga sudah semakin parah, lebih baik anda lekas meminta pertolongan dokter.
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan terkait parahnya alergi adalah, sudah muncul kondisi di mana anda sulit bernapas, mengalami muntah secara berkelanjutan, bahkan detak jantung lebih cepat daripada biasanya.
Sementara hal lainnya yang dapat diperhatikan adalah saat telinga gatal yang dialami berlangsung secara terus-terusan. Jika kondisi itu dialami oleh pembaca, langkah bijak yang perlu dilakukan adalah langsung menghubungi dokter terkait. Langsung berkonsultasi dengan dokter memang perlu dilaksanakan terlebih jika pengobatan untuk menghilangkan gatal itu sudah dilakukan, tapi tidak kunjung hilang.
Dari penjelasan singkat di atas, kita semua belajar bahwa telinga gatal memang tidak bisa diremehkan. Kondisi itu dalam banyak kesempatan memang bisa diatasi dan hilang dengan sendirinya. Hanya saja, jika di antara pembaca mengalami kondisi yang telah disebutkan di atas, maka sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.
Namun demikian, langkah yang lebih baik adalah melakukan pencegahan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita mencari tahu apa saja penyebab gatal pada telinga. 
Dihimpun dari berbagai sumber, telinga gatal terjadi bisa karena reaksi alergi yang bersumber dari makanan, kosmetik, perhiasan atau partikel yang ada di udara. Di samping itu, gatal pada telinga bisa juga diakibatkan dari infeksi yang terjadi di telinga.
Selanjutnya, cacar air juga bisa membuat telinga gatal. Sebab, kondisi itu bukan tidak mungkin menyerang bagian telinga penderitanya. Berikutnya, radang tenggorokan, pelik, flu dan telinga kering termasuk juga penyebab yang bisa membuat telinga terasa gatal.
Dari beberapa ragam penyebab tersebut, kita dapat mereka-reka apa saja langkah pencegahan yang perlu dilaksanakan. Pada intinya, menjaga kesehatan adalah upaya pencegahan yang paling utama. Hal ini dikemukakan karena telinga gatal bukannya suatu kondisi yang berdiri tunggal, tetapi kemunculannya didorong oleh kondisi lain yang dialami oleh tubuh.
Akhir paragraf, demikianlah artikel ini disampaikan kepada pembaca. Semoga usai membaca tulisan singkat ini, kita bisa lebih peduli lagi dan tidak meremehkan kondisi telinga gatal. Meskipun terkesan remeh, tapi bila rasa gatal pada telinga dibiarkan begitu saja, malah bisa merugikan diri sendiri. Menjaga kesehatan dan kebersihan telinga merupakan pencegahan paling utama dan efektif yang bisa kita terapkan.