Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Manfaat Kesehatan Kurma Safawi
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: kurma-safawi-02.jpg]


Bulan Ramadhan telah tiba. Hampir seperti menjadi sebuah tradisi di Indonesia, konsumsi buah kurma pada bulan suci ini menjadi meningkat. Salah satu jenis kurma yang menjadi favorit adalah kurma Safawi. Namun, tidak hanya dikenal karena rasanya yang lezat, kurma Safawi ternyata mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Artikel ini akan membahas seputar manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi kurma Safawi. 

Kurma Safawi adalah kurma dengan tekstur yang lembap, lembut, dan memiliki rasa sangat lezat. Kurma jenis ini tumbuh di Madinah, Arab Saudi. Kurma Safawi memiliki warna hitam gelap, dengan tampilan dan rasa yang mirip dengan kurma Medjool. Di Arab Saudi sendiri, kurma Safawi sangat digemari dan dicari karena rasa yang lezat, manfaat kesehatan yang beragam, dan harga yang relatif sangat terjangkau. Adapun beberapa manfaat dari konsumsi kurma Safawi di antaranya adalah:
  • [font=Calibri, sans-serif]Membantu mengatasi konstipasi[/font]
Salah satu manfaat kesehatan utama dari kurma Safawi adalah kandungan nilai nutrisinya yang tinggi. Beberapa nutrisi penting tersebut adalah zat besi dan kalsium. Dalam 20 gram sajian kurma Safawi, Anda akan mendapatkan 1 persen zat besi dan 1 persen kalsium. Kurma Safawi juga kaya kandungan serat, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium. Asupan nutrisi yang baik dapat membantu menjaga lambung tetap sehat, sehingga mereka yang menderita konstipasi dapat merasa lega dengan lebih mudah. 
  • [font=Calibri, sans-serif]Obat gangguan usus[/font]
Manfaat kesehatan kurma Safawi lain adalah kemampuannya dalam mengobati gangguan usus karena kandungan zat besi dan kalsium yang dimilikinya. Kurma berukuran sedang kaya kandungan kalsium dan zat besi yang dapat membantu menyembuhkan gangguan usus dan bahkan membantu mencegah gangguan tersebut terjadi. 
  • [font=Calibri, sans-serif]Baik untuk kesehatan jantung[/font]
Manfaat lain konsumsi kurma Safawi dengan rutin adalah kemampuannya dalam menjaga jantung tetap sehat. Kurma tinggi kandungan energi dengan 0 persen kandungan lemak, sehingga membuatnya menjadi makanan yang sangat ramah untuk jantung. Kurma Safawi dapat menjaga otot jantung tetap kuat sehingga jantung menjadi sehat. Menambahkannya ke dalam diet Anda juga dapat membantu meringankan gejala gangguan kesehatan jantung. 
  • [font=Calibri, sans-serif]Pemanis alami yang baik[/font]
Kurma adalah sumber fruktosa, yang mana merupakan jenis gula alami yang ditemukan di buah-buahan. Oleh karena alasan inilah, kurma Safawi memiliki rasa yang manis dengan citarasa mirip caramel. Kurma menjadi pilihan pengganti gula putih yang sehat pada resep masakan karena nutrisi, serat, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. 

Cara terbaik cara mengganti gula putih dengan kurma Safawi adalah dengan mengubahnya menjadi adonan kurma (campur kurma dengan air dalam blender). Anda bisa mengganti gula dengan adonan kurma dengan rasio perbandingan 1 banding 1. Misalnya, apabila resep yang Anda buat membutuhkan 1 cup gula putih, Anda hanya perlu menggantinya dengan 1 cup adonan kurma Safawi. Meskipun demikian, penting untuk diingat walaupun kurma Safawi tinggi kandungan serat dan nutrisi, kurma juga tinggi kandungan kalori, sehingga konsumsi buah ini harus dibatasi. 

Kurma Safawi adalah buah yang sangat sehat untuk dimasukkan ke dalam diet harian Anda. Kurma Safawi kaya kandungan nutrisi, seperti serat dan antioksidan, semuanya mampu memberikan kandungan kesehatan yang baik, mulai dari meningkatkan pencernaan dan mencegah konstipasi, hingga mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Meskipun demikian, konsumsi kurma Safawi dalam jumlah yang cukup, karena buah ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.