Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Bubur Milna 6 Bulan, Pilihan Tepat Untuk Mengenalkan Tekstur Ke Bayi Anda!
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: d97e3be92024a5385a06cc064c78b64ef6e8cb50...7306e8.jpg]
Gerakan si kecil yang semakin aktif tentunya menjadi alasan WHO untuk merekomendasikan MPASI untuk anak mulai usia 6 bulan sebagai tambahan nutrisi. Namun tentunya pemberian MPASI juga tidak boleh sembarangan. Anda sebagai Ibu perlu memperkenalkan tekstur makanan secara bertahap agar si kecil mampu beradaptasi. Salah satunya bisa dimulai dengan menggunakan bubur milna 6 bulan. Bubur instan ini merupakan makanan pendamping yang bisa Anda gunakan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi, serta pengenalan tekstur makanan pada si kecil.

Kandungan yang terdapat pada bubur milna 6 bulan aman karena diproses secara alami tanpa pestisida, bahan pengawet dan bahan kimia buatan lainnya sehingga bagus untuk makanan bayi. Nutrisi yang terdapat dalam produk ini juga sangat lengkap, yaitu tinggi protein tanpa bahan pengawet dan pewarna, tinggi serat, tinggi kalsium, omega 3 dan 6 kaya zn dan fe, 15 vitamin dan 8 mineral.
Dalam proses MPASI ini, terdapat tahapan tekstur yang harus Anda ketahui. Tahapan tekstur ini merupakan proses yang harus diperhatikan agar nutrisi dan minat makan pada bayi Anda menjadi lebih terkontrol. 

[b]1. Usia 6 Bulan[/b]


Pada awal tahap MPASI, tentunya si kecil masih memasuki tahap adaptasi. Ia baru mengenal makanan padat untuk pertama kalinya. Untuk itulah makanan perlu dibuat semi likuid untuk mencegah bayi tersedak. Tekstur MPASI bayi 6 bulan adalah halus semi cair. Anda perlu menghaluskan makanan menjadi bubur atau puree dengan tekstur yang sangat halus. Tidak terlalu kental, namun juga tidak boleh cair seperti air. Tekstur yang demikian membuat bayi perlahan dapat membiasakan diri dengan makanan padat.


[b]2. Usia 7-8 Bulan[/b]


Memasuki usia 7 bulan, tekstur MPASI bayi sudah mulai naik. Jika sebelumnya tekstur makanan sangat halus, kini ia sudah diperbolehkan untuk mencoba menu MPASI dengan tekstur agak kasar. Anda hanya perlu memblender makanan saja, tanpa perlu menyaringnya lagi. Namun jangan diblender sampai halus.

Tekstur MPASI dengan blender kasar ini perlu dipertahankan hingga bayi menginjak usia 8 bulan. Jika bayi menolak naik tekstur, berikan secara bertahap, namun jangan sampai mengulang tekstur halus lagi seperti saat usianya 6 bulan. Karena jika mengulang, bayi akan kembali kesulitan untuk beradaptasi.

[b]3. Usia 9-10 Bulan[/b]


Di usianya yang menginjak 9 bulan, tekstur MPASI perlu dinaikkan. Kini ia sudah dapat diperkenalkan dengan makanan tanpa diblender. Anda hanya perlu mencacah makanan tersebut dan membuatnya menjadi bubur kasar. Contoh makanan untuk bayi usia 9 bulan antara lain bubur tim, bubur tanpa disaring, serta makanan yang dicincang. Cara pemberian serta tekstur MPASI bayi dengan metode ini perlu dipertahankan pada bayi hingga usianya 10 bulan. 


[b]4. Usia 11 Bulan[/b]


Masuk ke usia 11 bulan, ia sudah siap untuk naik tekstur lagi. Jika sebelumnya bayi diberikan makanan tanpa disaring atau bubur kasar, kini sudah waktunya ia mencoba nasi tim. Tanpa perlu disaring tentunya. Nasi tim memiliki tekstur yang agak lembek namun tetap dapat dijadikan sarana latihan si kecil untuk masuk ke tahap berikutnya. Nantinya ia sudah harus bisa mengenal tekstur nasi sebagai makanan utamanya, oleh karena itu bayi perlu latihan makan nasi tim kasar tanpa saring.


[b]5. Usia 12 Bulan[/b]


Di usia 12 bulan, si kecil juga perlu diberikan makan dengan frekuensi yang lebih sering. Jika ia sulit makan, berikan makanan sedikit demi sedikit saja namun sering. Memang ada bayi yang memiliki ukuran lambung kecil, sehingga ia tidak sanggup untuk makan dalam porsi banyak sekaligus.

Pemberian menu keluarga di usia 12 bulan membuat bayi lebih mudah untuk berganti menu makanan setiap harinya. Namun sebaiknya hindari bumbu-bumbu tajam seperti cabe dan lada, tunda pemberiannya sampai ia berusia 24 bulan.
Itulah tahapan tekstur yang sesuai dengan usia bayi Anda. Bubur milna 6 bulan ini akan sangat membantu Anda untuk mengenalkan tekstur makanan pada tahap 1. Meski begitu, Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan MPASI kepada si kecil agar nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi dengan baik.