Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Pembelajaran Daring
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.

[Image: metode-pembelajaran-jarak-jauh-mungkin-a...776023.jpg]



Virus Corona atau COVID-19 memberikan dampak yang buruk bagi sebagian besar sektor, salah satunya termasuk pendidikan. Untuk mencegah penyebaran virus Corona di sekolah, sebagian sekolah perlu menerapkan pembelajaran daringSebagian sekolah perlu menerapkan metode tersebut karena sebagian sekolah tidak berada di zona hijau atau kuning. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, sekolah dapat memberlakukan pembelajaran tatap muka jika sudah berada di zona hijau atau kuning, namun dengan jumlah kapasitas yang terbatas. Siswa dapat melakukan pembelajaran tatap muka jika orang tua setuju dengan keputusan tersebut.


Kelebihan Dari Pembelajaran Daring
Jika siswa melakukan pembelajaran daring, mereka akan memperoleh beberapa hal sebagai berikut:
  • [font=Arial][b]Penghematan[/b][/font]
Jika Anda seorang siswa atau mahasiswa dan belajar secara online, Anda akan menghemat waktu untuk mempersiapkan diri untuk menghadiri kelas. Jika Anda belajar di sekolah, Anda mungkin perlu mempersiapkan diri di waktu yang lebih awal karena Anda perlu pergi ke tempat tersebut. Waktu tempuhnya juga bisa bervariasi karena mungkin Anda menghadapi hal yang tak terduga seperti kemacetan.
Jika Anda belajar secara online, Anda hanya perlu siapkan gawai Anda dan koneksi internet yang baik. Anda tidak hanya menghemat waktu, Anda juga bisa menghemat uang untuk transportasi.
  • [font=Arial][b]Fleksibilitas[/b][/font]
Kelebihan lain dari pembelajaran daring adalah fleksibilitas. Anda bisa belajar di manapun dan kapanpun (jika guru atau dosen merekam sesi pembelajaran). Selain itu, jika guru atau dosen tidak meminta Anda untuk menyalakan facecam, Anda tidak perlu berdandan seperti ketika Anda masuk sekolah.
Metode pembelajaran secara online mungkin cocok bagi Anda yang sudah kerja, namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk datang ke sekolah atau kampus.
  • [font=Arial][b]Mengurangi penyebaran virus Corona[/b][/font]
Manfaat yang paling penting dari pembelajaran daring adalah mencegah penyebaran virus Corona. Untuk sementara, sebagian sekolah perlu membatasi jumlah siswa supaya mereka dapat menerapkan social distancing ketika berada di kelas.



Kekurangan Dari Pembelajaran Daring
Jika siswa perlu melakukan pembelajaran daring, siswa atau guru bisa mengalami kendala berikut:
  • [font=Arial][b]Gawai[/b][/font]
Tidak semua siswa mampu membeli gawai. Oleh karena itu, siswa mungkin perlu belajar dengan teman atau guru di suatu lokasi untuk mendukung pembelajarannya.
  • [font=Arial][b]Internet[/b][/font]
Tidak semua wilayah memiliki akses internet sehingga sebagian siswa perlu mencari tempat yang lebih baik supaya bisa fokus untuk belajar. Selain akses internet, sebagian wilayah mungkin juga tidak memiliki koneksi internet yang baik dibandingkan dengan wilayah lain.
  • [font=Arial][b]Kurangnya interaksi di kelas[/b][/font]
Walaupun siswa diberikan fleksibilitas, sebagian siswa mungkin melakukan hal lain seperti bermain game ketika berada di kelas secara online. Sebagian siswa mungkin juga merasa kecewa karena tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan siswa lain.


Tips Untuk Belajar Secara Optimal
Untuk memberikan pembelajaran daring secara optimal, berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan siswa atau guru:
  • [font=Arial][b]Materi untuk belajar[/b][/font]
Jika siswa ingin mempersiapkan diri untuk tugas atau ujian, siswa setidaknya belajar dari materi-materi yang esensial atau yang disarankan oleh guru. Hal tersebut dapat mempermudah siswa untuk belajar.
  • [font=Arial][b]Latihan dan tugas[/b][/font]
Untuk memastikan siswa aktif di kelas, guru dapat memberikan siswa latihan. Tugas juga dapat diberikan untuk membantu siswa semakin paham tentang subjek tersebut.
  • [font=Arial][b]Batas waktu[/b][/font]
Untuk memastikan siswa dapat menyeimbangkan waktu antara belajar dan bermain, guru dapat memberikan tugas yang ada batas waktu.


Kesimpulan
Pada dasarnya, pembelajaran daring dapat memberikan beberapa manfaat. Pembelajaran daring juga memiliki kelemahan. Oleh karena itu, guru dapat melakukan cara-cara yang disebutkan di atas untuk memastikan siswa belajar dengan baik.