Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Terbebas dari Multiple Sclerosis adalah Tentang Cara Menghindarinya
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: multiple-sclerosis-1550562878.jpg]


Multiple sclerosis adalah penyakit yang berpotensi melumpuhkan otak dan sumsum tulang belakang. Pada penderita penyakit multiple sclerosis, sistem kekebalan tubuh yang seharusnya menyerang benda-benda asing agar tidak masuk ke dalam tubuh, justru berbalik menyerang sel-sel saraf dalam tubuh.

Pada penyandang multiple sclerosis, sistem kekebalan tubuh akan menyerang  selubung pelindung yang menutupi serabut saraf pusat (myelin). Apabila terjadi kerusakan pada myelin, maka komunikasi antara otak dan bagian tubuh kalian akan terganggu, sehingga para penderita multiple sclerosis dapat mengalami kelumpuhan.

Penyakit multiple sclerosis belum ditemukan pengobatan praktisnya, akan tetapi ada obat atau cara-cara untuk mengurangi dan menghambat gejala dari multiple sclerosis.
Berikut ini, adalah beberapa pemicu yang dapat memperparah kondisi multiple sclerosis dan cara-cara menghindarinya:

Stres
Terlalu banyak stres dapat semakin memperburuk gejala-gejala multiple sclerosis. Oleh karena itu, sebaiknya para penderita multiple sclerosis harus mengelola perasaan dan pikirannya dengan baik. Segera temukan aktivitas relaksasi, seperti yoga, meditasi, dan pelatihan pernapasan. Dengan menghilangkan stress, akan dapat membantu mengurangi risiko memburuknya gejala multiple sclerosis. 

Panas
Multiple sclerosis adalah penyakit yang bisa bertambah parah jika bersinggungan dengan sesuatu yang panas, mulai dari paparan matahari, sauna, atau pemandian air panas buatan. Ini terjadi karena panas membuat kekebalan tubuh penderita lemah tidak seperti orang normal pada umumnya.

Dengan begitu, sebaiknya seseorang menghindari semua kegiatan yang berhubungan dengan tempat-tempat panas, seperti sauna, pemandian air panas, dan tempat bersuhu tinggi lainnya. Pada hari-hari panas, hindari terpapar matahari langsung, gunakan pakaian longgar dan berwarna terang, serta tetap berada di tempat teduh sebanyak mungkin.

Kurang Tidur
Tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, karena saat kita tidur tubuh mulai memperbaiki diri dari dalam. Namun sayangnya, banyak penderita multiple sclerosis yang mengalami kesulitan untuk tidur. Hal ini karena gejala-gejala seperti kejang otot, kesemutan, dan rasa sakit yang membuat penderita multiple sclerosis semakin sulit untuk memejamkan mata.
Dan cara mengatasinya adalah dengan mengkonsultasikannya dengan dokter. Pasalnya, dokter akan mencarikan jalan keluar terbaik untuk mengelola kelelahan, sehingga kamu dapat tidur dengan lebih nyaman.

Merokok
Rokok atau produk olahan  dari tembakau lainnya dapat semakin memperburuk kondisi penderita multiple sclerosis  yang dapat membuat penyakit itu cepat berkembang. Dan dengan merokok, juga dapat mempercepat gejala kelumpuhan akibat penyakit multiple sclerosis.

Penderita atau mereka yang ingin menghindari multiple sclerosis adalah menjadi kewajiban berhenti merokok dan menghindar dari orang-orang yang merokok.

Kekurangan vitamin D
Seseorang dengan kadar vitamin D lebih rendah akan memiliki risiko lebih tinggi mengalami  pembengkakan, dibandingkan dengan orang yang kadar vitamin D-nya tinggi. Vitamin D dapat melindungi agar gejala multiple sclerosis tidak semakin berkembang.
Solusinya, kamu bisa meminta dokter untuk memantau kadar vitamin D dalam tubuhmu secara rutin. Selain itu, mengonsumsi suplemen dan paparan sinar matahari di waktu tertentu, dapat membantu meningkatkan vitamin D dalam tubuhmu. Dan akan lebih baik lagi jika kamu berkonsultasi dengan dokter mengenai suplemen yang tepat dan kapan waktu yang baik untuk terkena sinar matahari.

Kelelahan
Faktor ini juga tidak kalah penting untuk dihindari bagi penderita multiple sclerosis. Seperti yang telah dijelaskan pada poin ketiga, bahwa para penderita multiple sclerosis akan kesulitan untuk tidur. Dan banyak dari mereka tetap memaksakan diri untuk melakukan aktivitas sehari-hari walaupun tanpa tidur. Dengan memaksakan diri secara fisik maupun mental dapat semakin memperburuk multiple sclerosis. Maka bijaknya, tenangkan diri, ikuti isyarat tubuh yang kelelahan, dan jangan terlalu memaksakan diri.

Dari penjelasan diatas dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa terbebas dari multiple sclerosis adalah soal mengerti segala sesuatu yang berpotesi memicunya atau membuatnya bertambah parah. Beberapa hal di atas mungkin sesuai dengan anjuran dokter, meski kamu perlu mengeceknya ulang kepada yang bersangkutan.