Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Berbagai Jenis Lipstick yang Perlu Diketahui
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: 9899765347245-1-1.jpg]

Lipstick merupakan salah satu produk make-up yang tidak boleh terlewat oleh kaum hawa saat berdandan. Tak hanya berfungsi sebagai alat riasan wajah semata, lipstick juga memberikan manfaat lainnya seperti menyegarkan bibir, menambah kepercayaan diri, menyamarkan kekurangan pada bibir, meningkatkan mood, dan agar bisa tampil beda.
Seiring berkembangnya produk make-up, jenis lipstick kini makin beragam. Banyaknya jenis lipstick yang ditawarkan oleh brand-brand make-up membuat para wanita memiliki keleluasaan untuk berkreasi yang sesuai dengan trend kecantikan terkini. Selain itu, Anda bisa memilih lipstick dengan hasil akhir yang matte, glossy, hingga lipstick dengan hasil akhir metalik. Lalu, apa saja perbedaan dan fungsi lipstick-lipstick tersebut?

1. Sheer Lipstick
Lipstick bertekstur sheer tidak memiliki pigmentasi yang kuat. Jika dipulaskan, warnanya tak akan menutupi seluruh warna bibir alami, melainkan hanya menambah sedikit rona. Lipstick jenis ini biasanya memiliki kandungan moisturizer yang tinggi sehingga tepat untuk menjaga kelembapan bibir, layaknya lip balm. Gunakan lipstick matte favorit Anda atau tak perlu tambahkan apa pun untuk everyday look yang natural.

2. Creamy Lipstick
Creamy lipstick teksturnya sangat nyaman di bibir dan mampu memberikan warna yang intens dengan efek dewy. Sebaiknya aplikasikan creamy lipstick menggunakan kuas setelah memulaskan lip liner dalam warna yang senada. 
Lip liner berfungsi untuk menjaga lipstick tetap rapi dan tahan lama. Jika ingin membuat creamy lipstick menjadi matte, cukup tempelkan dan tekan-tekan tisu di atas bibir setelah mengenakan lipstick.

3. Matte Lipstick
Lipstick bertekstur matte merupakan jenis lipstick yang paling dikagumi banyak wanita karena sangat pigmented, tahan lama dan sama sekali tidak berkilau. Belakangan ini, lipstick matte banyak muncul dalam bentuk liquid yang membuatnya semakin mudah diaplikasikan. Namun, lipstick jenis ini biasanya membuat bibir kering dan dapat memperjelas garis-garis bibir.
Selain itu, lipstick matte berwarna gelap juga dapat membuat bibir terlihat kecil. Maka, penting untuk memilih rona yang tepat dengan formula pelembab yang cukup baik. Jika Anda sangat menyukai lipstick matte, jangan lupa untuk merawat bibir menggunakan lip balm, bubuhkan madu sebelum tidur dan eksfoliasi bibir secara rutin agar terhindar dari pecah-pecah.

4. Satin Lipstick
Satin lipstick memberi efek polesan yang hampir mirip dengan matte lipstick dan memiliki kandungan pelembab yang lebih tinggi dan memberi kesan mengkilap seperti sheer lipstick. Saat dipulaskan di bibir, satin lipstick berkesan lembut dan tipis serta perlu dioleskan berkali-kali agar warnanya lebih keluar. Hasil yang diperoleh dari penggunaan satin lipstick yaitu warna bibir akan tampak lebih kuat namun memberi efek yang berkilau.

5. Frosty Lipstick
Frosty lipstick atau disebut juga pearlescent lipstick adalah lipstick dengan taburan shimmer yang berlimpah, umumnya dalam tekstur yang creamy. Saat dipulaskan, lipstick ini akan melapisi bibir dengan nuansa keperakan dan memberi nuansa icy look yang tidak selalu cocok dengan semua orang. Mungkin itu sebabnya lipstick yang pernah berjaya di tahun 80-an ini tak mampu mampu mempertahankan eksistensinya hingga sekarang.

6. Lip Tint
Diciptakan untuk mempercantik warna alami bibir Anda, menghadirkan warna yang lebih menempel dan tahan lama, tetapi tidak full coverage seperti lipstick. Mayoritas lip tint atau lip stain berbentuk cair, namun beberapa hadir juga dalam bentuk pensil, spidol, atau krim. Produk ini merupakan senjata yang tepat untuk menciptakan gradient lips atau just bitten lips yang sedang tren. Caranya, pulaskan lip tint atau lip stain berwarna muda pada seluruh bibir, lalu baurkan warna yang lebih tua dengan jari tangan, hanya pada bagian tengah bibir.

7. Moisturizing Lipstick
Moisturizing lipstick mengandung bahan-bahan alami seperti vitamin E, lidah buaya, hingga glycerin yang berfungsi melembabkan bibir. Selain itu, moisturizing lipstick mampu melembutkan dan menghaluskan bibir serta memberi kesan berkilau pada bibir.

8. Palette Lipstick
Palette lipstick menjadi pilihan para wanita karena sangat praktis dengan banyaknya variasi pilihan warna dalam satu tempat. Untuk memoleskan palette lipstick, kamu memerlukan kuas aplikator yang tersedia dalam kotaknya. Harga palette lipstick relatif murah jika dibandingkan membeli lipstick per warna.
***
Banyaknya jenis lipstick mungkin akan membuat Anda bingung untuk memilih mana yang cocok dengan Anda. Pilihlah lipstick yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Pemakaian lipstick yang berlebihan dapat menimbulkan permasalahan seperti bibir kering. Dengan mengenali jenis-jenis lipstick beserta kegunaannya, Anda dapat memakai lipstick dengan nyaman.