Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Kenali Penyebab Gelisah Ini untuk Hidup Lebih Tenang
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: penyebab-gelisah.jpg]

Kondisi tidak nyaman bukan hanya disebabkan oleh adanya gangguan pada fisik Anda. Ketidaknyamanan juga bisa muncul ketika mental Anda diliputi kegelisahan dan kekhawatiran. Pada saat itu, Anda menjadi tidak mampu berpikir dengan baik dan rentan mengalami masalah fisik penyerta. 

Mengetahui penyebab gelisah dapat membuat Anda lebih menyadari bahwa kondisi tersebut tidak perlu terlalu Anda khawatirkan. Dengan demikian, Anda pun dapat menjalani hidup dengan lebih tenang dan santai.

Penyebab gelisah sampai saat ini masih belum teridentifikasi dengan pasti. Namun selain karena adanya gangguan psikis dan emosional, penyebab gelisah juga bisa muncul dari kegiatan Anda sehari-hari maupun pengalaman yang tidak menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa penyebab gelisah yang sangat sering dialami oleh orang banyak.
  • Pekerjaan Menumpuk
Tumpukan pekerjaaan bisa sangat mudah menjadi penyebab gelisah. Kegelisahan muncul karena Anda berpikir bisa tidaknya Anda menyelesaikan itu semua secara baik dan tepat waktu. Pekerjaan yang menumpuk ini tidak terbatas pada pekerjaan kantor, melainkan juga sangat mungkin menyasar pekerjaan rumah tangga yang tidak kunjung usai karena terulang berulang. 
  • Keretakan Hubungan
Hubungan yang memburuk, baik dengan keluarga, pasangan, teman, maupun kolega; juga dengan mudah menimbulkan kekhawatiran bagi siapapun yang tertimpa. Keretakan hubungan akan membuat Anda merasa gagal dan menimbulkan potensi trauma. Padahal bisa saja, keretakan hubungan yang telah terjadi sejatinya menguntungkan bagi Anda.
  • Perundungan dan Pelecehan
Perundungan maupun pelecehan secara verbal, fisik, maupun emosional sangat tidak menyenangkan bagi siapapun yang mengalami. Jika Anda yang mengalaminya pula, sangat mungkin Anda merasa trauma dan menjadi penuh kegelisahan menjalani hari-hari. Yakinkan pada diri Anda bahwa orang-orang yang merundung Anda tidak lebih baik dari pribadi Anda.  Justru dengan bertahan dan keluar dari perundungan tersebut, Anda bisa lebih kuat.
  • Kematian dan Kehilangan Seseorang
Menjadi penuh gelisah dan khawatir sehabis kehilangan atau kematian seseorang sangatlah wajar. Namun ingatlah, hidup mesti harus berlanjut. Seseorang yang telah tiada tersebut tentu tidak ingin Anda terjebak pada perasaan gelisah terus-menerus sehingga tidak mampu beraktivitas optimal. Pahamilah kehilangan dan kematian adalah siklus yang selalu ada dalam hidup siapapun. Bersedih beberapa waktu karena itu tidak menjadi masalah. Akan tetapi, jangan sampai Anda menjadi gelisah terus-menerus karena menakuti kematian dan kehilangan apa yang selanjutnya menjumpai Anda. 
  • Melewatkan Waktu Makan
Anda mungkin tidak menyangka bahwa melewatkan waktu makan bisa menjadi penyebab gelisah. Umumnya ketika melewatkan waktu makan yang sudah menjadi kebiasan, seseorang akan mudah merasa kesal dan sedih, bahkan muncul perasaan gugup, gelisah, dan khawatir yang berlebihan. Semua kondisi tersebut karena kadar gula darah dalam tubuh menurun ke level yang lebih rendah dari seharusnya.
  • Berpikiran Negatif
Pikiran negatif bukanlah hal yang timbul begitu saja. Umumnya, pikiran negatif terbayang karena Anda memang merancangnya. Padahal, belum tentu hal buruk yang Anda pikirkan benar-benar terjadi. Pikiran-pikiran negatif inilah yang akhirnya menggiring Anda ke kondisi kegelisahan dan kecemasan berlebih. Mulai sekarang, cobalah untuk berpikir positif di tiap keadaan dan menghindari asumsi yang tidak diperlukan.
  • Kondisi Keuangan
Kondisi keuangan seseorang rentan menjadi penyebab gelisah. Umumnya, orang memiliki rasa takut akan mampu atau tidaknya kondisi keuangan yang ada padanya membawa pada kesejahteraan. Tanpa disadari, pikiran yang berlebihan terhadap kondisi keuangan tersebut telah membuat hari-harinya tidak sejahtera karena hidup dalam rasa gelisah. Jangan berlebihan menakuti kondisi keuangan. Mulailah buat perencanaan keuangan yang nyata dan pastikan selalu untuk menabung dan berinvestasi guna kondisi keuangan yang aman di masa depan.
***

Selain berbagai penyebab gelisah di atas, masih banyak pemicu lain yang membuat Anda diliputi rasa khawatir. Usahakan untuk lepas dari perasaan tersebut. Apabila tidak mampu sendiri, Anda bisa mencoba meminta bantuan tenaga profesional, seperti psikolog.