Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Inilah Tips Mengatasi Kelelahan Saat Mengalami Zoom Fatigue
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Pandemi menyebabkan banyak aktivitas harus dikerjakan di rumah secara daring. Video conference pun menjadi rutinitas sehari-hari yang wajib dilakukan. Terkadang batasan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan kantor atau sekolah menjadi samar bahkan hilang. Gangguan zoom fatigue pun mulai muncul, kondisi ini ditandai dengan kelelahan akibat sering melakukan video conference. 

Gejala yang muncul akibat zoom fatigue diantaranya cepat lelah dan otot terasa pegal, fokus berkurang, motivasi menurun, mudah tersinggung, respon lambat, serta kemampuan mengolah info yang lamban. Berikut ini tips agar Anda bisa terhindar dari zoom fatigue: 
Persiapkan diri sebelum memulai video conference

Meskipun terdengar sepele, namun hal-hal kecil justru bisa meningkatkan energi dan semangat Anda. Lakukan kegiatan yang membuat Anda nyaman. Berikut ini beberapa persiapan yang bisa dilakukan sebelum memulai video conference:
Menyiapkan aromaterapi di ruangan atau oleskan di kulit Anda
Memijat pelipis dengan lembut
Mandi dan pakai wewangian
Tarik napas dalam-dalam sebelum memulai video conference atau saat waktu jeda. Hal ini bisa mengurangi kelelahan dan stres. Sebuah studi menunjukkan, aromaterapi mampu mengurangi tingakt stres dan kecemasan.
Lakukan aktivitas fisik ringan saat istirahat
Sediakan waktu 10-20 menit saat istirahat untuk sekadar melakukan peregangan dan aktivitas fisik ringan seperti berjalan-jalan di sekitar ruangan. Selain menyegarkan pikiran, aktivitas tersebut juga mampu membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks.
Selain itu, pastikan untuk tetap melakukan olahraga rutin 30 menit setiap hari. Jika selama pandemi beraktivitas di luar rumah dirasa membahayakan, Anda bisa berolahraga di dalam ruangan menggunakan panduan video Youtube.
Mewajarkan gangguan jaringan yang mungkin terjadi
Anda harus tahu, apabila terjadi respon yang lambat saat video conference maka hal tersebut merupakan kejadian yang wajar. Rata-rata respon lawan bicara akan terlambat selama 1,2 detik. Anda tak perlu merasa tidak dihargai atau tidak direspon dengan baik oleh lawan bicara.
Batasi video conference jika dirasa tidak penting
Rasa lelah karena zoom fatigue akan berkurang jika Anda membatasi jumlah video conference. Apabila tidak membutuhkan interaksi aktif, Anda bisa menggunakan email atau chating. Berikan batasan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan atau sekolah. Hindari mengerjakan tugas di luar jam yang telah Anda tentukan. 
Jujur pada orang sekitar saat mengalami zoot fatigue
Jangan sungkan untuk memberitahu tim di kantor atau teman-teman di sekolah saat merasa sangat lelah atau stres. Akan tetapi, lakukan tugas dengan maksimal sesuai jadwal untuk membuktikan bahwa Anda tetap bertanggungjawab terhadap pekerjaan atau tugas yang telah diberikan.
Atasi dengan hal-hal bersifat teknis
Pengaturan aplikasi secara teknis juga bisa membantu Anda lebih nyaman saat melakukan video conference. Berikut ini pengaturan teknis yang bisa Anda lakukan:
Matikan kamera saat daring. Cara ini mampu mengurangi stres karena melihat banyak orang di layar komputer atau laptop Anda.
Gunakan latar belakang virtual. Banyak aplikasi yang menyediakan pengaturan tersebut sesuai gambar yang diinginkan serta jenis pertemuan yang Anda lakukan.
Zoom fatigue wajar terjadi pada seseorang yang mengalami transisi metode tatap muka langsung menjadi daring. Dalam keadaan yang lebih serius, zoom fatigue bisa mengganggu produktivtas Anda. Oleh karena itu, segera ambil tindakan dan bicarakan dengan orang-orang sekitar untuk mencegah risiko gangguan mental.