Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Cara Menghilangkan Stres Bersama Pasangan Selama Pandemi Covid-19
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: cara-menghilangkan-stres-bersama-pasangan.jpg]


Ruang gerak yang sempit dan rutinitas yang sama selama pandemi Covid-19 membuat sebagian besar orang yang menjalani karantina merasa tertekan. Ditambah dengan kecemasan atas hal yang tidak pasti, misalnya kondisi keuangan yang menipis, atau kapan wabah ini berakhir.
Stres dapat memperburuk keintiman antara Anda dan pasangan. Untuk mencegah hal itu terjadi Anda bisa mencari cara menghilangkan stres bersama pasangan selama di rumah.
Hal yang diperlukan untuk mengatasi stres
Ketika stres sudah berdampak pada hubungan dan timbul berbagai masalah, bukan berarti hubungan Anda menjelang kehancuran. Meskipun sulit, hal itu harus segera diperbaiki untuk mencegah hubungan Anda benar-benar berakhir.
Untuk membantu meredakan stres yang dialami oleh pasangan selama pandemi Covid-19, berikut sikap dasar yang perlu Anda lakukan:
1.    Menerima dan menyetujui
Carilah pemicu stres yang dialami, dan akui fakta bahwa situasinya membuat stres dan Anda maupun pasangan tidak bisa disalahkan. Tapi ingatlah bahwa beberapa masalah tidak memiliki solusi yang mudah dan jelas.

Misalnya pandemi Covid-19 yang memukul ekonomi seluruh orang sehingga tidak bisa disalahkan jika kondisi keuangan Anda dan pasangan tidak stabil. Dengarkan segala keluh kesahnya, dan berikan ia dukungan.

2.    Bersikap fleksibel dan saling toleransi
Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda saat stres. Anda bisa menjadi lebih kaku, menarik diri, atau melakukan suatu aktivitas secara berlebihan.

Karena hubungan yang baik berjalan dua arah, sebisa mungkin hindari ego dan bersikaplah fleksibel dengan pembagian tugas. Menghargai dan menoleransi reaksi stres yang diperlihatkan pasangan juga akan sangat membantu.

3.    Tetap terhubung dan saling mengasihi
Seseorang yang sedang melalui masa sulit cenderung merasa tidak berdaya. Meski pasangan menarik diri dari Anda dan membuat hubungan Anda merenggang, Anda tetap bisa melakukan hal kecil agar bisa tetap terhubung dengannya.

Misalnya, menyiapkannya makanan, atau tindakan kasih sayang kecil lainnya. Mengajak pasangan untuk berkegiatan bersama juga bisa Anda coba. Cara tersebut merupakan bukti bahwa Anda peduli padanya, sekaligus sebagai upaya merawat hubungan.
Aktivitas bersama pasangan untuk hilangkan stres
Untuk memperkuat hubungan, ada beberapa cara menghilangkan stres bersama pasangan yang bisa Anda lakukan selama karantina di rumah:
1.    Lakukan detoks media sosial
Alih-alih bermain media sosial, akan lebih baik untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama pasangan. Mengurangi interaksi dengan smartphone dan media sosial sangat membantu mengurangi stres akibat informasi terkait Covid-19. Cara ini juga dapat meningkatkan kualitas hubungan Anda.

2.    Olahraga
Olahraga menjadi salah satu media pelepas stres, kecemasan, dan kegelisahan yang efektif. Berolahraga bersama pasangan dapat membuat olahraga terasa lebih menyenangkan. Anda bisa melakukan olahraga di dalam ruangan, misalnya push up, sit up, dan banyak gerakan lainnya.

3.    Meditasi
Meditasi atau melakukan latihan pernapasan dalam lainnya telah terbukti mampu menjernihkan pikiran, meningkatkan suasana hati, dan menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh.

4.    Lakukan hal taktis
Menjernihkan pikiran dengan beralih ke mengaktifkan seluruh indra merupakan teknik dasar yang bagus untuk membantu Anda menjadi lebih tenang dan mengembalikan fokus yang hilang.

Meletuskan gelembung, bermain slime, atau menyortir uang recehan dapat menjadi cara menghilangkan stres bersama pasangan secara cepat.

5.    Menari dan bernyanyi
Menari dan bernyanyi terbukti membantu melepaskan stres, terutama lagu yang energik. Melakukannya bersama pasangan dapat membangkitkan kenangan positif di balik lagu yang kalian pilih. 

6.    Memasak atau membuat kue
Aroma dari hidangan yang lezat dapat mengurangi stres dan meningkatkan perhatian. Memasak suatu hidangan bersama pasangan akan membuat proses memasak menjadi lebih menyenangkan. Anda juga bisa saling menjahili satu sama lain, misalnya saling melempar tepung.

7.    Membersihkan rumah
Beberapa orang menjadikan kegiatan membersihkan rumah sebagai sarana pereda stres yang efektif. Sebuah penelitian menemukan bahwa mencuci piring dapat meredakan stres sekaligus mempertahankan fokus secara lembut.

Jika Anda termasuk ke dalam salah satunya, tak ada salahnya untuk mengajak pasangan ikut terlibat.

8.    Berhubungan seks
Beberapa penelitian menemukan bahwa berhubungan seks membuat tubuh melepaskan dopamin dan endorfin, sehingga membantu Anda melepaskan stres. Salah satu studi membuktikan pasangan yang rutin berhubungan seks memiliki tingkat ketegangan yang lebih rendah.

9.    Luangkan waktu untuk sendirian
Cara menghilangkan stres bersama pasangan tidak selalu harus dilakukan bersama-sama. Meluangkan waktu sendirian baik untuk Anda atau pasangan juga penting.

Gunakan waktu tersebut untuk refkelsi diri, memahami faktor pemicu stres, dan langkah yang bagus untuk memikirkan cara konstruktif untuk menangani kondisi tersebut.

10. Melakukan konseling bersama-sama
Apabila Anda dan pasangan telah melakukan segala upaya namun dirasa kurang efektif, kalian bisa meminta bantuan konselor atau psikolog. Meminta bantuan dari luar, terutama tenaga profesional termasuk dalam senjata ampuh yang harus Anda coba.
Catatan
Setiap orang memiliki cara menghilangkan stres bersama pasangan yang berbeda-beda. Terlepas dari itu semua, pengertian, empati, dan sikap suportif sangat diperlukan agar hubungan Anda dapat melewati segala rintangan yang dihadapi.