Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Pentingnya Medical Check Up Calon Pengantin Pranikah
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: unnamed-3.jpg]

Tes kesehatan atau medical check up calon pengantin amatlah penting untuk dilakukan sebelum pernikahan dilangsungkan. Tahapan ini pun telah menjadi salah satu persyaratan perndaftaran pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA).
Cek kesehatan atau medical check up calon pengantin sangat membantu dalam mengidentifikasi masalah kesehatan dan risikonya untuk diri Anda sendiri dan pasangan. Hal ini juga penting dilakukan untuk mencegah masalah kesehatan (seperti penyakit keturunan) atau keterbatasan pada calon anak Anda. Dengan begitu, upaya pencegahan dapat dilakukan.
Kemudian, untuk bisa hamil sampai melahirkan anak, pasangan suami istri juga harus berada dalam kondisi kesehatan yang optimal. Ini meningkatkan peluang Anda untuk memiliki anak atau keturunan yang sehat. Tentunya, semua calon orangtua mengharapkan hal ini.
·      Apa Saja Medical Check Up Pranikah?
Calon pengantin akan melakukan berbagai macam tes kesehatan untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Tes-tes tersebut telah diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan calon pasangan. Berikut ini adalah tes yang paling umum dilakukan sebagai tahapan medical check up pra nikah:
-     Tes hematologi. Tes ini berfungsi untuk mengetahui apakah terjadi kelainan pada jumlah sel darah atau tidak.
-     Tes urine. Tes ini berguna untuk memeriksa apakah terdapat infeksi saluran kemih dan kelainan ginjal.
-     Tes golongan darah. Tes ini dilakukan untuk mengetahui golongan darah dan rhesus pada pasangan tersebut.
-     Tes gula darah. Tes ini berfungsi untuk melihat kadar gula darah dalam tubuh.
-     Venereal disease research laboratory. Tes ini berfungsi untuk mengetahui penyakit yang berhubungan dengan kelamin.
-     TORCH. Tes ini berfungsi untuk mengetahui adanya infeksi penyakit pada kesuburan pria dan wanita.
Umumnya, beberapa fasilitas kesehatan telah memasukkan semua atau beberapa pemeriksaan kesehatan di atas dalam paket medical check up pranikah. Anda dan pasangan tinggal memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan. Hampir seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia sudah menyediakan fasilitas dan layanan ini.
·      Manfaat Medical Check Up Pranikah
Selain untuk mengetahui penyakit yang terjadi pada pasangan, tes kesehatan calon pengantin juga difungsikan sebagai upaya pencegahan agar penyakit yang terdeteksi tidak menjadi semakin parah. Selain itu medical check up sebelum menikah juga untuk membatasi menyebarnya penyakit darah genetik, seperti anemia sel sabit dan thalasemia, serta penyakit menular seperti hepatitis B dan C, serta HIV/AIDS.
Selain membatasi penularan penyakit, keuntungan lainnya melakukan medical check up pranikah adalah:
-     Membuat calon pengantin lebih memahami arti kehidupan berumah tangga yang sehat secara keseluruhan;
-     Mengurangi beban asuransi kesehatan dan keharusan Palang Merah untuk menyediakan darah; 
-     Mengurangi beban finansial pada keluarga dan lingkungan karena harus mengobati penyakit tertentu;
-     Menghindari munculnya beban sosial dan psikologis pada anak jika menderita penyakit keturunan dari gen orang tuanya.
 
·      Biaya Medical Check Up Pranikah
Banyak hal yang menjadi penyebab calon pasangan sungkan atau enggan melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menikah. Salah satu di antaranya karena biaya tes kesehatan pranikah yang dirasa masih cukup mahal. Anda memang perlu menyiapkan budget khusus untuk menjalaninya, karena biaya tes kesehatan pranikah ini biasanya tidak di-cover oleh asuransi.
Namun, beberapa tes ini bisa dilakukan di beberapa puskesmas secara gratis untuk pemilik kartu BPJS, misalnya tes untuk mendeteksi HIV/AIDS. Biaya tes kesehatan pranikah umumnya bervariasi, tergantung pada seberapa banyak rangkaian tes yang akan dilakukan, rumah sakit mana yang dipilih, serta fasilitas yang ditawarkan.
Persiapan sebelum menikah memang begitu banyak, mulai dari akad hingga resepsi. Belum lagi kini Anda dan pasangan diwajibkan menjalani medical check up sebelum menikah. Pola pikir bahwa medical check up pranikah tidak terlalu penting harus diubah. Sebab, ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dan pasangan dapat melalui tes kesehatan tersebut. Jadi, jangan ragu untuk melakukannya, ya!