Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: 4 Kondisi Pemicu Lutut Sakit Saat Ditekuk
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: 9-penyebab-lutut-sakit-saat-ditekuk-1603350798.jpg]
 
Salah satu bagian tubuh yang berperan penting dalam membantu menopang tubuhmu saat berdiri dan berjalan ialah lutut. Sayangnya ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkan lutut menjadi sakit atau tiba-tiba terasa nyeri saat ditekuk.
Ada banyak kondisi pemicu lutut sakit saat ditekuk yang perlu kamu ketahui. Berikut ini daftar dan penjelasannya.
1. Keseleo
Mengalami keseleo alias terkilir di bagian ligamen yang membantu mestabilkan lutut ternyata juga dapat menjadi penyebab kondisi ini. Ya, jika salah satu dari beberapa ligamen yang ada di lutut sobek atau terlalu tegang, maka kamu lebih mungkin untuk mengalami lutut sakit saat ditekuk atau bahkan hanya sekadar diluruskan. Rasa sakit yang muncul bervariasi tergantung pada seberapa parah kerusakan yang terjadi pada ligamen.
 2. Nyeri pada tempurung lutut (patellofemoral pain syndrome)
Patellofemoral pain syndrome adalah sebuah kondisi ketika kamu merasakan nyeri di bagian patella, yaitu tulang kecil yang ada di lutut. Nyeri yang muncul biasanya terasa di sekitar lutut atau bagian belakang lutut.
Rasa nyeri yang muncul pun dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahannya. Namun biasanya akan terasa lebih menyakitkan apabila lutut kamu mengalami tekanan dalam waktu yang lama.
Contohnya, naik turun tangga, berlari, atau berdiri terlalu lama. Tak hanya itu, menekuk lutut dalam waktu lama pada saat duduk menonton film atau berada di dalam kereta api, juga dapat menyebabkan nyeri.
3. Bursitis
Bursitis adalah peradangan pada bursa, yaitu kantung berisi cairan pelumas yang berada di antara tulang dan jaringan lunak. Biasanya bursitis muncul pada bagian sendi-sendi yang sering digerakkan, misalnya bahu, siku, pinggul, lutut, dan kaki. Kondisi ini bisa menyebabkan lutut kaku dan terasa sakit saat ditekuk.
Kamu lebih mungkin mengalami kondisi ini jika menekuk lutut dan berlutut terlalu lama. Tak hanya itu, mengalami benturan keras karena cedera atau kecelakan di bagian lutut juga dapat menyebabkan kondisi ini.
4. Robekan meniskus
Meniskus adalah lapisan tulang rawan pada lutut yang berfungsi untuk melindungi dan menstabilkan persendian lutut. Jadi, ketika kamu menggerakan sendi lutut, lapisan tulang rawan inilah yang membuat tulang paha dan tulang kering tidak saling bergesekan satu sama lain.
Sobekan meniskus biasanya disebabkan karena kamu tanpa sadar melakukan gerakan memutar pada sendi lutut ketika kaki dalam kondisi menapak dan sendi lutut dalam posisi ditekuk. Cedera pada lutut akibat olahraga atau kecelakaan juga dapat menyebabkan robekan meniskus.
Meniskus yang robek dapat menyebabkan bagian sisi luar atau sisi dalam lutut kamu terasa nyeri, kaku, dan sulit untuk digerakkan. Jika tidak diobati dengan tepat, nyeri dapat kambuh sewaktu-waktu.
5. Penyebab lainnya
Dalam kasus tertentu, kondisi ini juga bisa disebabkan karena kondisi medis yang lebih serius seperti osteoarthritis (pengapuran sendi) dan kanker tulang yang menyerang lutut.
Demikian penjelasan singkat mengenai kondisi yang menyebabkan lutut sakit saat ditekuk. Kondisi-kondisi yang sudah disebutkan di atas dapat menyerang siapa saja terutama para orang tua. Namun kamu tidak perlu khawatir, jika kamu merasakan beberapa gejala-gejala kondisi di atas, segera konsultasikan dengan orang yang memiliki keahlian atau dokter agar dapat mengobatinya dengan cepat. Selain itu, kamu juga perlu melakukan berbagai pencegahan seperti melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga terutama olahraga yang mengandalkan sendi lutut. Dengan begitu, kamu tidak akan merasakan lutut sakit saat ditekuk.