Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Upaya Cashless Sebagai Transformasi Transaksi Setelah Pandemi
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Sumber: Upaya Cashless Sebagai Transformasi Transaksi Setelah Pandemi

Di era digital seperti saat ini, penggunaan uang cash atau uang fisik semakin menurun, hal ini dikarenakan kemajuan teknologi saat ini menggantikan peranan uang tunai. Sistem cashless memang memberi sejumlah keuntungan.

Selain tak perlu membawa uang banyak, efisien, praktis, sistem cashless ini pun meminimalkan tingkat kriminalitas. Terlebih saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, sistem cashless dinilai sangat membantu dalam menekan penyebaran rantai Covid-19 dimana seluruh masyarakat dihimbau untuk melakukan  physical distancing serta mengurangi penggunaan pembayaran dengan uang tunai.

Pada umumnya penggunaan uang digital dikalangan masyarakat luas atau yang lebih sering kita dengar dengan istilah e-money sehingga kemudian muncul dengan istilah cashless economy. Cashless economy adalah kegiatan ekonomi yang tidak menggunakan uang tunai atau uang fisik. Contoh pemberlakuan cashless payment yaitu seperti pembayaran parkir di beberapa mal ibukota sejak 1 September 2019.

Meringankan Anggaran Negara
Melakukan produksi, distribusi, pengelolaan uang tunai membutuhkan dana yang tidak sedikit. Anggaran yang dihabiskan oleh negara untuk kebutuhan tersebut cukup tinggi. Apabila penggunaannya berkurang, dapat dipastikan akan terjadi pengurangan beban keuangan negara secara signifikan dan dapat dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Menghindari Perampokan
Mengikuti tren cashless society mampu menghindari perampokan. Dikarenakan masyarakat tidak perlu membawa uang fisik di dompet. Lagi pula, membawa uang tunai dengan jumlah yang banyak terkadang membuat Anda cemas cenderung tidak aman. Pasalnya, bisa saja hilang atau dicuri seseorang. Selain menghindari perampokan, dengan menggunakan uang digital kamu tak perlu cemas, sebab uang tersimpan di dalam gadget yang diproteksi dengan rangkaian kode akses.


Sumber: Upaya Cashless Sebagai Transformasi Transaksi Setelah Pandemi

Lebih Efisien
Aktivitas non tunai menciptakan efisiensi dalam berbagai hal. Contohnya ketika harus bepergian, kita hanya perlu membawa kartu atau hanya ponsel. Ketika melakukan transaksi pun kita tidak perlu repot menunggu kembalian atau membulatkan nominalnya.

Lebih Menguntungkan
Untuk saat ini, banyak vendor yang memberikan promo menarik untuk  mendukung program transaksi non tunai. Dapat kita pastikan program ini akan memberikan keuntungan lebih bagi masyarakat yang memilih metode cashless. Anda juga  bisa memanfaatkan kesempatan promosi tersebut dengan baik agar bisa menghemat secara signifikan dari berbagai transaksi yang dilakukan.

Lebih Mudah Mencatat Pengeluaran
Dalam metode cashless history riwayat secara rinci terkait tempat, waktu, dan nominal transaksi tersajikan secara digital. Hal ini merupakan kelebihan dari metode cashless dan terbukti banyak disukai oleh masyarakat. Hal ini membuat Anda  lebih mudah dalam melakukan pembukuan finansial. Data-data tersebut dapat meminimalisir pengeluaran yang terlupa.

Terlebih jika Anda pelaku usaha, sebaiknya Anda sangat harus mempertimbangkan metode cashless ini untuk anda gunakan dalam usaha Anda. Sebagian besar konsumen suatu perusahaan adalah generasi milenial.

Bagi generasi milenial, belanja atau melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai sudah menjadi hal yang lumrah. Mereka sudah terbiasa menggunakan alat-alat elektronik seperti kartu debit, kredit, ataupun uang elektronik untuk melakukan pembayaran. Seperti yang kita ketahui bahwa Milenial merupakan generasi penggerak.

Maka dari itu, Anda sebagai pelaku bisnis harus dapat memahami bagaimana perilaku milenial saat ini. Dengan kemudahan yang ditawarkan, popularitas yang menanjak, tak sedikit yang beranggapan bahwa kedepannya cashless payment dapat menggantikan alat dan solusi pembayaran konvensional.


Sumber: Upaya Cashless Sebagai Transformasi Transaksi Setelah Pandemi