Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Mengenal Jenis Tulang Pipa atau Tulang Panjang
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: tulang-pipa.jpg]

Tulang pipa merupakan bagian penting yang menyusun sistem rangka di tubuh manusia. Maka dari itu, Anda perlu menjaganya sebaik mungkin dengan rutin mengonsumsi makanan yang baik untuk tulang seperti susu, serta rutin berolahraga secara teratur. Bagian tulang pipa seperti tulang kering, juga merupakan salah satu bagian tulang yang paling sering cedera. Sehingga Anda perlu melakukan langkah-langkah pencegahan ekstra untuk melindunginya, seperti menggunakan alat pelindung saat berolahraga. Strukturnya keras dan padat, sehingga tulang ini seringkali berfungsi sebagai fondasi dan tumpuan pergerakan. Di tubuh, ada beberapa jenis tulang panjang dan masing-masingnya memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi tulang pipa
Struktur tulang pipa sebenarnya adalah gambaran umum yang memang ada di bayangan banyak orang saat mendengar kata tulang.Tulang pipa berbentuk panjang seperti tabung. Di bagian atas dan bawahnya terdapat ujung-ujung yang biasanya terkait dengan tulang lain membentuk persendian, dan pada bagian tengahnya berbentuk lurus seperti batang.
  

Di tengah-tengah tulang pipa, terdapat rongga atau lubang-lubang kecil seperti spons yang berisi sumsum tulang berwarna kuning dan merah. Sumsum tulang tersebutlah yang memproduksi sel darah di tubuh. Secara umum, fungsi tulang pipa adalah sebagai penopang berat badan dan memfasilitasi pergerakan tubuh. Fungsi penopang biasanya diemban lebih banyak oleh bagian batang, sementara fungsi yang berhubungan dengan pergerakan, terkait dengan ujung-ujung tulang pipa yang membentuk persendian dengan tulang lain. Di tubuh, tulang pipa terletak di beberapa lokasi, seperti:
  • Tulang lengan atas
  • Tulang hasta
  • Tulang pengumpil
  • Tulang betis
  • Tulang kering
  • Tulang paha
  • Tulang jari kaki dan tangan bagian tengah (metacarpal)
  • Tulang jari kaki dan tangan bagian atas (phalanges)
Secara ukuran, mulai dari tulang lengan hingga tulang paha memang cukup besar, sehingga cocok jika dimasukkan ke dalam kelompok tulang pipa. Lantas, kenapa tulang jari dikelompokkan ke dalam jenis tulang ini? Sebab, tulang jari memiliki bentuk atau struktur anatomis yang mirip sesuai dengan deskripsi tulang pipa, pada bagian ujung-ujung yang membentuk sendi dan bagian tengah yang berbentuk seperti batang.

Jenis-jenis tulang selain tulang pipa
Tulang pipa hanyalah satu dari beberapa jenis tulang lain yang ada di tubuh. Berikut ini jenis-jenis tulang lain yang dibedakan berdasarkan bentuknya.
  • Tulang pendek
Tulang pendek adalah tulang yang bentuknya berlawanan dengan tulang pipa atau tulang panjang. Sesuai namanya, tulang ini berukuran kecil dengan bentuk segi empat atau bulat.Contoh tulang pendek adalah tulang-tulang yang menyusun pergelangan tangan dan kaki.
  • Tulang pipih
Tulang pipih ukurannya bisa bervariasi, mulai dari kecil hingga besar. Contoh tulang pipih antara lain tulang rusuk, tulang panggul, dan lempengan tulang tengkorak.
  • Tulang ireguler
Tulang yang berbentuk ireguler, tidak dapat masuk ke dalam kategori bentuk tulang panjang, pendek, maupun datar. Sebab, bentuk tulang ini cukup acak.Contoh dari tulang ireguler adalah tulang-tulang penyusun tulang belakang dan tulang pipi.
  • Tulang sesamoid
Berbeda dari tulang lain yang sudah terbentuk sejak dalam kandungan, tulang sesamoid baru terbentuk setelah bayi dilahirkan.Tulang ini terbentuk di dalam, antara tendon yang mengikat sendi-sendi di tubuh. Pada tubuh, hanya ada dua tulang sesamoid, yaitu tulang patella, yang berada di lutut dan tulang pisiform yang berada di area tangan.Jika terdapat keluhan seputar tulang pipa atau bagian tulang lainnya, jangan ragu untuk memeriksakan diri Anda ke dokter.