Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Rutin Membersihkan Filter AC Mobil Dapat Terhindar COVID19
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Virus COVID-19 sangatlah mudah dan cepat sekali menular, Tanpa memandang bulu muda maupun tua virus ini akan menyerangnya. Mirip virus influenza yang terhirup dan tertular lewat udara dari seseorang yang terinfeksi virus tersebut. Pemicunya juga banyak seperti filter AC mobil yang kotor dan menyebabkan kontaminasi bakteri lainnya.

Virus COVID-19 akan mudah berkembang saat imunitas kita menurun. Sebaliknya, jika kita selalu menjaga kesehatan termasuk juga menjaga kebersihan AC mobil agar tetap bersih, maka kamu memiliki kemungkinan terhindar dari virus ini.

Kebersihan filter AC mobil tentu sangat berpengaruh pada kesehatan kamu, karna ketika kamu menyalakan AC mobil maka kamu akan menghirup udara yang bersumber dari AC mobil kamu. Oleh karena itu penting untuk rutin membersihkan filter AC mobil supaya terhindar dari virus dan bakteri.

Kali ini kita akan mengulas bagaimana caranya membersihkan AC mobil #dirumahaja dengan benar.

Cara Mengganti Filter AC Mobil #DiRumahAja
Temukan Letak Filter AC Mobil Anda
Biasanya filter AC terletak pada area dasbor sebelah kiri. Jika kamu melihat ventilasi bergaris pada bagian dalam AC, itulah yang filter AC.

Buka dan Lepas Laci Mobil Anda
Selanjutnya, Kamu bisa memulainya dengan membuka laci yang ada pada dasbor mobil. Usahakan untuk memindahkan barang-barang yang ada di sekitar dasbor, serta mengeluarkan benda-benda yang tersimpan di dalam laci terlebih dahulu. Ini dilakukan agar proses pembokaran AC lebih mudah.

Cara melepasnya yaitu dengan menarik kuncian dari pengait yang ada pada kanan dan kiri laci. Tarik dengan perlahan agar terlepas dengan sempurna tanpa ada yang patah.

Apabila Laci Mobil Sudah Terlepas
Setelah laci berhasil terlepas, letakkan dulu di tempat lain. Kamu bisa menemukan tempat penutup filter AC yang ada di dekat laci yang sudah terlepas. Mulai buka bagian tersebut dengan cara menggeser kunci ke arah kanan, maka penutup filter AC mobil akan terbuka secara otomatis.

Angkat Filter AC Mobil
Saat ini, kamu sudah bisa melihat bagaimana bentuknya dan di mana letaknya. Pada umumnya, filter AC memiliki bentuk persegi berjaring yang  terbuat dari serat fiber tipis seperti kertas. Fungsi filter ini sendiri adalah sebagai penyaring udara dingin yang akan dikeluarkan.

Selanjutnya, kamu bisa langsung mengambilnya secara perlahan dan berhati-hati karena bahannya mudah rusak. Jika dibandingkan dengan tissue, filter ini lebih tebal dan kaku, namun sangat tipis.

Lakukan Pembersihan Secara Menyeluruh
Sangat tidak disarankan untuk membersihkan filter AC mobil dengan cara yang kasar dan sembarangan karena bisa merusak serat fiber. Maka dari itu, bersihkan debu yang menempel dengan kuas halus atau kompresor. Tapi ingat, harus hati-hati dan perlahan.

Setelahnya, kamu bisa menggunakan kanebo yang sedikit lembab untuk mengangkat sisa-sisa debu yang masih menempel dan lap kering untuk menghilangkan kelembapannya.

Pasang Kembali Filter AC Mobil yang Baru
Apabila kamu sudah yakin bahwa filter AC mobil dan area sekitarnya sudah bersih, kini saatnya melakukan proses pemasangan kembali. Kembalikan filter AC di posisi semula, lalu letakkan penutupnya.

Biasanya, pada bagian penutup filter AC terdapat tulisan ‘UP’. Tulisan tersebut berfungsi untuk menandakan mana bagian atas dan bawah penutup, sehingga risiko peletakkan yang terbalik bisa dihindari.


Bagaimana, mudah bukan membersihkan filter AC mobil #dirumahaja ? Tetap selalu jaga kesehatan kamu ya!







Sumber: tunastoyota