Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Fungsi Rambut dan Cara Perawatannya
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: fungsi-rambut.jpg]

Apa fungsi rambut bagi manusia? Tumbuhnya rambut di semua bagian tubuh merupakan salah satu ciri bahwa seseorang telah memasuki pubertas. Fungsi rambut bisa berbeda-beda tergantung letak tumbuhnya rambut pada tubuh. Tumbuhnya rambut terutama pada ketiak dan kemaluan biasanya terjadi ketika usia 10-14 tahun. Faktor yang mempengaruhi tumbuhnya rambut di antaranya hormon, pola makan, jenis kulit, serta kondisi tubuh seseorang.
 
Fungsi rambut bagi manusia
Fungsi rambut bagi manusia berbeda-beda tergantung jenis rambut yang tumbuh. Rambut di tubuh manusia tumbuh di beberapa tempat seperti kepala, ketiak, tangan dan kaki, kemaluan, serta di area wajah. Berikut ini merupakan beberapa fungsi rambut.
1.      Mengurangi terjadinya gesekan
Fungsi rambut yang pertama yaitu mengurangi gesekan. Rambut di ketiak dan kemaluan memiliki fungsi ini sebab kedua daerah tersebut tergolong sensitif. Ketika ketiak atau kemaluan mengalami gesekan, maka akan mudah terjadi infeksi atau iritasi.
2.      Melindungi kulit dari berbagai hal
Rambut di kulit kepala berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari hawa dingin dan sengatan matahari. Sedangkan rambut di dalam hidung dapat menyaring berbagai bakteri, debu, jamur, sehingga tidak ikut terhirup bersama udara  yang masuk. Rambut di kemaluan melindungi area tersebut dari berbagai infeksi akibat jamur maupun bakteri.
3.      Sebagai pengatur suhu tubuh
Fungsi rambut di tangan dan kaki salah satunya adalah mengatur suhu tubuh. Selain itu, rambut di area ini juga menjadi alat sensor alami untuk merasakan sentuhan, suhu, serta rasa sakit.
4.      Membuat lebih menarik
Rambut di ketiak mempengaruhi kadar feromon dalam tubuh. Feromon merupakan substansi kimia alami yang dapat menjadikan Anda lebih menarik secara seksual. Selain itu, fungsi rambut di kepala juga membuat lebih menarik dari segi penampilan. Anda dapat menggunakan model rambut yang cocok sehingga penampilan Anda pun semakin menarik secara visual.
Cara perawatan rambut
Secara umum perawatan rambut yang paling penting yaitu dengan menjaga kebersihan dan kesehatannya. Hal tersebut berlaku untuk rambut yang tumbuh di semua bagian tubuh Anda. Merawat rambut menjadi hal penting sebab rambut yang tidak terawat dapat membuat penampilan Anda buruk, menjadi sarang bakteri, dan menyebabkan rasa tidak nyaman.
1.      Perawatan rambut di kepala
Cara perawatan rambut di kepala tentu sudah tidak asing bagi Anda. Sebagian orang bahkan memberikan perawatan tambahan agar rambut senantiasa terlihat cantik dan tertata. Anda dapat merawat rambut di kepala dengan rajin keramas, tidak terlalu sering mengecat rambut, serta memberikan nutrisi tambahan bagi rambut.
2.      Perawatan rambut di tangan dan kaki
Bagi rambut di tangan di kaki, sebenarnya tidak ada perawatan khusus yang harus dilakukan. Anda hanya perlu mandi secara teratur agar rambut di tangan dan kaki senantiasa bersih. Berikan pelembab kulit agar rambut di tangan dan kaki ikut ternutrisi.
3.      Perawatan rambut di area mata
Kini terdapat beberapa produk kecantikan yang berfungsi untuk menutrisi rambut di area mata seperti alis dan bulu mata. Selain itu, pastikan Anda membersihkan rambut di area ini setelah mengaplikasikan make up berupa maskara atau pensil alis agar keduanya senantiasa bersih dan sehat.
4.      Perawatan rambut di ketiak dan kemaluan
Untuk rambut di ketiak dan kemaluan, Anda harus senantiasa menjaga agar tetap kering. Jika kedua area ini terlalu lembab maka dapat menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu, bakteri dan jamur pun dapat berkembang biak dengan lancar jika rambut di ketiak dan kemaluan lembap. Berishkan rambut di kemaluan menggunakan sabun khusus seminggu sekali. Untuk rambut di ketiak, hindari penggunaan deodoran berlebihan agar tidak terjadi iritasi.
 
Apabila rambut Anda tidak tumbuh lebat atau bahkan tidak tumbuh sama sekali di beberapa bagian tubuh, Anda tidak perlu khawatir. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh kondisi hormon tubuh. Selain itu, Anda boleh menghilangkan rambut pada kulit dengan cara mencukurnya atau melakukan waxing. Akan tetapi, pastikan Anda melakukannya dengan benar agar tidak menimbulkan iritasi. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif.