Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Mengenal Manfaat Jambu Air untuk Perawatan Kulit
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: manfaat-jambu-air.jpg]

Tahukah Anda, jambu air memiliki manfaat penting untuk perawatan kulit? Tidak hanya mencegah dari resiko penyakit jantung, Anda juga bisa merasakan manfaat jambu air sebagai pendukung tampilan kulit yang indah dan sehat.
 
Dalam beberapa produk kecantikan, jambu air digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembuatannya. Akan tetapi, buah ini cukup sulit ditemukan di negara-negara Barat, sehingga tidak banyak brand kecantikan yang mengeluarkan produk dengan bahan jambu air.
Namun, jambu air dapat dengan mudah ditemukan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Hal ini karena jambu air termasuk salah satu buah eksotis yang hanya bisa tumbuh dengan kondisi iklim di negara Asia.
Manfaat jambu air sebagai upaya perawatan kulit
Untuk bisa mendapatkan kondisi kulit yang sehat dan indah, Anda bisa melakukan berbagai upaya perawatan secara alami. Salah satu caranya adalah melalui konsumsi jambu air. Ada beberapa manfaat jambu air bagi perawatan kulit Anda. Manfaat tersebut mencakup:
 
  • Mencegah jerawat
Salah satu keunggulan jambu air untuk perawatan kulit adalah kemampuannya untuk mencegah timbulnya jerawat. Jerawat biasanya terjadi karena peradangan yang disebabkan oleh infeksi pada kulit.
Jambu air memiliki fungsi antiinflamasi atau anti-peradangan yang juga berperan dalam mengatasi jerawat.  Kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu melawan bakteri-bakteri buruk yang memicu pertumbuhan jerawat.
  • Menyamarkan noda gelap di wajah
Noda gelap pada wajah menjadi salah satu masalah kulit yang dialami oleh banyak wanita di seluruh dunia. Noda ini bisa terbentuk karena berbagai faktor, mulai dari gejala penuaan, paparan sinar matahari berlebih, bekas jerawat, dan lain sebagainya.

Daun jambu air memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit wajah. Anda bisa menggunakannya dengan mencampurkan jambu air dengan air dan oatmeal lalu digunakan sebagai masker wajah.
  • Mengobati infeksi kulit
Infeksi kulit biasanya bisa terjadi akibat serangan dari suatu bakteri yang disebut staphylococcus aureus. Bakteri ini paling sering menimbulkan masalah kulit seperti luka, reaksi alergi, kulit sensitif, dan lain sebagainya.

Kandungan dari jambu air mampu melawan bakteri staphylococcus aureus yang memicu infeksi kulit. Oleh sebab itu, konsumsi buah ini bisa membantu kulit Anda untuk lebih cepat pulih dari infeksi.
  • Mengoptimalkan tekstur kulit
Untuk mendapatkan kulit yang ideal, Anda tentu ingin memiliki kulit dengan tekstur yang baik. Anda bisa memanfaatkan jambu air untuk mendapatkan tekstur kulit wajah yang tampak baik dan sehat.

Secara khusus, kemampuan jambu air untuk menjaga tekstur kulit didapat dari kandungan vitamin V dan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Kedua vitamin ini berperan dalam mencegah kerusakan kulit akibat stres, polusi udara, dan diet yang tidak sehat.

Cara mengonsumsi jambu air
Sebenarnya, Anda bebas memilih cara mengonsumsi jambu air yang paling sesuai dengan selera Anda. Banyak orang merasa mengonsumsi jambu air secara langsung seperti saat mengonsumsi buah apel atau pir.

Akan tetapi, bila Anda merasa bosan atau ingin memaksimalkan konsumsi jambu air, Anda bisa mengolah jambu air ke dalam suatu hidangan. Beberapa hidangan dengan jambu air yang bisa Anda coba meliputi:
  • Salad buah, mencampurkan jambu air dengan jenis-jenis buah lainnya
  • Hidangan penutup, mencampurkan jambu air dengan larutan gula atau kayu manis untuk menambah cita rasa
  • Selai, mengolah jambu air menjadi selai untuk dikonsumsi bersama dengan roti saat sarapan
Itulah beberapa manfaat jambu air dan rekomendasi cara mengolahnya. Kini, Anda bisa menggunakan jambu air sebagai upaya perawatan kulit yang optimal.