Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Segudang Manfaat Hiking Lengkap dengan Persiapan yang Harus Anda Lakukan
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Anda senang melakukan kegiatan yang berhubungan dengan alam terbuka? Atau Anda memiliki keinginan untuk melakukan kegiatan olahraga ringan, tanpa perlu repot-repot menyiapkan tas gunung atau mendirikan tenda? Ini adalah saatnya bagi Anda untuk melakukan hiking.

Tidak seperti mendaki gunung, hiking tidak mengharuskan Anda untuk membawa tenda kemah maupun kompor portable sebagai bekal hidup di alam terbuka untuk waktu yang tentukan. Walaupun begitu, terdapat juga jenis hiking yang dapat dilakukan selama beberapa hari. Jenis hiking apa pun yang Anda ingin lakukan, manfaat hiking yang didapat akan sama-sama optimal.

Manfaat hiking juga tidak kalah menakjubkan dibandingkan dengan mendaki gunung. Apa saja manfaat hiking yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

● Mencegah terjadinya osteoporosis

Hiking adalah jenis olahraga weight-bearing yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Ketika Anda melakukan kegiatan berjalan kaki, tubuh akan secara otomatis menahan berat badan tubuh Anda sendiri. Kondisi ini akan berdampak pada peningkatan kepadatan tulang tubuh Anda. Manfaat tersebut dapat Anda peroleh lebih optimal, jika melakukan kegiatan menurun atau menanjak dalam aktivitas Anda. Anda juga akan mendapatkan asupan dari vitamin D yang berasal dari sinar matahari yang berguna pada kesehatan tulang dan menunjang sistem kekebalan tubuh.

● Memberikan ketenangan dan memperbaiki mood

Perlu Anda tahu, jenis olahraga mana pun dapat memicu produksi hormon serotonin „happy hormone” lebih banyak. Hormon serotonin ini berkaitan dengan perasaan bahagia.

Kegiatan hiking yang dilakukan di alam terbuka, akan membantu Anda untuk melepaskan penat akibat kesibukan dan kepadatan aktivitas keseharian Anda. Kegiatan ini secara tidak sadar dapat memberikan efek meditatif pada kesehatan mental Anda.

● Menunjang kesehatan jantung

Kegiatan hiking termasuk dalam olahraga aerobik yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Ketika Anda melakukan hiking, organ tubuh jantung akan lebih efektif memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Dengan begitu, kondisi ini dapat menunjang kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar lemak.

● Menunjang fungsi otak

Mencegah kepikunan dan menunjang fungsi kerja serta performa kognitif, adalah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari melakukan hiking. Dengan semakin sering Adan bergerak, maka jaringan tak juga akan semakin membaik.

Persiapan hiking yang tidak boleh ditinggal
Setelah Anda mengetahui manfaat hiking, maka ini saatnya bagi Anda untuk bersiap melakukan kegiatan menyenangkan ini.

● Jika Anda belum pernah melakukan hiking sebelumnya, maka tidak disarankan bagi Anda untuk melakukan hiking di medan yang sulit. Sebagai permulaan, pilihlah trek hiking yang tidak terlampau panjang dan jauh.
● Pelajari rute hiking dengan seksama. Jangan lupa untuk selalu membawa peta selama kegiatan hiking Anda berlangsung.
● Persiapkan kompas selalu sebagai perlengkapan utama.
● Lakukan olahraga rutin sebelum Anda pergi hiking. Dengan begitu, Anda dapat mengukur seberapa jauh kaki Anda dapat berjalan dan menyesuaikan kondisi kesehatan dan kemampuan kesehatan Anda untuk mengurangi risiko yang mungkin dapat terjadi.
● Persiapkan makanan dan minuman, termasuk obat-obatan. Usahakan untuk membawa makanan dengan asupan gizi baik yang terdiri atas karbohidrat, protein, dan lemak.
● Persiapkan jaket atau jas hujan khawatir akan turun hujan ketika Anda melakukan hiking.
● Gunakan sepatu hiking khusus agar jari-jari kaki Anda nyaman selama perjalanan.
● Kenakan kacamata hitam dan tabir surya dengan SPF minimal 30 agar terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.