Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Tips Pengelolaan Gudang Yang Optimal Untuk Bisnis Ritel
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Sumber : Tips Pengelolaan Gudang Yang Optimal Untuk Bisnis Ritel

Ritel merupakan kegiatan memasarkan barang atau jasa yang dilakukan secara eceran atau satuan secara langsung dari penjual ke pembeli. Pada dasarnya kesuksesan usaha atau bisnis ritel sangat dipengaruhi oleh manajemen pengelolaan gudang yang baik. Peranan gudang dalam usaha ritel sangat penting, untuk itu mari kita pahami dulu pengertian gudang itu sendiri.

Secara umum, gudang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan persediaan barang atau stock suatu perusahaan baik dalam bentuk bahan baku, bahan dalam proses sampai barang jadi. Gudang juga berperan penting dalam hal logistik (kegiatan keluar masuknya barang dari gudang). Oleh karena itu sangat diperlukan pengelolaan gudang yang baik dan optimal.

Berikut ini merupakan bagaimana cara yang paling tepat yang dapat Anda lakukan dalam mengoptimalkan pengelolaan gudang untuk bisnis ritel Anda.

Tingkatkan Keamanan Dan Kerapian Barang Di Gudang

Efisiensi akan menjadi sangat sulit ditingkatkan jika Anda tidak terlebih dahulu meningkatkan keamanan dan kerapian di gudang. Ketika gudang Anda yang masih berantakan dan tidak dilengkapi dengan tingkat keamanan yang cukup, maka berbagai resiko seperti kehilangan dan kecelakaan akan sulit terhindarkan.

Aturlah ruangan dan tata letak gudang ritel Anda dengan cara memanfaatkan setiap area-area di gudang secara lebih optimal. Pastikan juga Anda tidak mencampurkan beberapa SKU ( stock keeping unit ) di rak-rak yang sama agar tidak menjadikan staff Anda merasa kebingungan untuk mencarinya.

Meskipun saat ini Anda harus fokus untuk meningkatkan efisiensinya, namun tingkat keamanannya juga tetap harus Anda prioritaskan. Fasilitasi karyawan Anda dengan berbagai peralatan yang memadai dalam menunjang keamanan mereka ketika akan mengambil dan menaruh barang-barang digudang.

Lengkapi area gudang Anda dengan beberapa kamera CCTV dan sediakan juga akses bagi mereka yang akan bertanggung jawab dalam mengelola gudang bisnis ritel Anda.

Sumber : Tips Pengelolaan Gudang Yang Optimal Untuk Bisnis Ritel

Memberikan Kode dan Pemisahan Stok

Pemberian kode pada setiap barang akan memudahkan anda dalam memantau jumlah barang atau stock di gudang anda. Lakukan pemisahan stok baru dan stok lama. Hal ini akan memudahkan Anda ketika melakukan pencatatan dan pengecekan stok barang.

Pisahkan Barang Yang Sesuai Dengan Permintaannya

Untuk lebih memudahkan petugas yang berwenang dalam menemukan dan mengambil barang-barang pesanan yang akan dipajang di rak-rak ritel, barang yang berpindah dengan sangat cepat, maka itu berarti tingkat permintaannya juga cukup tinggi, sedangkan barang-barang yang masih berada di gudang dalam waktu yang sangat lama, maka itu berarti tingkat permintaannya sangat rendah.

Letakkan barang-barang yang termasuk best-seller berada di rak-rak bagian terdepan, sehingga petugas tidak perlu lagi harus berjalan terlalu jauh untuk menemukannya. Pastikan bahwa barang-barang yang laris terletak tidak jauh juga dari area pengepakan dan pengiriman untuk lebih mempercepat pemenuhan pesanan para pelanggan.

Menggunakan Manajemen Inventaris Dan Gudang Otomatis

Mengelola persediaan barang secara manual adalah cara yang sangat tidak efisien. Banyak waktu yang terbuang untuk mencatat perpindahan barang dan banyak kerugian yang Anda alami dikarenakan laporan yang sama sekali tidak akurat atau keterlambatan pengiriman pesanan.

Melakukan Analisis Performance Manajemen Gudang Ritel

Setelah Anda berhasil menerapkan proses dan teknologi terbaru, maka Anda perlu untuk mengukur dan meninjau ulang tentang bagaimana performance untuk memastikan bahwa teknologi tersebut memang benar-benar mampu untuk meningkatkan produktivitas dalam pengelolaan stok di warehouse Anda.

Dengan demikian, performa bisnis ritel Anda akan maju pesat dan dapat terjangkau tanpa ada kesalahan yang besar.


Sumber : Tips Pengelolaan Gudang Yang Optimal Untuk Bisnis Ritel