Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Mengamankan MyBB dari Hacker
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Sebelum saya buat tutorial ini, buat "om Hacker" yang baik hati jangan usilin situs ini ya. "om Hacker" baik deh he he he Big GrinBig GrinBig Grin.

[Image: e3f940111a0440be94deada979d192e9.jpg]

Susah - susah belajar buat web (meskipun baru bisa pakai cms), kalau diserang Hacker kayaknya sayang sekali. Usaha mulai dari cari alamat CMS nya, upload file, kelola member terus tumbang karena serangan Si OM (Jangan deh ya). Ini untuk Jaga - jaga saja, mudah - mudahan tidak ada yang usil.
  1. Gunakan password yang Kuat
    Gunakan Password yang kuat, kombinasi angka dan huruf itu jauh lebih baik. Dan bila admin punya akun di forum lain, jangan gunakan password yang sama antara kita sebagai member di forum lain dengan password admin kita.

    Amankan juga email anda dari orang jahil. Karena kalau email anda bisa dikuasai, habislah sudah. Ibaratnya jantung pertahanan sudah dikuasai, menguasai yang lain ya lebih mudah.

  2. Cek CHMOD permission anda
    CHMOD permission MYBB yang dianjurkan untuk lebih aman seperti ini
  3. Lindungi file Config.php
    Config.php merupakan salah satu file penting yang harus diamankan jika tidak ingin diusili. Caranya tambahkan file .htaccess pada direktori direktori /inc dan isi di tempat tersebut file<files config.php>Order deny,allowdeny from all</files>

lanjutannya menyusul he he he......
Dan yang penting, kalau anda tidak mau diusili janganlah mengusili orang lain. OKEH