Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Data Kompetitor yang Dapat Dijadikan Faktor Keberhasilan Perusahaan Startup Anda
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: c468709d93a6cadb05d2a15038a3310d.jpg]
Photo Credit: Halo Jasa

Dalam dunia bisnis, eksistensi kompetitor atau pesaing adalah suatu hal yang lumrah. Jangankan bisnis yang peminatnya banyak, bahkan bisnis kecil yang terlihat tidak peluangnya terlihat tidak terlalu besar saja pasti mempunyai kompetitor. Perusahaan startup misalnya, saat ini ada banyak startup yang menawarkan produk/jasa yang sama di luaran sana. Agar mampu bersaing di pasaran, tidak ada salahnya bagi perusahaan untuk ‘mengintip’ beberapa data yang dimiliki perusahaan kompetitor. Data ini dapat digunakan oleh startup sebagai faktor keberhasilan perusahaan mereka.
 
Berikut adalah data kompetitor yang dibutuhkan perusahaan startup untuk menjadi faktor keberhasilan perusahaan:
 
1.     Jenis Produk/Jasa yang Ditawarkan
Dalam berbisnis, menawarkan produk atau jasa yang sejenis memang tidak salah apa lagi berdosa. Namun alangkah lebih baik jika perusahaan mencoba untuk berinovasi dalam menciptakan produk atau jasa. Produk yang unik dan masih jarang dijumpai di pasaran akan meningkatkan value produk di mata konsumen.
 
Namun, jika perusahaan anda memutuskan untuk menawarkan produk atau jasa yang sama dengan perusahaan lain atau kompetitor, pastikan ada sesuatu yang beda dan menarik dari produk atau jasa anda yang tidak bisa didapat dari produk lain. Pembeda dalam produk ini bisa tentang bagaimana mengelola model bisnis, service atau layanan yang ditawarkan, bagaimana produk tersebut dibuat dan dikelola, dan lain-lain.
 
Perusahaan layanan jasa misalnya, pembedanya bisa tentang jasa apa yang ditawarkan? Layanan apa yang diberikan oleh perusahaan tersebut hingga berbeda dengan perusahaan lainnya? Dan-lain-lain.
 
2.     Harga Produk/Jasa
Selain jenis produk yang ditawarkan, data lain yang wajib diintip dari perusahaan kompetitor anda adalah harga dari produk atau jasa milik kompetitor anda. Dengan mengetahui harga yang mereka tawarkan di pasaran, anda dapat menjadikannya bahan referensi untuk bersaing. Anda bisa berinovasi dalam memberikan variasi promo atau cashback agar customer lebih tertarik dengan produk/jasa yang anda tawarkan.
 
3.     Keunggulan & Kekurangan Produk/Jasa
Mempelajari keunggulan dan kekurangan kompetitor juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan perusahaan startup. Keunggulan kompetitor dapat anda jadikan acuan untuk meningkatkan value produk atau jasa yang anda tawarkan. Sedangkan Anda dapat memanfaatkan kekurangan kompetitor untuk memenangkan pasar atau mengungguli kompetitor dengan menawarkan sesuatu yang tidak mereka miliki.
 
4.     Struktur SEO & Keyword
Perusahaan Anda dan perusahaan kompetitor bisa saja memiliki jenis konten yang sama, namun pasti akan ada sesuatu yang berbeda dari dua perusahaan tersebut. Coba intip struktur SEO mirip mereka. Struktur SEO adalah cara kompetitor menggunakan keyword atau kata kunci dan dimana mereka meletakannya. Keyword sendiri bisa terletak di headline/judul halaman, tag H1, konten, internal link, URL, atau teks alt gambar. Selain itu, coba intip pula jenis keyword apa saja yang kompetitor Anda gunakan. Jika perusahaan Anda menawarkan jasa cleaning service keyword yang Anda gunakan bisa seperti jasa cleaning service, jasa pembantu harian, dan-lain.lain
 
5.     Konten Marketing
Mengetahui konten marketing milik kompetitor akan menambah insight Anda dalam mengembangkan strategi bisnis perusahaan yang Anda miliki. Dengan mencari tahu strategi yang kompetitor gunakan dalam marketing akan membantu Anda dalam mencari tahu jenis konten yang memiliki engagement tinggi dari audience. Strategi konten marketing dapat diintip dengan cara menganalisa konten video mereka, postingan dan aktivitas di sosial media, konten dan aktivitas website, hingga konten terbaik yang mereka hadirkan. Ini akan menambah wawasan Anda untuk melakukan promosi dan branding perusahaan.
 
6.     Upgrade Perusahaanmu
Setelah mengetahui data perusahaan kompetitor, langkah selanjutnya adalah membuat analisa berisi apa saja yang perlu perusahaan Anda tingkatkan dan yang harus dihilangkan. Selain itu, analisa juga hal-hal yang kompetitor lakukan dan hal-hal yang kompetitor tidak bisa lakukan. Jadikan analisa tersebut sebagai bahan untuk meng-upgrade perusahaan startup Anda agar lebih bersaing lagi di pasaran. 

Demikian beberapa data kompetitor yang bisa Anda intip untuk dijadikan faktor keberhasilan perusahaan Anda. Selamat mengintip!