Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: 5 Karakter Orang yang Miliki Kepribadian INTP
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Tidak semua jenis karier cocok untuk orang dengan kepribadian INTP. Apalagi mengingat, orang-orang dengan kepribadian ini cenderung tidak suka berbasa-basi dan tidak suka kerumunan. Memaksa orang dengan kepribadian INTP untuk berkarier dengan model pekerjaan yang membuatnya bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang akan menyulitkannya untuk berkembang dan bekerja secara optimal.
Dengan karakteristik yang dimiliki orang INTP, pekerjaan-pekerjaan yang memiliki mobilitas tinggi dan mengharuskan menjalin keakraban dengan orang banyak sekaligus tidak disarankan bagi Anda yang memiliki kepribadian INTP. Namun, masih banyak jenis karier yang bisa Anda jalani sebagai seorang INTP.

Berikut ini adalah beberapa contoh karier yang ideal untuk seseorang dengan kepribadian INTP. Pekerjaan-pekerjaan ini mampu membuat orang INTP berkembang dan mengeksplorasi karakteristiknya yang iminajinatif dan pemikir, tanpa mesti terhambat masalah sosialisasi dengan orang banyak sekaligus.

Pengembang software
Karier sebagai pengembang software akan membuat seseorang dengan kepribadian INTP tidak harus berinteraksi dengan banyak orang sekaligus. Ia akan lebih banyak berhadapan dengan computer dan bahasa pemprograman. Situasi yang hening ini justru bisa memicu kinerja orang INTP yang seorang pemikir untuk melahirkan kreativitas dan imajinasi. Kalaupun mesti berinteraksi dengan orang, ia bisa melakukannya lewat surat elektronik atau bisa bertemu klien dengan skema empat mata.

Pemogram Komputer
Hal yang sama akan terjadi ketika seseorang dengan kepribadian INTP memilih untuk berkarier sebagai pemogram komputer. Posisi ini membuatnya akan bekerja di belakang meja dan lebih sibuk dengan urusan membuat program computer yang merupakan benda mati. Urusan berinteraksi dengan orang mungkin Anda, tapi tidak harus dengan banyak orang sekaligus. Ia pun bisa memanfaatkan surat elektronik atau fasilitas pesan lainnya untuk menyampaikan ide-ide segarnya terkait program baru yang ia temukan.

Komposer
Jiwa imajinatif yang tinggi dari orang INTP akan membuatnya mampu melahirkan ide-ide segar tidak terkecuali di bidang musik. Menjadi seorang komporser menjadi langkah tepat karena karier ini membuatnya tidak harus menampilkan hasil karyanya di depan kerumunan orang. Karya yang sudah dibuatnya tinggal didelegasikan kepada pemusik atau penyanyi agar bisa didengar banyak orang.

Ilmuwan atau peneliti
Ilmuwan identik dengan kehidupan individualistik yang tinggi dan hanya berfokus pada tujuan pencapaian ilmu baru. Karier ini cocok untuk orang dengan kepribadian INTP sebab ia bisa fokus mengerahkan pemikirannya untuk mencapai ilmu baru tersebut, tanpa merasa jenuh sebab tidak bisa berinteraksi dengan banyak orang.

Penulis
Apa yang diperlukan untuk menjadi penulis yang andal? Jawabannya adalah konsistensi menulis serta imajinasi yang liar. Kedua modal utama penulis tersebut dimiliki oleh seseorang dengan keperibadian INTP. Orang INTP tidak akan bosan menulis sampai hal yang diharapkannya kelar, dia juga tidak akan mudah terganggu dengan ajakan bersosialisasi dari banyak orang. Di samping itu, tentang saja ide-ide segar dari seorang INTP bisa menjadi amunisi kuat untuk menghasilkan tulisan yang ciamik.

Pakar akademis
Pakar atau ahli di bidang akademis tertentu menjadi karier lain yang cocok untuk orang dengan kepribadian yang tinggi. Pasalnya, untuk mencapai gelar tersebut, seseorang kerap kali mesti mengorbankan waktu sosialnya dengan orang banyak. Untuk orang dengan kepribadian INTP, jelas ia mampu melakukannya. Orang INTP juga merupakan pemikir yang ulur sehingga mampu menghasilkan kajian-kajian akademis yang berguna untuk bidang ilmu yang digelutinya.

Arkeolog
Buat Anda yang memiliki kepribadian INTP, namun senang berada di luar ruangan, cobalah meniti karier sebagai arkeolog. Pekerjaan ini akan membawa Anda menjelajahi banyak tempat untuk meneliti terkait bangunan masa lalu. Meskipun demikian, Anda tidak mesti berinteraksi dengan orang banyak sebab fokus Anda adalah menggalir dan meneliti situs-situs yang ada dan memiliki sejarah.

***
Sebenarnya masih banyak lagi jenis pekerjaan yang cocok untuk seorang dengan kepribadian INTP. Memiliki karakteristik yang senang menyendiri dan memiliki ide-ide liar kenyataannya tidak menghalangi Anda untuk mencapai karier yang tinggi.