Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Tren Belanja di Bulan Ramadhan 2020, Akankah Berubah Karena COVID-19?
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Sumber : Tren Belanja di Bulan Ramadhan 2020, Akankah Berubah Karena COVID-19?

Bulan Ramadhan tahun 2020 akan sedikit berbeda. Kini, masyarakat harus merayakannya didalam rumah, mengingat wabah virus COVID-19 yang sedang melanda. Tidak ada lagi jajan takjil di sore hari atau makan sahur di luar.

Secara tidak langsung, wabah COVID-19 memberikan dampak yang besar bagi masyarakat di Indonesia. Kebiasaan lain yang sering dilakukan adalah belanja kebutuhan barang pokok. Orang-orang kerap berbelanja untuk membeli bahan-bahan makanan untuk keperluan puasa. Hal itu akan berubah karena efek dari COVID-19 ini. Apa perubahan tren belanja yang akan terjadi pada pola belanja di bulan Ramadhan 2020 selama krisis COVID-19?

Perubahan pola belanja selama bulan Ramadhan 2020

Anjuran physical distancing yang dianjurkan pemerintah membuat masyarakat menghabiskan waktu mereka di rumah sehari-hari. Kebiasaan ini juga turut mempengaruhi tren belanja pada bulan Ramadhan di tahun 2020.

Dalam riset COVID19 impact on Indonesian attitudes & behaviours: learning for brands oleh Kantar, masyarakat cenderung akan memilih produk dalam jumlah dan kemasan yang lebih besar agar mencukupi kebutuhan mereka dalam jangka waktu tertentu selama berada di dalam rumah.

Karena itu, hasil riset tersebut merujuk pada perubahan jenis-jenis bahan makanan yang akan dibeli masyarakat. Produk-produk dengan tingkat daya tahan yang lebih lama cenderung akan diminati seperti makanan kemasan, produk olahan susu, produk olahan peternakan dan minuman kemasan.

Sumber : Tren Belanja di Bulan Ramadhan 2020, Akankah Berubah Karena COVID-19?

Tren belanja Ramadhan 2020 selama wabah COVID-19

Produk pertama yang akan diminati adalah produk olahan peternakan. Kepada Tirto, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmita mengatakan bahwa  ada beberapa perusahaan subsector peternakan yang telah memastikan, bahwa mereka akan melaksanakan ekspor ke beberapa negara dengan jumlah nilai Rp538,12 miliar.

Selain itu, terjadi peningkatan juga pada produk olahan susu, minuman kemasan dan makanan kemasan menurut riset Kantar. Jenis-jenis makanan kemasan yang akan diminati adalah sereal, snack, dan makanan kaleng serta produk olahan susu yang akan dicari adalah, susu, keju, dan mentega.

Sumber : Tren Belanja di Bulan Ramadhan 2020, Akankah Berubah Karena COVID-19?

Apakah tren ini akan dimanfaatkan oleh para pelaku usaha?

Bulan Ramadhan juga kerap menjadi momen penting bagi para pelaku usaha. Setiap orang kerap membanjiri pasar untuk membeli bahan-bahan makanan. Selain itu, toko online dan marketplace juga ramai dikunjungi orang untuk berbelanja barang-barang yang diinginkan.

Tentunya, tren ini bisa menjadi sebuah acuan bagi para pelaku usaha terutama, bagi mereka yang bergerak di sektor-sektor yang berkaitan dengan jenis-jenis produk diatas. Untuk memaksimalkannya, mereka bisa menggunakan medium sosial media atau e-commerce untuk berjualan agar tidak terkendala waktu, tempat dan krisis COVID-19 ini.


Sumber : Tren Belanja di Bulan Ramadhan 2020, Akankah Berubah Karena COVID-19?