Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Kenapa Penggunaan Aplikasi Mobile Bagi Bisnis Menguntungkan?
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: Whats-App-Image-2020-04-19-at-22-58-48.jpg]
Dengan semakin maraknya penggunaan smartphone sekarang ini, semakin banyak pula pilihan aplikasi mobile yang dapat dimanfaatkan. Tak hanya bisa memudahkan berbagai kegiatan, aplikasi yang ada di dalam smartphone juga bisa menjadi alat bantu dan penunjang agar bisnis semakin maju serta berkembang. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapat saat sebuah bisnis sudah melakukan digitalitasasi ke dalam bentuk aplikasi.

Memperkuat Citra Brand
Dengan memiliki sebuah aplikasi khusus, suatu bisnis akan tampak lebih menonjol dan terdepan karena terlihat sudah sangat maju mengikuti perkembangan zaman. Ini akan berdampak pada performa dan prospek bisnis ke depannya. Konsumen menyukai kemudahan dan inovasi, maka dengan dibangunnya sebuah aplikasi untuk bisnis/jasa, mereka akan merasa lebih dekat bahkan tidak berjarak dengan bisnis tersebut. Pelanggan juga semakin dimudahkan karena semua produk/jasa yang mereka inginkan bisa diakses dengan hanya melalui aplikasi.

Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan
Sebuah aplikasi akan selalu berada di tangan pelanggan karena tersimpan di dalam ponsel mereka. Karena itu ketika bisnis sudah memiliki aplikasi maka akan lebih mudah bagi pelanggan untuk terlibat di dalamnya. Dalam aplikasi bisnis biasanya terdapat beragam fitur khas seperti review pengguna, help center, serta informasi akun yang bisa membuat pelaku bisnis semakin mengerti bagaimana kebiasaan konsumsi pelanggan, preferensi, informasi personal, hingga pendapat pelanggan mengenai suatu produk/jasa.

Menciptakan Saluran Pemasaran Langsung
Saat sebuah bisnis sudah terkonversi ke dalam bentuk aplikasi di dalam ponsel, maka produk/jasa yang ditawarkan akan lebih mudah untuk menjangkau pelanggan. Melalui aplikasi, kamu bisa secara langsung mengirimkan beragam informasi melalui fitur push notifications. Berbagai informasi seperti detail produk berupa harga, foto, deskripsi, serta informasi khusus seperti promo bagi pengguna aplikasi atau akun pelanggan bisa diakses hanya dengan sentuhan jari. Karena pemasaran terjadi secara langsung, maka kemungkinan transaksi untuk meningkat juga semakin tinggi.

Membuka Kanal Pendapatan Baru
Selain cukup efektif dalam meningkatkan penjualan produk/jasa, membangun aplikasi mobile juga bisa membuka kanal atau sumber pendapatan baru selain dari penjualan. Jika dikehendaki, pebisnis bisa menerapkan monetasi ke dalam aplikasi. Monetasi bisa berupa membuka ruang iklan dalam app, menerapkan level akses berbayar atau menjual fitur-fitur premium yang menunjang kinerja aplikasi.

Lebih Mudah Mendapatkan Wawasan Pelanggan
Umumnya di dalam sebuah aplikasi terdapat informasi akun pengguna yang memuat data personal pengguna secara rinci. Ini akan sangat menguntungkan pebisnis sebab dari sini dapat diketahui wilayah-wilayah dengan pelanggan paling potensial, segmentasi demografis, kebutuhan pelanggan, juga performa menyeluruh dari aplikasi tersebut. Dengan data ini, pebisnis akan lebih mudah dalam menentukan arah pengembangan produk, mengidentifikasi peluang bisnis baru, serta melakukan inovasi produk secara efektif sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Memberikan Nilai Lebih pada Pelanggan
Dalam sebuah bisnis, pelanggan memang merupakan aspek penting yang harus dijaga loyalitasnya. Saat bisnis sudah memiliki aplikasi mobile sendiri, maka produk/jasa akan tersaji secara lebih efektif dan tepat waktu, hal ini bisa membuat pelanggan semakin setia dan loyal. Sebab mereka secara ekslusif mendapatkan promosi dan keuntungan khusus. Aplikasi yang efektif juga harus memungkinkan bagi pelanggan untuk melakukan personalisasi beragam fitur di dalamnya sesuai keinginan pengguna.


Referensi: www.halojasa.com