Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Apa itu invoice?
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Bagi seorang pebisnis, kata invoice sudah tidak asing lagi, tapi bagaimana dengan orang kebanyakan? Banyak yang menanyakan apa itu invoice. Meski hanya sebuah kertas kecil, invoice berperan penting dalam keuangan bisnis.

Invoice merupakan surat penagihan yang dikirimkan oleh penjual kepada pelanggan berdasarkan transaksi yang telah terjadi. Biasanya, invoice bertindak sebagai bukti transaksi. Dibawah ini, Anda akan melihat lebih dalam mengenai penjelasan serta peran pentingnya dalam bisnis.
Apa itu invoice serta penjelasannya
Seperti yang telah dijelaskan diatas, invoice merupakan bukti transaksi yang dikirimkan oleh penjual kepada pembeli. Secara garis besar, invoice memiliki fungsi yang sama dengan kwitansi. Bedanya, invoice akan dikirimkan oleh penjual sebagai bukti terjadinya transaksi. Sedangkan kwitansi baru akan dikirimkan setelah pembeli menyelesaikan pembayaran.
Dalam pembuatannya, invoice dibuat rangkap tiga. Satu lembar akan diberikan kepada pembeli, dokumen penjualan dan laporan keuangan. Invoice juga bisa digunakan untuk banyak jenis transaksi seperti mencicil.
Invoice terbagi kedalam 3 jenis yaitu:
  • Invoice biasa
    Invoice biasa atau faktur merupakan salah satu jenis invoice yang sering dipakai. Secara umum, penjual akan menyerahkan invoice setelah transaksi terjadi atau kesepakatan terjalin. Invoice biasanya berisi jumlah, harga item, serta total harga.

  • Invoice proforma
    Invoice proforma biasanya terjadi untuk transaksi yang menggunakan sistem pembayaran dengan down payment atau uang muka. Faktur proforma akan diberikan secara bertahap hingga seluruh barang diterima.

  • Invoice konsuler
    Untuk perdagangan internasional, orang-orang bisa menggunakan invoice konsuler. Sebelum diberikan ke pembeli, invoice akan melalui proses legalisasi dan baru akan dikirimkan setelah disahkan. Biasanya, invoice konsuler digunakan untuk ekspor/impor.
Seberapa penting invoice untuk bisnis Anda?
Invoice berperan penting dalam kemajuan bisnis Anda. Ada 2 fungsi penting dari invoice seperti berikut:
  • Sebagai bukti penagihan
    Para pengusaha professional sudah menggunakan invoice sebagai bagian dari transaksi. Untuk itu, Invoice harus dikirimkan kepada pelanggan sebagai bukti transaksi sekaligus bukti penagihan. Dengan begitu, transaksi akan bersifat legal dan informasi tambahan untuk pembayaran.

  • Membantu pencatatan laporan keuangan
    Dalam proses pencatata laporan keuangan, invoice merupakan salah satu bukti yang dikumpulkan untuk melihat apakah transaksi yang terjadi bersifat valid. Karena itu, setiap orang harus menyimpan bukti transaksi agar laporan keuangan mereka dapat tercatat dengan lengkap dan rapi.