Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Posisi Power Forward Harus Dihuni Pemain Terbaik
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Power Forward adalah pemain yang memiliki kemampuan fisik untuk berduel di paint area baik saat strategi offensive maupun defensive. Pemain yang menghuni posisi ini harus mampu memenangkan rebound dan menjadi post defender yang baik. Beberapa nama pemain yang menghuni posisi ini diantaranya Giannis Antetokounmpo, Draymond Green, dan Anthony Davis. Tiga pemain ini sangat kuat dalam bertarung ditunjang kemampuan fisik yang sangat baik untuk bersentuhan langsung dengan pemain lawan.

Peran yang dijalankan oleh power forward sedikit mirip dengan center namun PF lebih fleksibel dalam bergerak untuk mengantisipasi banyak serangan. Jika SF merupakan pemain yang lebih focus dalam menyerang, maka PF merupakan pemain yang memiliki tugas dalam dua arah yakni defense dan offense.

Power Forward biasanya bertinggi sekitar 206-210 cm dan dapat menempati posisi center dalam permainan small ball. PF akan sangat mengandalkan fisik sehingga biasanya memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan pemain lain. Berikut merupakan peran dan Tugas Power Forward selengkapnya:
1. Rebound: Power Forward adalah pemain yang bertanggung jawab terhadap bola-bola rebound, sama halnya seperti Center. Namun PF harus melakukan box out untuk memastikan second-chance lawan bisa dihindari. Dalam permainan offensive, PF harus mampu untuk memanfaatkan setiap pantulan menjadi angka.
2. Post-Defender: Jika SF, SG dan PG berperan untuk melindungi area defensive luar, maka PF dan center mendapatkan tugas untuk melindungi paint area. Area ini akan sangat berbahaya jika tidak dijaga karena persentase kesuksesan point sangat tinggi dibandingkan area yang lebih jauh. Seorang PF harus mampu melakukan defense tanpa melakukan foul.
3. Screener: Dalam permainan pick and roll, PF harus mampu membuat screen untuk memudahkan para guard dalam menemukan ruang tembak. Strategi pick and roll ini juga harus dilakukan dengan baik karena akan sangat rentan jika mudah terbaca atau diantisipasi.
Itulah tiga peran utama power forward dalam permainan bola basket, adapun peran lain yang bisa juga diperankan oleh PF ini diantaranya membantu tim dalam mencetak angka, serta pemantul pasing lawan dalam permainan on-ball movement.