Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Siklus Penyakit Demam Berdarah Dengue
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Ketika seseorang merasa sakit kepala berat, demam hingga 40 derajat Celsius, dan ruam merah menyebar di seluruh tubuh, semuanya adalah gejala terjadinya demam berdarah dengue. Virus ini terjadi ketika ada nyamuk betina menggigit seseorang dan nyamuk tersebut terinfeksi dari orang lain.

Media penularan penyakit demam berdarah dengue adalah nyamuk dan tidak menular lewat interaksi manusia. Untuk itu, setiap orang perlu waspada ketika berada di wilayah yang banyak nyamuk. Gunakan pakaian yang benar-benar melindungi bagian tubuh Anda, termasuk alas kakinya.

Sekarang, kita akan membahas tentang siklus penyakit demam berdarah dengue dalam blog kali ini.

Siklus penyakit demam berdarah dengue

Sangat wajar jika ada yang bingung antara gejala demam berdarah dengue dengan gejala penyakit lainnya. Gejala seperti nyeri sendiri, demam tinggi, sakit kepala, bahkan ruam juga bisa jadi merupakan gejala penyakit lain.

Namun yang membedakan adalah siklus dari demam berdarah dengue yang biasanya terjadi dalam waktu 4-10 hari. Berikut ini siklus dari demam berdarah dengue:

• Demam berlangsung selama 2-7 hari dengan suhu mencapai di atas 40 derajat Celsius. Tahapan ini disebut juga dengan fase demam. Pasien juga akan mengeluhkan rasa nyeri sendi hingga penurunan nafsu makan.

• Fase kedua adalah fase kritis, ketika fase demam telah terlewati. Banyak orang terkecoh dengan merasa ketika tak lagi demam, artinya tubuh sudah kembali sehat. Namun faktanya, ini adalah fase kritis.

Sebaiknya jangan langsung memaksakan beraktivitas pada fase ini. Anda perlu beristirahat dan memastikan trombosit darah tetap normal. Jika trombosit tetap turun dan seseorang memaksa untuk terus beraktivitas, bisa saja ada pendarahan.

• Fase ketiga adalah fase penyembuhan. Ada kalanya orang akan kembali mengalami demam ketika berada di fase ini. Namun jangan khawatir, trombosit dalam tubuh perlahan akan kembali ke titik normal.

Tak hanya itu, cairan tubuh juga menjadi kembali normal. Setelah dites dan jumlah trombosit serta leukosit normal, maka penderita demam berdarah dengue akan dinyatakan sembuh.

Mengingat ada fase kritis yang terjadi di tengah-tengah fase demam berdarah dengue, ada baiknya beristirahat total dan mengonsumsi makanan bergizi. Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter agar tahu apa yang sebaiknya dikonsumsi dan apa aktivitas yang perlu dihindari.