Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Kenali Penyebab dan Ciri-Ciri Gatal Selangkangan
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: gatal-selangkangan.jpg]

Munculnya rasa gatal tentu dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, apalagi jika rasa gatal justru muncul di area tubuh tersembunyi, seperti pada bagian selangkangan. Gatal pada selangkangan dapat terjadi pada pria maupun wanita. Lantas, apa saja penyebab rasa gatal selangkangan?
Penyebab gatal selangkangan
Gatal selangkangan merupakan hal yang umum terjadi. Namun, tak perlu khawatir karena rasa gatal yang dialami belum tentu disebabkan oleh kutu kemaluan.
Gatal selangkangan atau dikenal dengan istilah jock itch dapat disebabkan oleh infeksi jamur tinea cruris atau bentuk dari penyakit kurap. Jamur tinea cruris sebenarnya tidak berbahaya. Namun, jenis jamur tersebut dapat berkembang biak pada kondisi yang lembap dan hangat dengan cepat.
Selain pada area selangkangan, infeksi jamur tinea cruris dapat muncul pada area paha bagian dalam dan bokong. Gatal selangkangan umumnya lebih sering dialami oleh orang yang mudah berkeringat dan memiliki berat badan berlebih (overweight).
Infeksi jamur dapat menular dengan cepat dan mudah menular pada bagian tubuh lainnya. Tak hanya pada wanita, gatal selangkangan dialami pula oleh pria, utamanya remaja laki-laki.
Ciri-ciri infeksi jamur penyebab gatal selangkangan
Setelah mengetahui penyebabnya, penting pula untuk mengetahui apa ciri-ciri atau tanda-tanda infeksi jamur penyebab gatal selangkangan. Beberapa ciri-ciri infeksi jamur penyebab gatal selangkangan, diantaranya:
    Gatal terus-menerus hingga merasakan sensasi panas atau terbakar.
    Kulit pada selangkangan akan berwarna kemerahan.
    Kulit pada selangkangan akan mengalami pecah-pecah atau mengelupas.
    Ruam pada selangkangan. Ini dapat menyebar dari selangkangan hingga bagian atas paha dalam bentuk bulan sabit dengan bagian tepian ruam terasa berbiji-biji atau membengkak.
    Perubahan warna kulit. Kondisi ini dapat terjadi apabila infeksi jamur sudah terjadi cukup parah.
Jika gatal selangkangan belum parah, dokter umumnya akan memberikan salep, bubuk, atau semprotan antijamur yang dapat dibeli di apotek. Penderita mungkin perlu mengoleskan obat antijamur selama kurang lebih satu hingga dua minggu, termasuk apabila ruam-ruam akibat gatal selangkangan sudah hilang.
Namun, apabila Anda merasa terganggu dengan infeksi jamur penyebab gatal selangkangan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.