Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Penyebab Patah Tulang Hidung dan Pencegahannya
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Benturan keras pada wajah akibat jatuh, kecelakaan kendaraan bermotor, dan kecelakaan olahraga merupakan penyebab patah tulang hidung yang paling sering terjadi. Patah tulang hidung adalah jenis patah tulang yang paling sering terjadi di kepala dan sebagian besar tidak menimbulkan gangguan kesehatan atau komplikasi serius. 

Dikutip dari Medical News Today, patah tulang hidung memang bisa menimpa siapa saja, tetapi kelompok orang yang paling berisiko menderitanya adalah mereka yang terlibat dalam olahraga kontak fisik seperti tinju, sepakbola, hoki, rugby,basket dan martial art.
Kemudian orang-orang yang sering berpartisipasi dalam aktivitas yang memungkinkan terjadinya tabrakan dan jatuh seperti bersepeda. Risiko tinggi lainnya adalah mengendarai kendaraan bermotor tanpa menggunakan sabuk pengaman karena jika terjadi tabrakan atau pengereman mendadak kemungkinan besar terjadi benturan pada wajah.

Mereka yang sering berkelahi dan hidup dalam situasi kekerasan domestic pun rentan mengalami patah hidung. Anak-anak dan orang lansia juga rawan menderita patah tulang hidung karena mereka adalah kelompok orang yang sering jatuh.

Ketika terjadi patah tulang hidung, seseorang mungkin mengeluarkan darah dari hidung, timbul rasa sakit di hidung dan area sekitarnya, mata lebam dan agak susah bernapas. Kadang-kadang hidung yang patah terlihat bengkok atau berubah bentuk.

Hidung patah tidak selalu langsung terlihat karena kadang pembengkakan yang terjadi mengaburkan bentuk hidung. Bentuk hidung yang bengkok atau berubah bisa diamati beberapa hari kemudian saat bengkaknya berkurang, walaupun mungkin saja hidung patah tetapi tidak jadi bengkok atau berubah bentuk.

Patah hidung yang ringan, yaitu ketika hidung tidak sampai bengkok, biasanya hanya ditangani dengan pemberian obat penghilang rasa sakit dan kompres dingin untuk mengurangi bengkaknya. Kalau hidung sampai bengkok, dokter bisa memperbaiki posisi tulang supaya nanti sembuhnya sempurna.

Walau sebagian besar kasus akan sembuh tanpa masalah, ada juga risiko komplikasi dari patah hidung yaitu ketika terbentuk bekuan darah di dalam rongga hidung dan tidak dibersihkan, karena bisa menyebabkan infeksi. Selain itu, komplikasi lainnya adalah terbentuknya lubang di septum nasal yang mengakibatkan batang hidung jadi melesak ke dalam.

Untuk mencegah terjadinya cedera wajah dan patah tulang hidung, selalu gunakan pelindung olahraga yang tepat sesuai jenis olahraganya. Jangan pernah lupa mengunakan sabuk pengaman saat berkendara dan hindari perkelahian.

Untuk mencegah si kecil serta lansia jatuh dan terhantam wajahnya di permukaan keras, hati-hati saat memasang karpet karena pinggiran karpet yang agak terangkat bisa menyebabkan orang tersandung, pasang pengaman pada tangga bila ada anak kecil di rumah, hindari jalan di permukaan yang licin dan gunakan sepatu dengan sol yang baik supaya tidak terpeleset.
Jadi inget om ane gan klo hidung patah om Owen Wilson  Big Grin , klo patah begitu udh gak bisa lurus lagi ya gan?