Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Radang tenggorokan merupakan kondisi dimana tenggorokan Anda mengalami rasa sakit. Sehingga biasanya penderitanya akan kesulitan untuk menelan dan kehilangan nafsu makan. Oleh karena itulah radang tenggorokan ini akan sangat menyiksa dan sebaiknya diobati dengan tepat. Cara menyembuhkan radang tenggorokan ini sendiri sebenarnya sangat mudah karena bisa menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Mulai dari berkumur dengan air garam, menggunakan filter udara yang bermanfaat menyaring udara, dan juga dapat untuk minum air hangat sehingga membuat tenggorokan lebih nyaman.

Selain cara praktis tersebut, Anda juga masih bisa menggunakan bahan lainnya yang bisa menyembuhkan tenggorokan yang sedang sakit radang. Misalnya saja bisa mengkonsumsi permen yang ada di pasaran yang bisa digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Permen tersebut bisa didapatkan di apotek atau mini market sehingga sangat efektif. Selain itu juga bisa menggunakan beberapa jenis makanan yang bisa merangsang penyembuhan radang tenggorokan dengan lebih cepat. Seperti mengkonsumsi sup, mengkonsumsi pisang yang mempunyai kandungan vitamin c dan b6, menggunakan bahan lemon dan madu, jahe, dan masih banyak bahan lainnya yang bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Akan tetapi selain fokus pada bahan makanan yang dapat menyembuhkan sakit radang tenggorokan, Anda juga harus menghindari beberapa makanan atau minuman yang membuat radang tenggorokan lebih parah. Seperti misalnya hindari makanan dan minuman seperti berikut ini:

1. Makanan renyah dan keras
Bahan pertama yang sebaiknya dihindari ketika sedang sakit radang tenggorokan adalah makanan yang renyah dan juga mempunyai tekstur keras. Hal tersebut akan membuat tenggorokan merasa tidak nyaman dan bisa membuatnya tambah parah. Oleh karena itulah hindari jenis makanan tersebut seperti misalnya kerupuk, kacang-kacangan, sayuran mentah, dan juga roti kering.

2. Buah jeruk
Buah-buahan memang mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi Anda juga harus memilih jenis buah yang tepat agar bisa mendapatkan manfaatnya, karena ada beberapa buah yang tidak cocok dengan penyakit tertentu. Salah satunya adalah buah jeruk yang kurang bagus dikonsumsi untuk penderita sakit radang tenggorokan. Hindari untuk mengkonsumsi berbagai macam olahan dari buah jeruk baik itu minuman hangat, jus, dan juga lainnya. Hal tersebut karena jeruk mempunyai sifat asam sehingga justru dapat membuat tenggorokan mengalami iritasi lebih parah.

3. Alkohol
Dan jenis bahan terakhir yang sebaiknya dihindari ketika sakit radang tenggorokan adalah alkohol. Anda juga sebaiknya menghindari obat kumur yang mempunyai kandungan alkohol karena dapat membuat tenggorokan seperti terbakar dan menyengat. Oleh karena itulah Anda bisa memperhatikan dan memilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Selain itu hindari bir, wine, dan minuman beralkohol lainnya karena dapat membuat dehidrasi dan tidak baik untuk penderita radang tenggorokan.