Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Siapa Saja Orang Yang Berisiko Terkena Hipertensi?
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Hipertensi adalah kondisi tekanan darah tinggi yang kronis alias terjadi terus-terusan. Hipertensi terjadi saat tekanan darah Anda selalu tinggi dalam jangka waktu lama, apa pun yang sedang Anda lakukan atau makan.

Tekanan darah manusia akan selalu berubah sepanjang hari. Hal ini dipengaruhi oleh emosi, aktivitas, dan pola makan Anda. Tekanan darah bisa naik setelah berolahraga, saat Anda sedang stress, sehabis minum kopi, atau saat Anda mendengar kabar buruk yang mengejutkan. Maka, pada saat itu bisa saja tekanan darah Anda tergolong tinggi.

[Image: ceklis.jpg]

Oleh sebab itu anda perlu mewaspadai penyakit hipertensi. Salah satunya dengan mengetahui faktor risiko yang membuat seseorang rentan terkena hipertensi.

Berikut 5 hal yang membuat seseorang rentan terkena hipertensi

1. Umur
Semakin bertambah usia, pembuluh darah kita semakin kaku, tidak elastis lagi, maka Akibatnya, semakin besar risiko terkena tekanan darah tinggi. penyebabnya adalah karena pengerasan pembuluh darah. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi pada anak-anak meskipun jarang.

2. Riwayat
Bila orangtua, saudara kandung, atau anggota keluarga lainnya punya tekanan darah tinggi, Anda jadi lebih berisiko terkena hipertensi. maka mungkin itu adalah alasan bagi Anda untuk mulai khawatir. Bentuk tekanan darah tinggi yang diwariskan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan pada usia dini.

3. Gender
Hingga mencapai usia 64 tahun, pria lebih rentan kena tekanan darah tinggi daripada wanita. Sedangkan pada usia 65 tahun ke atas, wanita yang lebih rentan mengalami tekanan darah tinggi.

4. Obesitas dan kelebihan berat badan.
Obesitas menjadi salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi. Orang yang memiliki penyimpangan lemak di sekitar perut, pinggul dan paha juga berisiko terkena tekanan darah tinggi. Semakin berat massa tubuh Anda, semakin banyak darah yang diperlukan untuk mengantar oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Karena itu, tekanan dalam arteri akan naik agar darah bisa diedarkan dengan lancar. Akibatnya, jantung yang dipaksa kerja keras lama-lama bisa mengalami kerusakan.

5. Stres.
Stres berat dapat menaikkan tekanan darah secara cukup drastis, meskipun hanya untuk sementara. Selain itu, ketika Anda stres kemungkinan besar Anda jadi tidak memerhatikan pola makan, kurang olahraga, merokok, dan minum alkohol – yang kemudian bisa jadi faktor risiko hipertensi.

Itulah 5 hal yang membuat seseorang berisiko terkena hipertensi. Anda mungkin merasa sehat-sehat saja, tapi sebenarnya tekanan darah Anda sudah mulai merusak tubuh. Apabila hipertensi dibiarkan begitu saja bisa mengarah pada masalah kesehatan yang lainnya seperti penyakit stroke, gagal jantung, pengerasan pembuluh darah, gagal ginjal serta komplikasi yang lainnya. Namun dengan mengetahui faktor risiko yang membuat seseorang rentan terkena hipertensi, itu artinya kita telah meminimalisir dan mencegah hipertensi menyerang tubuh kita. Shy

Semoga artikel ini bermanfaat bye bye bye bye
Menurut aku, hipertensi itu penyakit orang modern. Orang jaman sekarang biasanya hidupnya ngga sehat, makanannya juga ngga sehat, trus kurang gerak pula. Ini nih yg perlu diperhatikan supaya kesehatan kalian terjaga, trus lingkungan yg sehat itu penting juga.
(11 February 2019, 10:39 PM)Vomynna12 Wrote: [ -> ]Menurut aku, hipertensi itu penyakit orang modern. Orang jaman sekarang biasanya hidupnya ngga sehat, makanannya juga ngga sehat, trus kurang gerak pula. Ini nih yg perlu diperhatikan supaya kesehatan kalian terjaga, trus lingkungan yg sehat itu penting juga.

iyabetul bgt gan, maka dari itu perlu adanya rasa sadar akan hal tersebut dari diri sendiri.