Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Ini Dia 4 Tips Merawat Orang Tua Sakit dengan Baik dan Benar
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
 
Ketika Anda sudah berkeluarga tentu ada kemungkinan akan tinggal bersama orangtua, baik mertua maupun orangtua kandung. Ada kalanya mereka akan sakit di usia senja maka musti paham cara merawat orang tua sakit baik ketika di rumah sakit maupun ketika di rumah. Kebanyakan orang tua memang akan mengalami sakit selama beberapa tahun hingga mereka menutup mata, fakta ini tentu sudah bukan lagi rahasia. Setiap anak memberi sikap yang berbeda, ada yang ikhlas ada pula yang memilih menempatkan orangtuanya ke panti jompo.
 
Tips Merawat Orang Tua yang Sakit
 
Para anak maupun menantu pun dituntut untuk mempersiapkan diri akan kondisi ini jauh-jauh hari, supaya tidak kaget dan bisa memberi perawatan semestinya. Simak beberapa tips berikut untuk bisa memberi perawatan sebaik mungkin:

1. Menyediakan makanan yang disukainya, 
Biasanya semakin bertambah usia orangtua di rumah maka mereka cenderung semakin rewel selayaknya bayi yang minta dituruti segala keinginannya. Terutama soal makanan, biasanya mereka akan minta makanan enak sehingga perlu disikapi dengan bijak. Sediakan menu kesukaan mereka dan menyesuaikan kondisi, semisal orangtua sudah tidak sanggup mengunyah sediakan bubur dengan lauk kesukaannya.

2. Menyiapkan dana pengobatan orang tua, 
Setiap lansia tentu sudah tidak produktif lagi, kecuali memiliki perusahaan besar atau memiliki saham maupun investasi lain yang ditanamkan sejak mereka muda. Ketika usia mereka sudah tidak produktif selain tidak ada pemasukan biasanya juga sering sakit-sakitan. Usahakan jauh-jauh hari sudah menyiapkan dana khusus untuk pengobatan orangtua di kala sakit. Kalau sudah disiapkan maka saat orangtua jatuh sakit Anda tidak mengalami kesulitan finansial.

3. Berikan tempat yang nyaman,
Kenyamanan menjadi kebutuhan vital bagi orangtua untuk menikmati sisa hidupnya, maka berikan tempat yang nyaman. Nyaman tidak harus mewah dan mahal karena asalkan bersih meski sederhana dijamin tetap nyaman. Paling penting pula adalah menjaga suasana tetap tenang, hindari menunjukan pertengkaran dengan anak maupun pasangan di rumah saat orangtua sakit. Suasana yang tenang baik untuk psikis mereka, sehingga tidak terbebani dan malah memperpendek usia mereka atau malah memperparah sakit yang dialami.

4. Siapkan popok untuk orang dewasa, 
7 dari 10 lansia yang sakit mengaku membutuhkan popok atau pampers, karena semakin lanjut usia mereka. Kemampuan berjalan dan kemampuan berkemih akan berkurang sehingga selain kesulitan menjangkau kamar mandi. Sering pula ditemui mereka tanpa sadar mengompol, mencegah resiko mencuci sprei setiap hari dan mengepel kamarnya setiap saat. Maka sediakan popok khusus orang dewasa, kalaupun tidak digunakan setidaknya memiliki persiapan supaya orangtua nyaman Anda pun demikian. Jadi, belajar terus bagaimana merawat orang tua sakit supaya bisa memberikan yang terbaik sampai nafas terakhir mereka.
Orang tua mengorbankan hidup mereka buat memenuhi kemauan dan keinginan kita. Kita ngga cukup menghargai mereka dan beberapa dari kita menganggap mereka sbg beban. Orang2 semacam ini harusnya malu sama diri mereka sendiri. Mereka seharusnya melayani orang tua mereka buat mencari kedamaian di dalam diri buat hidup mereka selanjutnya.
Orang tua adalah karunia terbesar dari Tuhan. Mereka adalah orang2 yg benar2 berbahagia dengan kesuksesanmu. Kita perlu lakukan segalanya untuk menjaga mereka. Cara terbaik untuk menyayangi mereka adalah mengarah ke kehidupan yg baik. Mereka tak berharap kita akan membalas mereka.
Menurutku baik banget kalo kalian bantu orang tua kalian waktu mereka membutuhkan bantuan. Buat jaga2, ngga ada salahnya kalian urus asuransi kesehatan buat orang tua kalian.