Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Berbuka Puasa dengan Kuliner Langka
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: 1808087655_24c65dc290.jpg]

Saat Ramadhan tiba, banyak kuliner tradisional langka yang kembali muncul dan dijual di tengah masyarakat. Tak heran pecinta kuliner menganggap Ramadhan adalah saat yang tepat untuk mencicipi penganan langka tadi.

Setiap daerah di nusantara pasti memiliki makanan khas yang muncul saat ramadhan dan dikategorikan sebagai makanan langka. Biasanya kuliner ini bercita rasa menggoda atau memiliki khasiat obat.
Berikut beberapa selera nusantara yang termasuk “antik” dan hanya muncul di bulan Ramadhan.

Yuk kita simak:

Sambai on Kayee
Menjelang Ramadhan, orang-orang Aceh, khususnya di kawasan Nagan Raya sudah mulai mengumpulkan aneka on (daun) untuk dibuat Sambai On Kayee (sambal daun-daunan). Puluhan jenis daun-daunan ini akan diiris halus dan ditambah dengan bawang merah, serai, dan cabai rawit, kemudian dihidangkan setiap buka puasa.
Orang Aceh percaya kalau khasiat dari hidangan ini untuk menghilangkan masuk angin dan juga daun-daunannya akan bersaksi kalau yang memakannya telah menjalankan ibadah puasa. Sambai On Kayee bisa ditemukan di pasar-pasar atau dijajakan dari rumah ke rumah oleh penjualnya.

Kicak
Makanan yang berasal dari kota pelajar Yogyakarta ini hanya dapat dijumpai saat bulan Ramadhan. Kamu dapat menemukannya di daerah Kauman, asal dari makanan tersebut. Bahan dasar makanan ini adalah ketan yang ditanak lalu dihaluskan. Kemudian dicampur buah kelapa yang diparut dan buah nangka. Kicak berasa manis dengan aroma wangi dari buah nangka ditambah dengan cara penyajian di atas daun pisang hmmm…

Pakat
Pakat merupakan makanan khas Ramadhan ini berasal dari Tapanuli, Sumatera Utara. Makanan ini berasal dari rotan muda yang dipotong berukuran kurang lebih satu sentimeter. lalu bahan makanan tersebut dibakar selama satu jam. Setelah masak, rotan muda tersebut dikupas lalu diambil dalamnya. Daging rotan yang berwarna putih tersebut dibubuhi santan kelapa.

Kurupuk Banjur
Kurupuk Banjur, yang dalam bahasa Indonesianya berarti kerupuk siram, merupakan kuliner khas Jawa Barat.Kerupuk ini disiram dengan kuah oncom yang rasanya pedas dan gurih. Di beberapa tempat Kerupuk Banjur juga dijadikan sebagai hidangan takjil alias untuk hidangan buka puasa.

Sate Susu
Makanan ini termasuk yang terbilang perlu kamu coba, karena dipercaya memiliki khasiat yaitu menambah stamina. Sate yang berbahan payudara sapi ini hanya bisa kamu temui saat bulan Ramadhan saja di daerah Denpasar, Bali. Sate susu biasanya dihidangkan dengan sambel plecing untuk menambah kenikmatanya.

Gulai Siput
Bagi masyarakat Tanjungpinang, Kepuluan Riau Gulai Siput adalah menu wajib saat berbuka puasa. Maklum, mereka bisa dengan gampang menemukan siput di kawasan mereka yang dekat dengan perairan.
Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan makanan ini kegemaran masyarakat lokal dan hanya bisa ditemui saat bulan Ramadhan saja.

Sotong Pangkong
Masyarakat Pontianak Kalimantan Barat akan menikmati Sotong Pangkong sebagai kuliner di bulan Ramadhan. Sotong Pangkong merupakan sajian yang berasal dari cumi atau sotong kering yang dibakar dan dipukul atau dipangkong di atas meja kayu dengan palu untuk mengeluarkan rasa gurih dari cumi atau sotong itu, kemudian disajikan diatas piring. Untuk menambah cita rasa biasanya ditambah dengan cairan cabai dan kacang tanah.

Hidangan ini hanya ditemukan di bulan Ramadhan dan hari-hari tertentu saja,

Kamu pasti penasaran dengan kuliner di atas. Bila kamu punya waktu, silakan berkunjung ke daerah-daerah tersebut untuk mencicipi kuliner. Jika ingin travelling lebih mudah, coba bandingkan dan pilih kartu kredit travel terbaik untuk kamu. Jadi, tunggu apalagi?